Peluang Usaha Budidaya Bebek Di Halaman Rumah

peluang usaha budidaya bebek di halaman rumah

Peluang Usaha Budidaya Bebek Di Halaman Rumah – Di Indonesia, bebek sangat digemari  oleh tua dan muda. Hal ini menyebabkan menjamurnya rumah – rumah makan menyajikan hidangan dari olahan daging bebek, mulai dari rumah makan tenda pinggir jalan hingga di restoran – restoran mahal bergengsi. Konsumsi daging bebek sebenarnya sudah dikenal sejak jaman dahulu. Akan tetapi menjamurnya rumah makan yang menyediakan olahan daging bebek baru dimulai sejak tahun 2000an.

Peluang usaha budidaya bebek pedaging dan petelur

Dengan semakin banyaknya kebutuhan akan bebek untuk diambil dagingnya tentu membuat ternak satu ini menjadi menarik untuk dijadikan wirausaha sampingan maupun bisnis utama. Bahkan selain untuk diolah dagingnya, bebek juga bisa diambil telurnya karena manfaat kesehatan daging bebek sangat tinggi. Tentunya ini merupakan sebuah peluang bisnis potensial bagi yang jeli untuk mengambil manfaatnya.

Sebelumnya wirausaha peternakan bebek lebih diutamakan untuk diambil telurnya dengan cara budidaya bebek petelur. Akan tetapi dengan kebutuhan sekarang ini, banyak para pelaku bisnis sampingan juga mengambil peluang pengadaan bebek pedaging atau fokus pada keduanya, bebek petelur sekaligus bebek pedaging.

Menjadikan bebek sebagai bisnis sampingan merupakan hal tepat karena selain mudah dipelihara dan murah biaya perawatannya,  bebek juga merupakan hewan ternak yang penurut, relatif kebal terhadap penyakit serta tidak membutuhkan lahan luas. Mau dijadikan usaha kecil bisa, dibesarkan pun tidak sulit. Jadi bila anda adalah pemula dalam wirausaha, beternak bebek bisa dijadikan pilihan tepat.

Budidaya bebek di halaman rumah

Sesuai dengan materi artikel kita kali ini yaitu peluang usaha budidaya bebek di halaman rumah, mari kita fokus dengan masalah wirausaha budidaya bebek secara kecil-kecilan di halaman rumah. Kelak jika sudah menguasai cara – cara pemeliharaannya serta memberikan keuntungan, barulah anda bisa memutuskan untuk menjadikannya sebagai peluang bisnis lebih besar.

Wirausaha peternakan bebek memiliki banyak keuntungan diantaranya :

  • Pemeliharaan bebek lebih mudah dibandingkan budidaya ayam.
  • Kegiatan untuk perawatan lebih sedikit bahkan pelaku bisnis tidak perlu terlalu pusing pada jadwal vaksinasi unggas karena bebek tahan penyakit.
  • Pakan bebek lebih murah dan mudah didapat.  Bebek bisa diberik konsumsi dari segala yang ada disekitar kita sehingga pakan bebek pada satu daerah berbeda dengan daerah lain mengikuti pakan apa banyak tersedia disana.
  • Bebek bisa diberi katul, karak nasi,  menir, jagung, makanan-makanan kadaluwarsa, bekicot, dan lain-lain. Kejelian pelaku bisnis dibutuhkan untuk menghemat biaya pakan.
  • Wirausaha budidaya bebek bisa difokuskan pada bebek petelur karena harga telur bebek relatif lebih mahal dari telur ayam dan dibutuhkan oleh produsen telur asin maupun pedagang jamu herbal tradisional. Pun demikian, mengutamakan bebek pedaging juga sangat menguntungkan karena harga bibit bebek jantan untuk pedaging lebih murah daripada betina. Hal terpenting untuk jadi pertimbangan adalah, bebek pedaging hanya membutuhkan waktu 50 – 60 hari saja untuk bisa dijual ke pasar.
  • Bagi yang memilih bebek petelur, bila bebek – bebek sudah tidak produktif bisa dijual sebagai bebek pedaging.

