Buah Delima

buah delima

Artikel ini berisi tentang manfaat buah delima, khasiat, rasa, cara menanam, serta bagaimana makan delima untuk kesehatan tubuh yang dikenal sejak masa sebelum masehi.

Delima

Buah – yang biasa disebut sebagai Delima, Pomegranate, Granada (Spanyol), Grenade (Perancis) – ini termasuk keluarga Punica protopunica. Berasal dari negeri Iran (Persia) hingga Himalaya di India Utara dan dibudidayakan dan naturalisasi di seluruh wilayah Mediterania sejak zaman kuno.

Salah satu bukti buah tertua yang diketahui ditemukan dalam tulisan-tulisan dan artefak dari berbagai budaya dan agama, delima (punica granatum) adalah salah satu jenis asli dari Persia. Buah yang kaya nutrisi ini telah dihormati sebagai simbol kesehatan, kesuburan dan kehidupan kekal.

Buah ini banyak dibudidayakan di seluruh India dan bagian-bagian kering di Asia Tenggara, Malaysia, Hindia dan Afrika tropis. Pohon delima pertama kali diperkenalkan ke California oleh pemukim Spanyol pada tahun 1769. Di negara ini pohon delima tumbuh subur terutama di bagian yang lebih kering dari California dan Arizona.

Delima lebih mudah tumbuh pada lingkungan beriklim iklim subtropis namun secara alami bisa menyesuaikan dengan daerah musim dingin yang sejuk dan dengan musim panas yang sangat panas.

delimaPohon Delima

Pohon delima bisa memiliki 3 hingga 10 meter, memiliki cabang yang keras dan berduri. Pohon delima berumur panjang bahkan ada jenis tertentu di Eropa yang bisa hidup lebih dari 200 tahun namun produktifitas pohon delima menurun setelah berusia 15 tahun.

Daun Delima

Daun delima berbentuk tombak kecil, kasar dan mengkilap. Daun delima secara khusus juga dibudidaya di daerah tertentu karena memiliki manfaat khusus bagi kesehatan (Baca : manfaat daun delima).

Bunga Delima

Bunga delima memiliki beberapa warna yang cantik. Tergantung jenisnya, bunga delima ada yang putih, merah muda, merah tua dan merah kehitaman. Bunga delima berukuran sekitar 1 inchi, berdaging, dengan kelopak tabular yang tetap pada bakal buah. Delima melakukan penyerbukan sendiri serta diserbuki oleh serangga. Penyerbukan silang ini meningkatkan jumlah buah.

Buah Delima

Buah delima berbentuk hampir bulat, kebanyakan memiliki mahkota kelopak yang menonjol. Kulitnya keras dan kasar dengan lapisan warna kuning, pink, merah, atau hitam. Warna merah delima paling banyak dicari karena keindahannya.

Bagian dalam buah dipisahkan dinding membran putih, kenyal, dengan rasa pahit membentuk kompartemen-kompartemen yang berisi biji-biji delima berwarna merah muda keputihan dengan rasa asam-manis.

jual bibit biji delimaRasa Buah Delima

Umumnya Rasa buah delima adalah asam manis. Tetapi kebanyakan jenis pohon delima yang tumbuh di Indonesia memiliki sedikit rasa manis agak pahit meskipun pada beberapa daerah tertentu bisa dihasilkan delima yang berkualitas baik.

Cara menanam buah delima

Pohon delima umumnya baru bisa menghasilkan buah pada usia 2 – 3 tahun. Cara menanam buah delima adalah dengan stek batang atau di cangkok. Jarang sekali pohon delima bisa hidup dengan cara disemai dari biji delima. Pada kondisi iklim yang cocok, delima akan mulai dihasilkan pada usia pohon 5-7 bulan.

cara menanam buah delimaCara makan buah delima

Bila belum pernah memakan buah ini, mungkin muncul pertanyaan bagaimana cara makan buah delima. Kulit luar yang keras serta membran pemisah yang pahit akan mengganggu kita menikmati rasa delima.

Bagi anda, di Indonesia, yang mudah mendapatkan delima ini bisa saja memakannya dengan cara dibuat sebagai campuran rujak,  campuran es, atau dimakan begitu saja biji delima yang ada di dalam delima.

Akan tetapi bagi anda yang kesulitan mendapatkan buah dalam bentuk segar, cara makan buah delima bisa dengan membeli jus buah delima salam kemasan.

cara makan buah delima

Khasiat Buah Delima Bagi Kesehatan

Banyak sekali khasiat buah delima bagi kesehatan. Berbagai penelitian telah dilakukan di banyak negara akan khasiat serta manfaat delima ini. Berikut adalah ringkasan manfaat buah delima dari berbagai sumber yang kami dapat :

Delima Banyak Mengandung Kalium

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan 2010 dari American Society of Nephrology menemukan bahwa kandungan kalium dalam jus delima mengurangi banyak komplikasi dialisis terkait untuk pasien ginjal, jika tidak menunjukkan tingkat morbiditas berkurang.

Buah delima mengandung antioksidan untuk melindungi terhadap infeksi-dialisis, atau penyakit ginjal, serta komplikasi kardiovaskular (tekanan darah tinggi).

Manfaat Buah Delima Untuk Jantung Dan Pembuluh Darah

Sebuah senyawa yang ditemukan hanya dalam delima disebut punicalagin terbukti menguntungkan jantung dan pembuluh darah. Punicalagin adalah komponen utama pada delima yang berperan sebagai antioksidan dan manfaat kesehatan. Ini tidak hanya menurunkan kolesterol, tetapi juga menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kecepatan mencairnya sumbatan pada jantung (aterosklerosis).

manfaat buah delima

Penelitian medis terbaru mempelajari pasien jantung dengan penyumbatan arteri karotis parah. Mereka diberi 1 ons jus delima setiap hari selama setahun. Tidak hanya tekanan darah peserta penelitian menjadi lebih rendah lebih dari 12 persen, tapi terjadi penurunan 30 persen pada plak aterosklerotik.

Khasiat Buah Delima Mengurangi Rasa Lapar

Kandungan serat pada delima sangat baik bagi mereka yang sedang diet karena mampu mengurangi lapar dan menimbulkan rasa kenyang. Tambahkan satu sendok buah delima sebagai topping oatmeal maupun makan siang anda, maka porsi makan anda akan berkurang.

khasiat buah delima

Manfaat Buah Delima Untuk Perlindungan Terhadap Plak Gigi

Antioksidan pada jus delima, yang disebut polifenol, mampu mengurangi 32 persen plak dan mencegah terbentuknya karang gigi dan bertindak sebagai anti bakteri.

Manfaat Kesehatan Buah Delima Untuk Perlindungan Terhadap Kanker

Sebuah studi dari University of California, menemukan komponen jus delima dapat menghentikan perkembangan sel-sel kanker prostat. Selain itu dia juga mampu melemahkan sinyal kimia yang mempromosikan beberapa jenis kanker menyebar.

Dalam sebuah studi terpisah, peneliti Israel menemukan jus delima dapat mencegah dan menghancurkan sel-sel kanker payudara.

Manfaat Kesehatan Buah Delima Untuk Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Sebuah polifenol tertentu yang disebut punicalagin diyakini menjadi sumber sifat anti-inflamasi pada buah delima. Penelitian pada hewan menunjukkan, tikus yang diberi jus delima mengalami tingkat yang lebih rendah terhadap amiloid plak – yaitu plak menumpuk antara sel-sel syaraf otak, pertanda dari Alzheimer – dan meningkatkan kinerja syaraf untuk tugas-tugas mental tertentu.

harga buah delima

 

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait