Manfaat Buah Blueberry Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Buah Blueberry Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Blueberry untuk kesehatan. Blueberry merupakan sumber antioksidan tinggi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mata, sel, syaraf, otak, DNA, melancarkan sirkulasi pembuluh halus, dan kecantikan. Dalam hal konsumsi buah, di Amerika buah ini menempati peringkat kedua setelah strawberi. Buah blueberry bukan hanya populer, tetapi juga berulang kali berada pada peringkat tertinggi dalam konsumsi diet masyarakat AS karena memiliki salah satu kapasitas antioksidan paling tinggi diantara semua buah-buahan, rempah-rempah, sayuran, juga bumbu.

Buah Blueberry

Antioksidan sangat penting untuk mengoptimalkan kesehatan dalam membantu memerangi radikal bebas yang merusak struktur sel serta DNA. Menikmatinya mentah tanpa dimasak, merupakan cara terbaik mengkonsumsi mereka dibanding dengan mengolahnya dengan cara dipanggang seperti kebanyakan dikonsumsi warga AS sebagai makanan penutup. Karena proses pemanggangan menghilangkan manfaat gizi terbesar terkandung didalamnya.

Sebagai salah satu dari sedikit buah asli Amerika Utara, mereka telah dinikmati oleh penduduk asli Amerika selama ratusan tahun. Mereka juga telah menikmati popularitas besar diseluruh dunia dalam masakan dari Asia hingga Mediterania. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ringkasan ulasan sebagaimana dilansir oleh berbagai media kesehatan diantaranya Wealth Health Food serta MedMD.

Deskripsi Tanaman Blueberry

Deskripsi tanaman pohon blueberry dan manfaat kesehatan
Pohon blueberry (@http://www.dimeofruitfarms.com)

Dia memiliki rasa agak manis. Awalnya dibudidayakan sebagai bahan pelengkap pembuat roti atau kue. Berry adalah buah semak dari keluarga tumbuhan dengan anggotanya antara lain – cranberry, bilberry, azalea -, laurel gunung, serta rhododendron.

Mereka tumbuh dalam kelompok memiliki berbagai ukuran serta warna, mulai dari biru menjadi merah ke ungu-hitam. Buahya memiliki lilin putih-abu-abu menutupi permukaan berry, berfungsi sebagai lapisan pelindung kulit mengelilingi daging semi-transparan  menyelubungi biji-biji kecil. Berry terbaik jika dipanen bulan Mei hingga Oktober saat mereka sedang musim.

Dari perspektif botani, ada tiga kelompok buah :

  1. Highbush Blueberry : Spesies ini adalah bentuk paling umum dibudidayakan juga jenis paling sering kita lihat ditoko buah. Ukurannya merupakan terbesar dalam keluarganya. Jenis ini adalah jenis paling banyak dikonsumsi.
  2. Lowbush Blueberry : Spesies ini sering disebut sebagai “blueberry liar”. Di negara asalnya mereka biasa tumbuh kurang dari 2 kaki atau bahkan lebih rendah, pada 8-12 inci dari tanah. Spesies Lowbush menghasilkan buah dengan ukuran lebih kecil dari highbush. Meskipun mereka dapat ditemukan tumbuh liar di banyak bagian Amerika Serikat, dia tak lazim dijumpai dipasar buah.
  3. Rabbiteye Blueberry : spesies ini asli Amerika Selatan. Dapat tumbuh hingga 20 kaki di negara asalnya. Mereka lebih jarang dibudidayakan dibanding blueberry highbush, tetapi ketika dibudidayakan, tanaman biasanya tumbuh pada ketinggian 4-10 kaki.

Sejarah Tanaman Blueberry

manfaat sejarah buah blueberry
Blueberry segar (@http://www.dimeofruitfarms.com/wp-content/uploads/2016/02/Blueberry-Plants-from-DiMeo-Farms-in-Hammonton.jpg)

Blueberry menempati posisi khusus pada makanan dari Amerika Utara, karena kebanyakan spesiesnya adalah asli Amerika Utara daripada di benua lainnya. Sementara berry lowbush ke bagian lain dari dunia – termasuk Eropa, Mediterania juga Asia – berry highbush awalnya ditemukan hampir secara eksklusif di Amerika Utara.