Untuk mengambil kesempatan peluang usaha budidaya bebek, beberapa persiapan perlu dilakukan diantaranya adalah :

Cara membuat kandang bebek

kandang bebek lokal
Kandang bebek

Untuk lebih serius menjalankan wirausaha bebek, meskipun hanya di halaman rumah, kandang bebek jangan dibuat sekedarnya melainkan dipersiapkan dengan lebih baik.  Agar usaha berkelanjutan, perlu dibuat setidaknya 3 kandang dengan ukuran masing-masing disesuaikan dengan daya tampung serta keterbatasan lahan.

Kandang pertama adalah sebuah kandang berukuran 1 – 2 meter persegi untuk menampung anak – anak bebek atau anak itik bibit unggul yang bisa kita dapat dari peternak atau balai peternakan.

Kandang kedua adalah kandang bebek remaja atau itik ABG berumur 1 – 6 bulan dengan perbandingan ukuran  5 – 10 ekor/m2. Dengan kata lain untuk menampung 100 bebek, ukuran kandang yang dibutuhkan adalah minimal 10 meter persegi.

Kandang ketiga dibutuhkan bila anda ingin fokus pada bebek petelur karena bebek pedaging biasanya sudah dijual pada usia remaja kurang lebih 8 minggu. Jenis – jenis kandang bebek untuk yang ketiga ini ada beberapa jenis diantaranya adalah :

Kandang bebek jenis bateri

Pada kandang jenis ini, setiap bebek dewasa ditempatkan dalam satu ruang terpisah yang diberi sekat-sekat berukuran 45 x 45 x 35 cm. Biaya serta luas lahan dengan kandang  jenis ini relatif lebih besar, akan tetapi tingkat produktifitas telur bisa terpantau demikian pula jika salah satu ternak mengalami sakit tidak berpotensi menularkan penyakit itik kepada bebek lain.

Kandang bebek jenis postal

Wirausaha budidaya bebek dengan kandang seperti ini lebih umum digunakan dimana sejumlah bebek ditempatkan dalam 1 ruang kandang. Ukuran kandang jenis postal menyesuaikan jumlah ternak serta ukuran masing – masing itik. Untuk itik ukuran sedang bisa menggunakan ukuran 5 – 10 per meter persegi, akan tetapi untuk ukuran besar-besar sebaiknya menggunakan perbandingan 3 – 5 ekor itik per meter persegi.

Kandang bebek jenis ranch

Kandang jenis ini merupakan pengembangan fasilitas lebih baik dari kandang jenis postal untuk membuat itik menjadi lebih nyaman sehingga dengan kondisi menyenangkan diharapkan mereka bisa memberikan produksi lebih baik.  Pada jenis ini dibagian depan kandang diberikan play  ground atau taman bermain bagi itik dilengkapi dengan kolam serta saluran air sehingga ternak bisa bermain sambil membersihkan kotoran pada tubuh mereka sendiri.

Meskipun kandang itik memiliki beberapa jenis, akan tetapi hal terpenting harus diperhatikan adalah keterbatasan lahan. Pada intinya itik bisa dipelihara dengan menggunakan kandang apapun bahkan hanya dengan membuatnya dari kotak kayu. Akan tetapi tentunya dalam membuat kandang kita harus memperhatikan ukuran lahan serta kemudahan dalam membersihkan, merawat serta memanen hasil budidaya. Jadi jangan karena bingung harus membuat kandang serta keterbatasan anggaran membuat anda ragu memelihara itik.

Cara mendapatkan bibit ternak itik petelur

bibit bebek petelur itik petelur
Anak bebek / itik

Untuk sukses memulai peluang usaha itik petelur, sebaiknya calon wirausaha membeli bibit bebek petelur unggulan dari peternak yang sudah lebih dahulu menjalankan usahanya atau membeli dari balai peternakan setempat. Hal ini dikarenakan itik anakan yang dijual di pasar-pasar kebanyakan adalah anak itik jantan sehingga tidak mungkin bisa dijadikan petelur.

Perlu diketahui bahwa masa produksi itik petelur rata-rata adalah selama satu tahun. Produksi telur dalam satu rentang masa produksi tersebut adalah 200 – 300 butir tergantung dari jenis serta kesehatan ternak bersangkutan. Setelah melewati masa produksi telur tersebut, bebek dapat dijual sebagai bebek pedaging.

