Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Menutup Kartu Kredit

Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Menutup Kartu Kredit

Banyak alasan yang menyebabkan anda memiliki keinginan untuk menutup kartu kredit yang dimiliki saat ini juga. Mulai dari kondisi keuangan yang mengkhawatirkan, keinginan belanja yang tidak bisa diredam, hingga rasa tidak aman karena ketika kartu hilang atau digunakan orang karena bank penerbit kartu kredit tidak akan mau tahu dan akan tetap membebankan tagihan yang timbul hingga saat anda membuat laporan kartu kredit hilang atau dicuri. Akan tetapi sebelum anda memutuskan untuk menutup kartu kredit yang dimiliki, sebaiknya pertimbangkan dengan baik alasan mengapa sebaiknya anda tidak menutup kartu kredit yang dimiliki.

Inilah Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Menutup Kartu Kredit

Berikut adalah beberapa alasan penting yang harus dipertimbangkan sebelum menutup kartu kredit :

Kartu Kredit Penting Saat Darurat

Kartu Kredit Penting Saat Darurat
Membayar Rumah Sakit (@dcs)

Mungkin anda pernah mengalami saat-saat dimana anda membutuhkan sejumlah uang untuk sesuatu yang mendesak, misalnya membayar Rumah Sakit, sementara tidak ada tabungan yang cukup untuk menutupinya.

Atau mungkin tiba-tiba anda harus bepergian ke satu tempat atau kota lain sementara waktu gajian masih lama dan tidak ada tabungan yang anda miliki. Atau bisa jadi putera atau puteri anda membutuhkan peralatan sekolah yang harus segera dibeli sementara harganya melebihi tabungan.

Itulah saat dimana peran kartu kredit sangat dibutuhkan. Kita tidak perlu meminjam pada teman atau kerabat yang bisa menyebabkan muka merah dan sakit hati, bahkan seperti sama kita ketahui, meminjam uang pada orang lain sekalipun dia kerabat bisa menyebabkan hubungan yang renggang.

Menggunakan kartu kredit adalah solusi paling ampuh untuk kebutuhan instan dan mendesak karena dia sudah disetujui sejak awal batas pemakaiannya.  Jadi, pikirkan kembali alasan mengapa sebaiknya anda tidak menutup kartu kredit ini.

Penerbit Kartu Kredit Memiliki Kerjasama Dengan Berbagai Merchant

Belanja dengan kartu kredit banyak kemudahan
Berbelanja dengan kartu kredit (@DailyFinance)

Jika anda orang yang senang berbelanja, anda pasti mengetahui bahwa pemegang kartu kredit memperoleh berbagai keuntungan serta manfaat tambahan dari penerbit kartu kredit. Mulai dari potongan harga, cash back, cicilan 0 persen atau manfaat tambahan lain yang tidak bisa dinikmati dengan pembayaran melalui uang tunai atau debet.

Jadi pertimbangkan kembali alasan mengapa sebaiknya anda tidak menutup kartu kredit ini sebelum memutuskan untuk menghubungi call center kartu kredit.

Menggunakan Kartu Kredit Untuk Belanja Bulanan Adalah Hal Paling Tepat

Belanja bulanan dengan kartu kredit
Belanja dengan kartu kredit (@OnlineCommunity)

Belanja bulanan adalah hal sesuatu yang rutin dilakukan oleh keluarga yang memiliki penghasilan dari gaji. Idealnya, dan yang paling benar adalah belanja bulanan tidak menggunakan sumber dana dari hutang. Belanja rutin bulanan yang benar adalah proporsional atau seimbang dengan penghasilan yang diterima.

Meski tidak ada batasan pasti yang dianjurkan oleh pakar keuangan rumah tangga untuk mengelola batas belanja bulanan,  namun belanja kebutuhan rumah tangga sebaiknya tidak melebihi 15% dari penghasilan bulanan karena banyak komponen lain seperti menabung, bayar angsuran, dan lain-lain yang harus dipenuhi.

Meski belanja bulanan hanya 15% dari penghasilan bisa ditutup dengan uang tunai, menggunakan kartu kredit lalu dibayar lunas sebelum tanggal cetak tagihan adalah hal yang paling tepat. Mengapa ? karena untuk transaksi menggunakan kartu kredit, anda tidak akan dikenakan bunga pembelanjaan jika transaksi dilunasi sebelum tanggal cetak tagihan.

