Loh, Kok Jurusan Bahasa ?

Me-nevergo

January 27, 2017

Edukasi, Motivasi

No Comment

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (Rating: 0.00 / 5) Silahkan login untuk memberi peringkat.
Loading...

Tadi sore menjelang malam, gue abis ngobrol santai sama temen gue yang kebetulan jurusan Bahasa juga. Lalu gue berniat untuk menulis tulisan ini, semoga bisa menghibur ! I think menghibur isn’t the right word, but well, i hope this writing is useful !

“Jurusan Bahasa mau jadi apa ?”

“Bahasa mah semua orang bisa mempelajarinya.”

“Belajar sastra ? Duh, hidup ini udah modern, sastra mah nggak laku.”

“Jangan masuk jurusan Bahasa, masa depanmu nanti nggak terjamin.”

Buat siapapun yang bilang kalau jurusan Bahasa itu “jurusan gabut” atau jurusan yang nggak jelas, jurusan yang gampang, well….think again. Pertama kali gue daftar di SMA,  gue tertarik dengan jurusan Bahasa. Kenapa ya… ? langka aja gitu. Tapi bukan karena langka juga sih, menurut gue di jurusan ini ada banyak hal yang menarik untuk dipelajari. Gue merasa tertantang.

Ketika akhirnya gue lulus di jurusan Bahasa, banyak komentar-komentar orang (seperti di atas) yang membuat gue berpikir dua kali kenapa gue ambil jurusan Bahasa. Komentar-komentar tersebut sering kali membuat gue merasa menyesal telah memilih ini. Ditambah lagi, ketika kelas 12, gue merasa terbebani karena harus belajar mata pelajaran jurusan Bahasa untuk UN dan mata pelajaran jurusan IPS untuk persiapan perguruan tinggi (karena ujian perguruan tinggi hanya ada 3 jurusan: Jurusan IPA, Jurusan IPS, dan IPC).

Tapi setelah semuanya berakhir, ketika gue sudah lulus, gue merasa keliru sempet mikir kayak gitu. Jujur aja, ketika gue masih sekolah dulu, gue sering mengalami kesulitan mempelajari pelajaran-pelajaran wajib di jurusan ini. Pelajaran wajib (atau pelajaran yang di-UN-kan) jurusan Bahasa adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Asing (kebetulan gue ambil Jerman), Antropologi, Sastra Indonesia, dan Matematika. Pelajaran yang terdengar asing di jurusan lain adalah Bahasa Asing, Antropologi, dan Sastra Indonesia, yang juga ternyata terdengar asing juga di diri gue ketika kali pertama gue belajar pelajaran-pelajaran itu.

Pelajaran – pelajaran di jurusan bahasa

Sastra Indonesia : Sastra biasa identik dengan puisi-puisi lama dan baru, prosa, sastra melayu, majas, dan lain-lain, dan lain-lain. Ketika belajar sastra, gue belajar bagaimana caranya gue bisa membahasa Indonesia-kan sepenggal karya sastra melayu yang harus dibaca dua sampai tiga kali dulu sebelum gue benar-benar paham artinya. gue belajar bagaimana caranya gue bisa mencari pesan-pesan atau amanat tersirat disebuah puisi yang rata-rata bermajas semua. Dengan belajar sastra juga, gue bisa mengetahui seperti apa Indonesia dulunya, dengan membaca puisi lama atau novel sastra terdahulu. Gue juga mengetahui bahwa orang-orang Indonesia itu benar-benar kreatif, pandai bermain dengan kata, nggak kayak sekarang main dengan perasaan orang, bisa membuat kata-kata itu terkesan hidup.

Antropologi : gue merasa jadi rakyat Indonesia yang gagal ketika belajar ini. Banyak banget, banget, banget, budaya Indonesia yang nggak gue ketahui. Mulai dari suku, tradisi, tarian, upacara-upacara adat, dan berbagai macam budaya Indonesia lainnya yang nggak gue ketahui kalau gue nggak belajar ini. Susah banget loh ini, asli, nilai gue aja nggak pernah bagus di pelajaran ini, serajin apapun gue belajar.