Bila mendapat induk itik berkualitas baik, sebaiknya sebagian telur itik tersebut ditetaskan setelah sebelumnya dikawinkan dengan bebek jantan berkualitas baik pula. Dengan cara demikian peternak tidak perlu lagi membeli bibit untuk siklus produksi selanjutnya.

Cara mendapatkan bibit ternak itik pedaging

anak bebek pedaging
Anak bebek itik pedaging DOB Jantan

Sama halnya dengan bebek petelur, untuk mendapatkan bibit itik pedaging dilakukan dengan cara membeli pada peternak yang menjual bibit – bibit unggulnya. Dengan cara membeli kita tidak direpotkan untuk mencari indukan, mengawinkan serta menetaskan telur. Perhatian lebih banyak pada pemeliharaan dan perawatan.

Akan tetapi tentu saja bila sudah berlangsung sekian lama anda akan merasa perlu untuk mengembangkan usaha dengan cara memproduksi sendiri bibit – bibit unggul dari perkawinan silang antar itik yang dimiliki.

Cara memelihara bebek

Sebagaimana sudah beberapa kali disampaikan pada bagian awal, memelihara bebek bukanlah hal sulit dan membutuhkan waktu lama. Baik itik petelur maupun itik pedaging sama – sama sudah dapat dinikmati hasilnya setelah dipelihara selama 2 – 3 bulan.

Bebek jantan memiliki perkembangan tubuh lebih baik dibanding bebek betina. Sehingga apabila anda fokus pada bebek pedaging, bibit yang dipilih adalah itik jantan. Seekor itik jantan berusia 3 bulan sudah mencapai berat sekurangnya 1.5 kilogram.  Perlu diketahui bahwa para pembeli itik pedaging lebih menyukai itik berusia muda antara 2 – 3 bulan, karena pada usia tersebut daging lebih empuk dan gurih. Itulah sebabnya apabila itik petelur bila dijual sebagai pedaging memiliki harga relatif lebih rendah karena usianya yang sudah tua.

Meskipun itik alias bebek dipelihara dalam kandang, setelah mencapai usia 1.5 bulan sebaiknya mereka secara rutin di lepas pada halaman berpagar dimana di dalamnya disediakan kolam untuk mereka berenang. Umumnya itik yang dilepas di halaman berpagar mampu berproduksi lebih baik dibanding jika mereka hanya dipelihara dalam kandang.

Penyakit pada bebek serta cara pencegahannya

Meskipun bebek lebih tahan terdapat penyakit dibanding ayam, akan tetapi mereka tetap bisa terserang penyakit juga. Beberapa penyakit bisa menghinggapi mereka sehingga wajib diketahui oleh para calon wirausahawan bila ingin mengambil peluang usaha budidaya itik. Penyakit – penyakit tersebut adalah :

  1. Berak Kapur. Hal ini disebabkan oleh bakteri Salmonella Pullorum. Apabila itik terserang penyakit berak kapur tanda-tandanya adalah kotoran mereka berwarna putih serta lengket. Penyakit berak kapur pada bebek dapat dicegah dengan menjaga kebersihan kandang, kebersihan makanan, minuman serta diberi vaksin. Apabila salah satu itik terkena penyakit ini, sebaiknya dia segera dipisahkan dari teman-temannya sampai sembuh.
  2. Penyakit Bebek Cacingan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai jenis cacing. Apabila seekor itik terkena penyakit cacingan nafsu makannya akan berkurang sehingga pertumbuhannya melambat dan tubuhnya menjadi lebih kurus. Kotoran itik berpenyakit cacingan kadang – kadang cair. Sementara bagi itik petelur, produksi telur mereka akan menurun. Untuk mencegah itik terkena penyakit cacingan, kebersihan kandang harus terjaga. Pastikan kandang itik selalu kering dan makanan serta minuman mereka terjaga.
  3. Penyakit lumpuh layu akibat kekurangan vitamin B. Apabila bebek atau itik terserang penyakit lumpuh layu, kaki mereka akan terlihat bengkak pada persendian. Jalannya menjadi pincang bahkan lumpuh tidak mampu berdiri. Itik akan terlihat mengantuk serta pada mata mereka kerap keluar air mata berlebihan. Untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin B, itik secara rutin harus diberikan sayur – sayuran hijau segar setiap hari.

Perkiraan biaya sederhana wirausaha budidaya itik di halaman rumah

Dengan asumsi memelihara 100 ekor itik apapun (bebek petelur maupun itik pedaging) bisa dilakukan perkiraan biaya sebagai berikut (mohon dicatat bahwa semua angka adalah angka perkiraan, beberapa dapat diperkecil akan tetapi beberapa bisa menjadi lebih besar) :

Biaya tetap

  • Pembuatan kandang anak itik ukuran 2 x 1 meter = Rp. 1.000.000,-
  • Pembuatan kandang itik remaja ukuran 5 x 1 meter = Rp. 2.000.000,-
  • Total modal untuk kandang serta fasilitas kandang Rp. 3.000.000,- untuk dipakai selama 3 tahun.

Biaya bergerak (tergantung jumlah ternak dan waktu)

  • Pembelian bibit

Harga DOB Jantan (bibit itik jantan) =  Rp. 4.000,- per ekor
Harga DOB Betina (bibit itik petelur) =  Rp. 3.500,- per ekor
Asumsi menggunakan harga tertinggi = Rp. 4.000,- x 100 ekor = Rp. 400.000,-

  • Pembelian vitamin dan obat-obatan selama 3 bulan pemeliharaan Rp. 200.000,-
  • Pembelian pakan campuran selama 3 bulan = 100 ekor x Rp. 10.000,- = Rp. 1.000.000,-
  • Biaya lain – lain = Rp. 500.000,-

Perkiraan keuntungan penjualan bebek pedaging

pasukan itik pedaging
pasukan itik pedaging

Catatan : khusus untuk bebek pedaging, pada bulan kedua saat anakan bebek cukup besar mereka dipindahkan ke kandang lebih besar sehingga setiap bulan selalu membeli bibit baru agar penghasilan berkesinambungan.

Bila itik pedaging dijual pada bulan kedua, uang yang diperoleh adalah Rp. 47.000,- per ekor x 70 ekor (anggap keberhasilan hanya 70%) = Rp. 3.290.000,-

Dari hasil penjualan bebek potong pada bulan kedua diperoleh penjualan Rp. 3.290.000,- dikurang biaya bergerak Rp. 2.100.000,- = Rp. 1.190.000,-

Karena anak itik pada kandang pertama kini sudah bisa masuk kandang kedua, maka bisa dibeli bibit baru lagi untuk melanjutkan produksi. Sehingga setiap bulan diperoleh penghasilan sebesar Rp. 1.190.000,- atau dalam 1 tahun di peroleh = Rp. 1.190.000,- x 11 bulan = Rp. 13.090.000,-

Perkiraan keuntungan untuk bebek petelur

telur bebek atau telur itik
Telur itik

Apabila pada bulan kedua itik sudah berproduksi selama 1 tahun, maka untuk itik-itik petelur dalam satu tahun bisa didapatkan :  asumsi minimal 200 butir telur per tahun X 70 ekor bebek  X harga jual Rp. 1.000,- per butir = Rp. 14.000.000,- dalam satu tahun. Jika dikurangi biaya makanan dan obat-obatan Rp. 1.700.000,- per tiga bulan, maka keuntungannya adalah Rp. 14.000.000,- dikurang Rp. 6.800.000,- = Rp. 7.200.000,-

Apabila harga jual bebek petelur tidak produktif adalah Rp. 45.000,- per ekor maka pada akhir tahun diperoleh tambahan keuntungan sebesar Rp. 3.150.000,-

Nah menarik bukan ? bagaimana kalau jumlahnya ditingkatkan ? tentunya hasil perolehan akan menjadi lebih besar lagi meskipun harus dipotong biaya pembuatan kandang. Bila memiliki sedikit lahan, jangan ragu untuk wirausaha berternak bebek karena pakan bebek bila diperlihara secara tradisional tidaklah semahal ilustrasi diatas.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

You may also like