Pada saat ini, Amerika Serikat memasok lebih dari separuh pasokan berry ke seluruh dunia.  Prosentase terbesar lainnya adalah milik negara Amerika Utara, Kanada. Negara bagian Maine, Michigan, New Jersey, Oregon, serta North Carolina adalah negara paling banyak terlibat dalam pertanian tanaman ini. Karena minat khusus dalam lowbush, negara bagian Maine sebenarnya adalah produsen lowbush terbesar di dunia.

Budi daya mereka tersebar luas di kalangan suku-suku asli Amerika pada seluruh Amerika Utara. Kolonis Eropa belajar tentang tanaman ini berkat tradisi penduduk asli Amerika serta membawa spesies blueberry kembali ke Eropa. Namun budidaya komersial dari mereka di Eropa telah menjadi fenomena baru pada abad ke-20 serta ke-21.

Berkat peningkatan budidaya di belahan bumi selatan – termasuk negara-negara Amerika Selatan seperti Chili, Argentina, juga Uruguay serta Afrika Selatan, Selandia Baru maupun Australia – berry segar sekarang dapat dinikmati sepanjang tahun pada banyak benua di dunia.

Salah satu tren menarik saat ini adalah konsumsinya meningkat secara dramatis di AS. Pada tahun 1997, rata-rata orang dewasa mengkonsumsi sekitar 13 ons per tahun. Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2007, jumlah tersebut hampir dua kali lipatnya, mencapai tingkat rata-rata 22 ons.  Meningkatnya konsumsi blueberry di AS telah menyebabkan budidaya buah ini pada hampir 100.000 hektare lahan di AS, serta telah menampatkannya pada posisi berry paling sering dimakan di AS (kedua setelah strawberry).

Informasi terbaru tentang manfaat buah blueberry

Hingga saat ini para ahli masih terus menggali manfaat dan potensi kesehatan blueberry serta cara pengolahannya. Berikut adalah beberapa informasi terbaru mengenai manfaatnya bagi kesehatan :

Blueberry meningkatkan daya ingat

Manfaat Blueberry untuk meningkatkan daya ingat
Daya ingat (@http://scitechdaily.com/magnesium-supplements-could-improve-memory-and-cognitive-ability/)

Setelah bertahun-tahun penelitian tentang antioksidan pada buah ini serta potensi manfaat mereka untuk sistem saraf serta kesehatan otak, ditemukan bukti baru menarik bahwa dia mampu meningkatkan daya ingat.

Dalam sebuah penelitian melibatkan orang dewasa berusia rata-rata 76 tahun, dua belas minggu mengkonsumsinya setiap hari sudah cukup untuk meningkatkan nilai pada dua tes berbeda dari fungsi kognitif termasuk daya ingat.

Peserta dalam penelitian mengkonsumsinya dalam bentuk jus. 3/4 pon berry digunakan untuk membuat satu cangkir jus kemudian setiap peserta diberi konsumsi 2 hingga 2 1/2 cangkir setiap hari. Bisa dikatakan ini merupakan jumlah berlimpah dikonsumsi oleh setiap peserta karena para penulis studi didorong oleh hasil penelitian sebelumnya yang menyimpulkan bahwa dia mungkin bisa bermanfaat tidak hanya untuk perbaikan daya ingat, melainkan bisa untuk memperlambat atau menunda timbulnya masalah kognitif lain terkait penuaan usia. Kenyataannya sungguh memuaskan karena terbukti dia mampu meningkatkan fungsi kognitif para sepuh.

Antioksidan blueberry tidak berubah dalam keadaan beku

Antioksidan blueberry tidak berubah dalam keadaan beku
Blueberry beku (@http://www.123rf.com/photo_12576696_close-up-of-frozen-mixed-fruit–berries–red-currant-cranberry-raspberry-blackberry-bilberry-blueber.html)

Studi terbaru membuat jelas bahwa kita boleh saja membekukan (frozen) nya tanpa menghilangkan antioksidan antosianin halus mereka yaitu antioksidan pembuatnya mampu menerobos pembuluh halus pada syaraf mata serta otak. Antioksidan buah beku ini mencakup berbagai jenis anthocyanin, yaitu pigmen berwarna-warni pemberi banyak nuansa indah biru, ungu, juga merah pada makanan.

Setelah dibekukan pada suhu 0 ° F (-17 ° C) atau lebih rendah dalam jangka waktu antara 3 sampai 6 bulan, para peneliti menemukan penurunan tak signifikan pada konsentrasi kapasitas atau antosianin antioksidan secara keseluruhan. Penelitian tentang Anthocyanin meliputi malvidins, delphinidins, pelargonidins, cyanidins, juga peonidins.

Temuan-temuan diatas tentunya merupakan berita besar bagi siapa saja penanam, pembeli, atau pemetik buah segar pada musimnya untuk bisa menikmatinya sepanjang tahun. Ini juga merupakan kabar baik bila sulit mendapatkannya dalam bentuk segar melainkan dalam bentuk sudah dibekukan di pasar.

Blueberry memiliki indeks glisemik rendah

Khasiat blueberry bagi penderita diabetes karena mengandung glisemik rendah
Kue blueberry (@http://www.superhealthykids.com/layered-frozen-yogurt-blueberry-lemon-pie/)

Secara umum dia dianggap rendah dalam hal indeks glisemik (GI). GI adalah cara umum untuk mengidentifikasi dampak potensial dari makanan terhadap tingkat gula darah kita setelah mengkonsumsi serta mencerna makanan.

Secara umum, makanan dengan tingkat GI lebih kecil dari 50 kebawah dianggap memiliki nilai indeks glikemik “rendah” . Bila dibandingkan dengan buah lainnya, dia tak terlalu rendah dalam hal GI. Studi menunjukkan GI untuknya berada pada kisaran 40-53, sementara berry lainnya seperti blackberry, raspberry, maupun stroberi berulang kali teruji lebih dekat ke angka 30 daripada 40.

Akan tetapi penelitian terbaru terhadap buah-buahan dengan kandungan GI rendah, termasuk berry, menemukan bahwa dia memiliki dampak menguntungkan pada regulasi gula darah terhadap orang sudah didiagnosis diabetes tipe 2.

Peserta dalam studi mengonsumsi 3 porsi buah-buahan rendah GI per hari  memperlihatkan penurunan signifikan pada kadar gula darah selama periode tiga bulan.

Blueberry organik memiliki antioksidan lebih tinggi dibanding non-organik

Manfaat blueberry organik memiliki antioksidan lebih tinggi dibanding non-organik.
Blueberry organik (@http://www.freshplaza.com/article/97425/US-Rainier-introduces-new-organic-blueberry-packaging-label)

Apabila anda ingin memaksimalkan manfaat antioksidan pada buah ini, konsumsilah jenis organik. Sebuah penelitian terbaru telah secara langsung membandingkan total kapasitas antioksidan buah organik dengan non-organik kemudian menemukan hasil sangat mengesankan pada buah organik. Buah organik ternyata memiliki konsentrasi lebih tinggi secara signifikan pada total antioksidan fenol serta jumlah antioksidan antosianin dibandingkan dengan tumbuhan konvensional. Jenis organik juga secara signifikan memiliki kapasitas antioksidan total lebih tinggi.

Banyaknya anthocyanin antioksidan spesifik diukur dalam studi, termasuk delphinidins, malvidins, petunidins, serta quercetin flavonoid.

Rekomendasi mengenai konsumsi blueberry

Beberapa situs kesehatan menganjurkan konsumsi 5 – 10 porsi buah-plus-sayuran (gabungan) setiap hari. Keseimbangan antara buah-buahan ditambah sayuran dapat bervariasi dari hari ke hari, tergantung pada faktor kesehatan pribadi, selera pribadi, serta kebutuhan dalam resep makanan.

Rekomendasi diberikan adalah jumlah disarankan oleh Centers for Disease Control (CDC) di Departemen Kesehatan serta Layanan Kemanusiaan (DHHS). CDC merekomendasikan antara 1,5 – 2,5 cangkir buah ditambah 2,5 – 4,0 cangkir sayuran per hari, serta tujuan target minimal 5 porsi buah-plus-sayuran (gabungan) per hari.

Tetapi dianjurkan agar kita mengkonsumsinya lebih dari takaran tersebut karena berdasarkan penelitian ilmiah, 3 porsi buah per hari baru dapat memberikan manfaat kesehatan secara optimal. Sehubungan dengannya,  anda mungkin akan terkejut bahwa jumlah lowbush atau buah liar untuk mengisi satu cangkir berisi 100-150 buah.

1 cangkir buah segar mengandung :

  • Kalori    :    84
  • Vitamin K    :    32%
  • Manganese    :    25%
  • Vitamin C    :    19%
  • Fiber    :    14%
  • Copper    :    9%

Manfaat kesehatan dari buah blueberry

Dalam pemberitaan kesehatan, dia telah mencapai status superstar dalam hal manfaat kesehatan unik. Penelitian kesehatan paling populer padanya melibatkan konten phytonutrisi mereka. Anthocyanin – pigmen antioksidan berwarna-warni memberikan banyak nuansa indah biru, ungu, serta merah – biasanya fitonutrien pertama tersebutkan dalam deskripsi buah menakjubkan bagi kesehatan serta mendukung sifat mereka.

Sementara itu anthocyanin cukup spektakuler sebagai dukungan bagi sistem tubuh kita. Perlu juga diketahui sebenarnya ada berbagai fitonutrien dukungan kesehatan ditemukan dalam buah ini.

Berikut adalah daftar sorotan nutrisi dari berry fitonutrien :

FITONUTRIEN BLUEBERRY

  • Anthocyanin : malvidins, delphinidins, pelargonidins, cyanidins, peonidins
  • Asam hydroxycinnamic : asam caffeic, asam ferulic, asam coumaric
  • Asam hidroksibenzoat : asam gallic, asam procatchuic
  • Flavonol : kaempferol, quercetin, myricetin
  • Fitonutrien-fenol terkait lainnya : pterostilbene, resveratrol

Dari banyak penelitian sebagaimana pada penelitian terakhir diatas, anthocyanin Penanggung jawab warna buah ini, memiliki kontribusi bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat kesehatan atau khasiatnya sebagaimana dilansir oleh MNT Research.

Blueberry bisa menjaga kesehatan tulang

Kandungan besi, fosfor, kalsium, magnesium, mangan, seng serta vitamin K berkontribusi untuk membangun serta memelihara struktur serta kekuatan tulang.

Besi juga seng bermain peran penting dalam mempertahankan kekuatan serta elastisitas tulang sementara Vitamin K telah dikaitkan pada risiko lebih tinggi untuk patah tulang, sementara vitamin cukup asupan K meningkatkan penyerapan kalsium serta dapat mengurangi kehilangan kalsium.

Blueberry memberi kesehatan pada mata

Retina mata adalah tempat unik dalam tubuh serta merupakan tempat lebih rentan terhadap resiko stres oksidatif. Makanan unik antioksidan phytonutrisi sering diselidiki karena kemampuan mereka untuk membantu melindungi retina dari kerusakan oksigen, tidak terkecuali pada buah ini.

Dalam penelitian pendahuluan pada hewan laboratorium, anthocyanin mampu melindungi retina dari kerusakan oksigen tak diinginkan. Menariknya, manfaat serta khasiat mereka juga dapat membantu melindungi retina dari kerusakan akibat sinar matahari sehingga diyakini bisa menjadi obat alternatif glaukoma. Penelitian akan hal ini masih terus dikembangkan hingga saat ini terutama dalam pengobatan katarak serta sebagai obat glaukoma. (Baca juga : perbedaan katarak dan glaukoma).

