American Ginseng @Manfaat @EfekSamping Dan Jual Beli

american ginseng

AMERICAN GINSENG, atau Panax quinquefolius, pada awalnya dianggap gulma, tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi. Mereka banyak tumbuh di Lembah Hudson dan di tempat lain. Bentuk American Ginseng menyerupai ginseng Korea dan Cina utara.

American Ginseng

American ginseng atau ginseng Amerika adalah kerabat dekat dari ginseng Korea (Panax ginseng), dan merupakan keluarga Araliaceae, yang sama dengan ginseng Siberia (Eleutherococcus senticosus). Ginseng adalah ramuan abadi. Akar tanaman ini digunakan untuk kebutuhan pengobatan, terutama di Cina, di mana obat tradisional Cina menempatkan akar ginseng sebagai herbal bernilai tinggi pada.

Perdagangan American Ginseng dimulai pada 22 Februari 1784, dimana Robert Morris membawa ginseng Amerika senilai US $30.000,- ke Cina. Dan setelah itu perdagangan American Ginseng ke Cina hanya dibatasi oleh kemampuan suplai Amerika yang sangat terbatas.

budidaya ginseng amerika
budidaya ginseng amerika

Secara tradisional, American Ginseng paling sedikit digunakan dan diteliti. Bangsa Amerika tidak mengkonsumsi ginseng Amerika dan dia hanyalah obat biasa yang digunakan sebagai stimulan ringan, tonik, dan bantuan pencernaan. Sebagian besar ramuan yang diproduksi Amerika diekspor ke China, di mana sebagian besar ginseng dikonsumsi. Oleh bangsa Cina, ginseng Amerika dianggap sebagai jenis ginseng yang kurang kuat, tetapi merupakan tonik dan obat herbal yang sangat berharga.

Pada masa lalu, American Ginseng digunakan untuk pengobatan oleh banyak suku asli Amerika sebagai stimulan kesehatan dan tonik seksual serta untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk sakit kepala, infertilitas perempuan, masalah pencernaan, demam, dan sakit telinga.

pohon american ginseng
American Ginseng

American Ginseng diperkenalkan oleh penduduk asli Amerika kepada pemukim Eropa di Amerika Utara pada awal 1700an. Ginseng Amerika tumbuh liar di hutan-hutan Amerika Serikat bagian timur dan tenggara Kanada. Tumbuh di daerah teduh, lembab dan berbukit, namun kemudian tanaman ini menjadi semakin langka karena panen berlebihan dan praktek penebangan.
Di Kentucky, Tennessee, Virginia, dan Illinois, American Ginseng terancam punah. Beberapa ahli botani mengatakan bahwa polusi dan menipisnya lapisan ozon berkontribusi pada penurunan populasi tumbuhan ginseng Amerika ini. Hingga kini, upaya untuk melindungi ginseng liar Amerika belum berhasil, karena permintaan ginseng Amerika di Timur Jauh membuat tanaman ini menjadi yang paling diburu. Harga ginseng Amerika liar bisa mencapai US $ 600-800 per pon. Mayoritas American Ginseng yang beredar di pasar saat ini adalah ginseng Amerika yang dibudidayakan.

Hasil penelitian ilmiah terhadap American Ginseng

Akar ginseng Amerika memiliki berbagai bahan kimia yang kompleks. Mereka mengandung hampir 30 ginsenocides (zat kimia yang hanya ada pada ginseng). Hasil penelitian menemukan bahwa American Ginseng ini mengandung tingkat yang lebih tinggi dari ginsenocide Rb1, yang memiliki efek sedatif pada sistem saraf pusat, dibandingkan spesies lain dari ginseng.
Hal ini menguatkan klaim para praktisi pengobatan Cina yang mengatakan bahwa “ginseng Amerika kurang mengandung afrodisiak dibanding ginseng Korea”. Penelitian ilimiah lain menunjukkan bahwa ginseng Amerika dapat memberikan efek penguatan dan kekebalan tubuh tanpa stimulasi berlebihan kepada orang-orang dengan tingkat stres yang tinggi dan stimulasi mental. Jadi American Ginseng mungkin ginseng terbaik bagi bangsa Amerika, yang gaya hidup nya energik dan serba cepat sehingga lebih membutuhkan herbal untuk menenangkan dan menyeimbangkan.