Bahasa Asing : Nah, inilah salah satu alasan gue ambil jurusan Bahasa. Gue selalu suka untuk mempelajari bahasa asing. Awalnya gue taunya ada dua Bahasa asing, Arab dan Jepang. Tapi beruntungnya gue, di tahun gue mulai ada Bahasa Jerman. Setelah mikir-mikir, akhirnya gue ambil Bahasa Jerman (sebelumnya kalau nggak ada Bahasa Jerman, gue niatnya ambil Bahasa Jepang). O-oh……nggak salah nih gue ambil Bahasa Jerman ? Ini beneran Bahasa Jerman kayak gini ? Bahkan setiap barang pun punya artikel, entah itu maskulin, feminine, atau neutral. Belum lagi pemakaiannya akan berbeda kalau suatu barang itu menjadi subjek atau objek. Bahasa Jerman, benar-benar teratur. Gue sempat merasa terbebani karena ini pertama kalinya gue belajar Bahasa Jerman, ditambah gue tipikal orang yang untuk memahami sesuatu butuh waktu yang cukup lama. But guess what ? I’v passed it, I didn’t give up. Memang Bahasa Jerman itu susah, pake banget malah, tapi gue terdorong dari kesukaan gue terhadap bahasa asing dan keingintahuan gue tentang Bahasa Jerman yang membuat gue merasa enjoy belajar Bahasa Jerman. Intinya, nggak ada kata susah kalau udah suka dan ada kemauan.

Hmm, sekarang ayo coba kita jawab pertanyaan-pertanyaan di atas tadi.

Jurusan Bahasa mau jadi apa ?

Mau jadi orang yang bermanfaat untuk dunia. Sejak kapan jurusan memengaruhi masa depan seseorang ?

Bahasa mah semua orang bisa mempelajarinya !

Memang bisa, tapi tidak semua orang punya niat untuk mempelajarinya 🙂

Belajar sastra ? Duh, hidup ini udah modern, sastra mah nggak laku !

Salah satu ciri negara maju adalah negara yang menghargai budaya. Sastra termasuk salah satu budaya tulis di Indonesia yang sudah mulai digemari di beberapa negara asing. Justru di zaman modern ini lah tugas kita untuk memperkenalkan sastra.

Jangan masuk jurusan bahasa, masa depanmu nanti nggak terjamin

Setau saya masa depan ditentukan sama diri sendiri, bukan jurusan, keturunan, kekayaan, ya pokoknya faktor utama itu diri sendiri.

Ok, itu aja dulu penjelasan sekaligus jawaban atas pernyataan dan pertanyaan teman sekalian tentang jurusan bahasa.

Dibagikan



Kiriman terkait

Cara Mudah Membagikan Video You Tube Di Bisfren

bisfren

July 28, 2017

Edukasi

No Comment

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (Rating: 0.00 / 5) Silahkan login untuk memberi peringkat.
Loading...

Buat kamu-kamu yang ingin membagikan link video kreasi kamu atau video yang kamu sukai di youtube.com agar bisa dilihat dan dibuka dari laman Bisfren, berikut adalah cara mudah embed video Youtube yang harus kamu lakukan. Namun sebelum memulainya, pastikan kamu sudah memiliki akun di Bisfren dulu ya 🙂 Langkah langkah cara mudah membagikan video Youtube […]

Baca

Kamu Harus Tahu

Eddy Putra

June 10, 2017

Motivasi

No Comment

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (Rating: 0.00 / 5) Silahkan login untuk memberi peringkat.
Loading...

Motivasi hubungan. Dulu kamu tak acuhkan dia, menolak kehadirannya yang ingin sekali bersanding denganmu. Beruntung, saat itu kalian tidak bisa bersama karena satu alasan yang pasti, saat itu alasanmu takut dengan hukuman Tuhan. Kemudian hari kalian berjumpa lagi, kamu memuji dia yang katamu telah banyak berubah jadi lebih baik daripada dahulu awal kalian kenal. Wajahmu […]

Baca
Cara Mudah Membagikan Video You Tube Di Bisfren
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (Rating: 0.00 / 5) Silahkan login untuk memberi peringkat.
Loading...
Kamu Harus Tahu
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (Rating: 0.00 / 5) Silahkan login untuk memberi peringkat.
Loading...
Belajar Bersyukur Dalam Segala Hal
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (Rating: 0.00 / 5) Silahkan login untuk memberi peringkat.
Loading...
Trik Jitu Agar Uang Gaji Gak Cuma Numpang Lewat di Rekening
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (Rating: 0.00 / 5) Silahkan login untuk memberi peringkat.
Loading...
Laki-laki itu, Rasionalitas, dan Cinta
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (Rating: 0.00 / 5) Silahkan login untuk memberi peringkat.
Loading...