Khasiat blueberry juga diyakini sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil guna mencegah janin terkena penyakit buta warna serta amblyopia atau mata jereng pada bayi.

Blueberry bisa menurunkan tekanan darah

Manfaat blueberry bisa menjaga asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Dia secara alami bebas dari natrium juga mengandung potasium, kalsium, serta magnesium, yang semuanya diketahui mengurangi tekanan darah secara alami.

Blueberry bisa mencegah diabetes dan menyeimbangkan gula darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi satu cangkir blueberry yang mengandung 3.6 gram serat fiber mampu menurunkan kadar gula lebih tinggi  daripada yang tidak mengkonsumsi blueberry.

The Dietary Guidelines merekomendasikan 21-25 gram serat per hari untuk wanita dan 30-38 gram per hari untuk pria.

Khasiat Blueberry bisa mencegah penyakit jantung

Blueberry kaya akan serat, kalium, folat, vitamin C, vitamin B6 dan phytonutrisi dan sedikit kolesterol yang semuanya mendukungan kesehatan jantung. Serat didalamnya membantu menurunkan jumlah total kolesterol dalam darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Vitamin B6 serta folat mencegah penumpukan senyawa dikenal sebagai homocysteine. Sebagaimana diketahui, ketika homosistein menumpuk dalam pembuluh darah, mereka bisa merusak pembuluh darah sehingga menyebabkan masalah pada jantung.

Menurut studi terbaru dari Harvard School of Public Health dan University of East Anglia, mengkonsumsi secara teratur anthocyanin dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 32% pada wanita muda dan setengah baya. Penelitian dipimpin oleh profesor nutrisi Aedin Cassidy, PhD, MSc, BSc, menemukan bahwa wanita mengkonsumsi setidaknya tiga porsi berry memberikan hasil terbaik.

Blueberry bisa mencegah kanker

Vitamin C, vitamin A, juga berbagai fitonutrien dalam memiliki khasiat juga manfaat sebagai antioksidan kuat guna membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Mereka menghambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan dalam tubuh sekaligus membantu menangkal atau memperlambat beberapa jenis kanker, termasuk esofagus, paru-paru, mulut, faring, endometrium, pankreas, prostat, kanker payudara serta colon.

Buah ini juga mengandung folat, yang memainkan peran dalam sintesis DNA perbaikan dan, sehingga mencegah pembentukan sel kanker dari mutasi DNA.

Manfaat Blueberry bisa meningkatkan kesehatan mental

Studi berbasis populasi telah menunjukkan bahwa konsumsi berry dapat mengurangi risiko penurunan kognitif serta penyakit Parkinson – gangguan neuro degenerative akibat kematian sel di bagian otak. Studi juga mengungkapkan bahwa selain untuk mengurangi risiko kerusakan kognitif,  dia juga dapat meningkatkan kehilangan daya ingat jangka pendek juga koordinasi motorik.

Khasiat Blueberry meningkatkan kesehatan pencernaan

Dengan kandungan serat tinggi, dia bisa membantu mencegah sembelit dan mempromosikan keteraturan saluran pencernaan sehat.

Manfaat Blueberry memberi rasa kenyang

Serat pangan secara umum diakui sebagai faktor penting dalam penurunan berat badan dan manajemen berat badan dengan berfungsi sebagai “penggembur” dalam sistem pencernaan. Makanan serat tinggi meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian menurunkan asupan kalori secara keseluruhan.

Blueberry bisa mencegah dan menghilangkan keriput

Satu cangkir berry menyediakan 24% dari kebutuhan vitamin C harian kita. Sebagaimana kita ketahui, kolagen, sistem pendukung kulit, bergantung pada vitamin C sebagai nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan disebabkan oleh matahari, polusi dan asap. Vitamin C juga mempromosikan kemampuan kolagen untuk menghaluskan keriput sekaligus memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Berry diyakini mampu meremajakan kulit, memutihkan kulit, mencerahkan kulit, serta mencegah kulit keriput bahkan melawan penuaan dini.

Referensi :

Save

Dibagikan

Penulis :

You may also like