Manfaat American Ginseng

American Ginseng dapat digunakan oleh orang-orang yang membutuhkan efek adaptogenik (toning, penguatan, dan efek meningkatkan kekebalan tubuh) dari Panax ginseng tanpa aspek yang sangat merangsang. Ahli pengobatan Cina menganggap ginseng Amerika memiliki sifat pendingin, sehingga dapat digunakan sebagai tonik dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk orang yang sangat tertekan atau menderita kondisi panas seperti tekanan darah tinggi, energi berlebihan, atau luka.  Ginseng Amerika, lebih tepat untuk wanita dan anak-anak dibanding Panax ginseng, dan lebih berlaku untuk orang tua yang ingin menghindari stimulan.
Ginseng Amerika juga digunakan dalam pengobatan Cina untuk demam kronis, membantu pemulihan dari penyakit menular, memperkuat paru-paru dalam kasus-kasus TBC, bronkitis dan asma, serta hilangnya suara terkait dengan gangguan pernapasan.

manfaat american ginseng
Pohon dan bunga ginseng Amerika

Konsumsi Jual Beli American Ginseng

American Ginseng dapat dibeli dalam bentuk akar utuh, bubuk, kapsul, atau cair. Untuk akar utuh, ginseng Amerika liar adalah kualitas terbaik dan juga paling mahal harganya, namun ada juga yang dibudidaya secara organik, bebas dari pestisida dan bahan kimia. Cara termudah untuk mengkonsumsi akar ginseng adalah dengan membuat teh ginseng.

Akar ginseng harus diiris dan direbus dalam air selama 45 menit atau lebih untuk mengekstrak mayoritas ginsenocides secara sempurna. Para ahli merekomendasikan untuk menghindari penggunaan panci logam yang dapat mengurangi sifat antioksidan. Beberapa ahli pengobatan tradisional merekomendasikan memadukan jahe mendidih atau akar licorice dengan ginseng Amerika untuk meningkatkan efektivitas. Untuk setiap cangkir teh, gunakan dua sendok teh atau lebih rebusan akar ginseng.

jual American Ginseng kering
American ginseng kering

Kita juga bisa menggunakan ginseng bubuk untuk dicampurkan ke dalam teh atau jus buah atau sayuran. Satu sampai satu setengah sendok teh ginseng bubuk dianjurkan per porsi. Bagi yang ingin lebih praktis, penggunaan ekstrak ginseng Amerika bisa didapat dengan mudah dalam bentuk cair atau tablet. Beberapa di antaranya menawarkan jumlah standar dari ginsenocides.

Ginseng Amerika bisa dikonsumsi 2 – 3 kali sehari antara waktu makan (1 – 2 jam sesudah makan). Akan tetapi penggunaannya tidak dianjurkan untuk jangka panjang kecuali atas anjuran dokter atau ahli pengobatan. Wanita hamil harus menggunakan ginseng Amerika hanya atas anjuran dokter atau ahli pengobatan dan hindari produk yang mengandung Panax ginseng.

Konsumen harus berhati-hati memilih ginseng produk Amerika karena harga yang tinggi dan banyaknya permintaan ginseng Amerika, membuat beberapa produk yang beredar harus dipertanyakan. Umumnya, ginseng Amerika liar memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada tanaman hasil budidaya. Akar yang lebih tua serta yang berukuran lebih memiliki kuantitas ginsenocides yang lebih tinggi.

Selain itu, konsumen juga harus berhati-hati untuk tidak dibingungkan antara ginseng Amerika dengan Panax ginseng, yang telah terbukti menghasilkan efek samping yang lebih serius dan merugikan. Sebuah laporan pada tahun 2002 menyatakan bahwa efek samping Panax ginseng lebih mungkin terjadi ketika rempah itu digunakan dengan kombinasi produk lain dibanding jika digunakan sendiri.

Efek samping American ginseng

Secara umum, ginseng Amerika lebih lembut dan efek samping yang jarang terjadi. Efek samping dapat terjadi ketika dikonsumsi dalam dosis yang salah, dikonsumsi dalam jangka panjang, atau digunakan oleh orang-orang yang alergi terhadap ginsenocides. Penggabungan ginseng Korea dengan ginseng Amerika juga dapat meningkatkan kemungkinan efek samping.

efek-samping american ginseng
Ginseng Amerika ukuran besar

Sumber bacaan :
Duke, J.A. Ginseng: A Concise Handbook. Algonac, MI: 1989.
Fulder, Stephan. Ginseng Book And Other China Herbs For Vitality. Rochester, VT: Healing Arts Press, 1993.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

Artikel terkait