Manfaat Akar Maca Ginseng Peru @Kaskus Jakarta #Stamina

Manfaat akar maca ginseng peru

Apa itu akar maca alias ginseng Peru ? apa saja manfaat akar maca bagi kesehatan sehingga dia banyak diperjual-belikan oleh para pedagang online di Kaskus serta toko obat herbal ? Berikut ulasan ringkasnya.

Akar Maca

Apabila sudah dikeringkan, umbi ini mirip dengan bengkuang bogor yang ukurannya kecil-kecil. Akan tetapi tumbuhan ini sebenarnya adalah tumbuhan langka yang hanya bisa tumbuh di pegunungan tinggi bersalju di Peru dan menjadi satu-satunya tumbuhan yang bisa dimakan di sana. Namun karena khasiat dan manfaatnya yang sedemikian besar, tumbuhan ini kemudian dibudidayakan pada perkebunan-perkebunan di Peru, Cina, Jepang dan Amerika.

Manfaat akar maca atau ginseng Peru

Akar atau sebenarnya lebih tepat disebut sebagai umbi maca sangat berguna saat sesorang mengalami kelelahan kronis dan atau depresi, serta sangat membantu orang yang banyak bekerja dengan aktifitas fisik. Selain itu, maca sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi otak. Yang baik dari akar maca adalah umbi ini tidak memiliki efek stimulan seperti pada kafein. Jadi mengkonsumsi maka tidak menyebabkan ketergantungan dan membutuhkan peningkatan dosis dari waktu ke waktu. Meskipun demikian, akar ini juga memiliki manfaat pada fungsi ginjal, hati, serta sistem syaraf sehingga mampu meningkatkan konsentrasi serta daya ingat sebagaimana yang bisa didapat dari manfaat ginkgo biloba.

Vitamin dengan sifat antioksidan (vitamin A, C dan E), fosfor, serta flavonoid yang terkandung dalam umbi akar ini sangat membantu untuk memperlambat proses penuaan sel dalam tubuh, menurunkan resiko kanker payudara, mencegah kanker serviks, menunda penuaan dan menjaga kelangsungan regenerasi sel-sel pertahanan tubuh. Kalsium dan mineral yang terkandung dalam akar ini cukup untuk memenuhi kebutuhan tulang sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita pra-menopause dan pasca menopause untuk mencegah terjadinya pengapuran atau osteoporosis. Pada pengobatan tradisional Cina, umbi maca dijadikan obat herbal penyembuhan patah tulang.

Maca dalam bentuk alaminya (bukan hasil ekstrak) dan dijadikan bumbu masakan sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui untuk kesehatan dan kekuatan tulang janin dan balita.

Maca memiliki sifat afrodisiak yang bekerja pada pria maupun wanita. Kemampuan akar ini untuk melancarkan peredaran darah bisa meningkatkan kemampuan seksual pria maupun wanita serta meningkatkan libido wanita maupun pria. [Baca juga : manfaat lidah buaya dan cara menghilangkan stretch mark]

Kandungan sterol pada umbi maca ini ternyata efektif sebagai steroid anabolik guna meningkatkan massa otot yang menyebabkan organ sensitif pria akan bertambah besar setelah rutin mengkonsumsi akar maca dan organ sensitif wanita akan menjadi lebih rapat akibat meningkatnya massa otot. Sebagaimana kita ketahui organ-organ tersebut adalah jaringan otot yang dipenuhi darah saat dibutuhkan atau terjadi rangsangan, apabila massa otot meningkat dan aliran darah sangat lancar, maka ukuran akan bertambah. Akan tetapi manfaat akar maca untuk hal ini baru bisa diperoleh secara maksimal bila maca dikonsumsi selama masa pertumbuhan organ antara usia 7 – 24 tahun, setelah usia tersebut hasil yang diperoleh tidak terlalu signifikan.


Terima kasih telah membaca artikel tentang manfaat maca bagi kesehatan. Sekiranya informasi ini bermanfaat, bagikan melalui Facebook, Google+, Twitter, Whatsapp dan Pinterest. Jangan lupa baca artikel tentang kesehatan kami lainnya.

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait