Cara cepat agar walet membuat sarang @Budidaya

cara cepat agar walet membuat sarang budidaya

Banyak sekali cara cepat agar walet membuat sarang yang dilakukan oleh para petani budidaya walet agar rumah atau bangunan yang disiapkan segera terisi dan menghasilkan sarang yang baik sehingga petani bisa segara memetik hasil keuntungan.

Cara cepat agar walet membuat sarang

Namun bagaimanapun, budidaya walet memiliki keunikan tersendiri dan khususnya di Indonesia, hal ini diyakini berkaitan dengan keberuntungan atau nasib seseorang. Banyak yang suadh melakukan segala cara namun walet tidak kunjung datang, namun tidak sedikit orang yang hanya melakukan sedikit hal tapi walet tidak mau membuat sarang dan betah untuk tinggal. Bahkan ada orang-orang yang tidak sengaja rumahnya ketempatan burung walet sehingga mereka mengalah dan pindah ketempat lain sementara rumahnya dibiarkan untuk walet membuat sarang.

Meski diyakini berkaitan dengan keberuntungan seseorang, budidaya walet bisa dilakukan oleh semua orang jika memiliki keuletan, kesabaran dan ketelitian dalam melakukan budidaya.

Walet adalah binatang liar yang bisa datang maupun pergi sesuka hati mereka. Tidak seperti lebah, mereka tidak memiliki ratu yang harus diikuti. Jadi menjaga walet bukan dengan cara menjaga ratunya melainkan dengan cara memberikan lingkungan yang nyaman bagi setiap burung walet yang datang diantaranya dengan cara :

  • Memilih lokasi rumah yang berpeluang untuk disinggahi walet. Lokasi dekat dengan pantai atau sungai merupakan tempat yang biasanya cocok bagi walet membuat sarang. Akan tetapi beberapa lokasi seperti dekat tempat pembuangan sampah juga bisa menjadi lokasi budidaya sarang burung walet.
  • Menggunakan pemanggil walet dengan pengaturan tepat.
  • Menggunakan papan sirip dengan menggunakan bahan alumunium parabola (RAM). Ini bisa dibeli di toko-toko material atau toko listrik sekitar tempat tinggal. Burung walet menyukai alumunium parabola karena kaki kaki kecil mereka cocok dan mudah mencekeram alumunium ini.
  • Memberi variasi susunan papan sirip yang beragam juga bisa menjadi cara cepat agar walet membuat sarang karena bisa menyenangkan hati burung walet.
  • Penggunaan sirip berbahan alumunium dimaksudkan hanya sebagai cara cepat agar walet membuat sarang, sebaiknya disiapkan pula sirip-sirip dari kayu karena setelah banyak walet yang tinggal penggunaan alumunium ini tidak tepat lagi karena mudah rusak terkena liur walet.
  • Menjaga kondisi ruangan dan menjaga kelembaban sarang walet sesuai keinginan dan kesukaan walet.
  • Menjaga ruangan terbebas dari hama penganggu ketenangan walet sehingga tidak ada walet kabur dari sarang.

Jadi jelas, meski budidaya burung walet dikatakan bersifat keberuntungan dan cocok-cocokan, sebenarnya dia bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan bisa memperlakukan walet dengan baik. Akan tetapi bisnis walet yang menggiurkan membutuhkan investasi cukup besar, sehingga siapapun harus memiliki cukup dana dan tenaga bila ingin melakukan budidaya sarang burung walet serta terus belajar mengenai cara cepat agar walet membuat sarang.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

Artikel terkait