Bawang Dayak Manfaat Kesehatan Herbal Dan Potensi Bisnis Sebagai Usaha Sampingan

jual potensi peluang usaha manfaat kesehatan bawang dayak jakarta bogor semarang bekasi tangerang depok

Demikian banyak manfaat kesehatan bawang dayak sehingga tumbuhan ini menjadi salah satu idola pengobatan herbal alami sekaligus memiliki potensi bisnis usaha sampingan di rumah.

Bawang Dayak

Disebut bawang dayak karena merupakan tumbuhan herbal asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai obat tradisional oleh suku dayak di Kalimantan.  Tanaman bernama latin Eleutherine Americana ini punya umbi merah menyala. Permukaan kulitnya sangat licin dengan bentuk agak lonjong.  Sedikit berbeda dengan bawang yang dikenal untuk memasak. Meskipun dia bisa juga digunakan sebagai bumbu rempah masakan bagi yang menyukai.

Sejak dahulu, dikalangan masyarakat Kalimantan, bawang dayak digunakan sebagai obat tradisional. Banyak penyakit bisa disembuhkan oleh tumbuhan herbal yang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur.

Manfaat kesehatan bawang dayak

Sebagai tumbuhan yang digunakan sebagai obat herbal alami, manfaat bawang dayak diyakini bisa digunakan untuk mengobati serta mencegah kanker. Tanaman juga diyakini dapat menurunkan tekanan darah (hipertensi) serta mengurangi masalah pada jantung.

Sifat anti bakteri serta anti jamur tanaman membuat banyak praktisi pengobatan herbal mengambil manfaat bawang dayak untuk menyembuhkan hepatitis, TBC, sinusitis, bronkitis, radang, juga infeksi.

Selain itu manfaat kesehatan bawang dayak lainnya adalah untuk menurunkan kadar gula pada penderita diabetes tipe 1 dan 2, mengobati rematik, asam urat, serta gondok. Bawang dayak juga punya manfaat untuk ambeien, masalah pencernaan, penyakit kewanitaan, manfaat pada nyeri haid, serta manfaat untuk bisul.

Antara bawang dayak hutan dan hasil budidaya

Kalangan medis alami menyakini bahwa manfaat kesehatan bawang dayak liar dari hutan lebih bagus digunakan serta memiliki manfaat kesehatan lebih besar dibanding bawang dayak hasil budidaya. Akan tetapi mereka juga meyakin bahwa perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan, apalagi keterbatasan pasokan dari hutan, membuat bawang hasil budidaya lebih banyak digunakan.

Potensi usaha bawang dayak

Bicara tentang potensi bawang dayak untuk dijadikan usaha sampingan atau bisnis sampingan, mungkin ada baiknya kita melongok sebentar ke toko-toko herbal tradisional. Tanaman yang satu ini ternyata berhasil menempatkan dirinya pada posisi yang setara dengan obat herbal  tradisional sudah dikenal sejak lama.

Popularitas umbi ini dalam hal manfaat kesehatan yang sudah dikenal di manca negara membuatnya menjadi salah-satu komoditas ekspor. Akan tetapi untuk tujuan ini, bisnis bawang dayak tidak bisa lagi dilakukan sebagai usaha sampingan. Harus dijalankan serius dan tentunya membutuhkan lahan khusus.

Seperti telah disebutkan diatas, pasokan bawang dayak dari hutan sangat terbatas. Sementara kebutuhan akan umbi ini sangat besar. Jadi ini merupakan sebuah peluang usaha modal kecil untuk dijadikan bisnis sampingan maupun bisnis utama. Apalagi budidaya bawang dayak tidak membutuhkan keahlian khusus. Siapapun bisa melakukan budidaya obat herbal ini.  Tertarik untuk mencoba ? keuntungan sudah di depan mata.

<< baca juga cara budidaya bawang dayak >>

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

You may also like