Sebagai contoh, tanggal cetak tagihan kartu kredit adalah tanggal 15 setiap bulan, sementara tanggal gajian adalah tanggal 28 setiap bulan. Setiap akhir bulan, sebelum atau sesudah gajian, gunakan kartu kredit untuk belanja kebutuhan rumah tangga bulanan sebesar maksimal yang bisa dibayar, jangan lebih !. Nanti sebelum tanggal 14 segera bayar seluruh pembelanjaan yang sudah dilakukan, lunas, sehingga tidak ada bunga muncul di lembar tagihan.

Cara ini selain tidak kena bunga juga memberi keuntungan mendapat berbagai poin, diskon menarik, dan pemegang kartu juga akan mendapat kepercayaan dari bank penerbit kartu sehingga tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan penawaran-penawaran ekstra dan kenaikan limit dalam beberapa bulan.

Sebelum anda menelpon call center untuk menutup kartu kredit, ingat alasan mengapa sebaiknya anda tidak menutup kartu kredit tersebut.

Masih Banyak Cicilan Lain Harus Dilunasi

Masih Banyak Cicilan Kartu Kredit Lain Harus Dilunasi
Membayar Cicilan (@DailyMail)

Berapa banyak cicilan kredit yang harus dibayar setiap bulan ? mulai dari cicilan KPR, kendaraan, hingga cicilan belanja konsumtif. Jika anda bukan termasuk orang yang berhati-hati dalam mengelola keuangan, mungkin besar cicilan yang harus dibayar bisa melebihi separuh penghasilan bulanan.

Bila itu yang terjadi, maka kondisi keuangan anda dapat dikatakan beresiko tinggi dan berbahaya ketika nominal cicilan setiap bulan sudah mendekati kebutuhan hidup bulanan yang diantaranya adalah : bayar listrik, belanja bulanan, bensin, parkir, makan siang, dan lain-lain.
Jika itu yang terjadi, fikirkan kembali untuk menutup kartu kredit lebih dahulu karena beban kartu kredit mungkin karena disebabkan oleh kebutuhan lain. Pertimbangkan untuk melunasi atau menutup angsuran lain yang sifatnya cicilan tetap. Bila yang termudah adalah menutup Kredit Tanpa Agunan yang pernah diambil, maka tutuplah itu terlebih dahulu.

Ingat, meski bunga KTA terlihat kecil dan tetap, namun dia menggunakan perhitungan flat dimana angsuran bunga diawal lebih tinggi dan menurun. Berbeda dengan kartu kredit yang menggunakan suku bunga efektif yang terlihat besar namun sebenarnya bunga akan menurun drastis ketika sebagian pokok dibayar.

Masih Ada Tagihan Kartu Kredit Harus Dilunasi

Masih Ada Tagihan Kartu Kredit Harus Dilunasi
Masih Banyak Tagihan (@DailyFinance)

Sebelum masa krisis moneter tahun 1997 an, kartu kredit bisa ditutup kapan saja. Pemegang kartu kredit bisa menutup kartu tanpa harus melunasi terlebih dahulu hutangnya. Pelunasan hutang diangsur setiap bulan tanpa diperhitungkan bunga lagi karena kartu sudah ditutup.
Hal ini tidak berlaku lagi karena semua bank penerbit kartu kredit kini memberlakukan ketentuan bahwa kartu kredit hanya bisa ditutup setelah seluruh tagihan termasuk bunga dilunasi. Sebelum lunas, kartu tidak dibisa ditutup dan perhitungan bunga terus berjalan.
Jadi jika belum ada uang untuk melunasi seluruh tagihan kartu kredit pemegang kartu tidak bisa menghubungi call center untuk meminta menutup kartu kreditnya.

Anda Masih Membutuhkan Kartu Kredit

Anda Membutuhkan Kartu Kredit
Gaya Hidup (@WorldOfFemale)

Ini adalah pertimbangan terakhir dan menjadi alasan mengapa orang membutuhkan atau tidak membutuhkan kartu kredit.

Kartu kredit merupakan alat pembayaran paling berguna bagi orang yang sering bepergian, berbelanja online maupun offline. Sebelum menutup kartu kredit pertimbangkan kembali kesulitan dalam melakukan transaksi yang biasanya bisa dilakukan dengan mudah seperti booking hotel, memesan tiket, dan lain-lain.

Itulah berbagai alasan mengapa sebaiknya anda tidak menutup kartu kredit.  Jadi sebelum menelpon call center kartu kredit yang anda pegang, pastikan dan yakinkan diri anda siap untuk hidup tanpa kartu kredit ditangan.

Baca artikel pinjaman tanpa agunan lainnya :

Apabila artikel ini bermanfaat bagi kamu atau teman, mohon bagikan kepada mereka melalui facebook, google+, twitter, atau pinterest dengan mengklik icon yang tersedia dibawah.

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait