Cara Membedakan Sarang Burung Walet Asli Dengan Sarang Palsu

cara membedakan sarang burung walet asli dengan sarang palsu

Adalah penting untuk mengetahui cara membedakan sarang burung walet asli dengan sarang palsu karena harga yang mahal membuat banyak orang memalsukan sarang walet untuk mencari keuntungan karena diburu orang untuk mendapatkan manfaat sarang walet untuk kesehatan. Tidak mudah memang, tapi bagi yang sudah terbiasa itu bukan masalah. Berikut adalah tips cara membedakan sarang burung walet asli dengan sarang palsu :

Membedakan Sarang Burung Walet Asli Dengan Sarang Palsu

  1. Sarang burung asli memiliki warna alami dengan helai seperti serat. Sisa bulu atau bintik kotoran di sarang burung asli tidak bisa bersih 100%.
  2. Setiap bagian dari sarang burung asli berbeda memiliki pola warna berbeda, bentuk dan berat.
  3. Sarang asli berwarna putih oranye agak kemerahan. Yang palsu berwarna putih, terbuat dari agar-agar atau campuran tepung.
  4. Sarang burung walet asli memiliki bau amis serta bau berjamur. Sementara sarang yang  tidak memiliki bau amis dan bau jamur. Mereka memiliki bau aneh yang menyengat karena aroma buatan.
  5. Sarang burung walet asli sangat rapuh dan mudah patah menjadi potongan-potongan halus dan 99% kering. Sarang ini harus direndam dalam air selama 3 – 60 menit dan menjadi lebih besar 4 – 7 kali dari ukuran saat kering. Jejak bulu kecil dan bintik hitam kecil adalah salah satu bukti dan jaminan keasliannya.
warna sarang burung walet asli
warna sarang burung walet asli

Ciri-ciri Sarang Burung Walet Palsu

Sarang burung walet adalah makanan sehat yang bernilai tinggi. Namun, banyak pengusaha nakal mulai mengeksploitasi perdagangan sarang burung dengan menjual sarang palsu atau sarang burung yang diolah secara kimia untuk mendapat uang secara cepat. Berikut adalah ciri sarang burung walet palsu :

  1. Sarang palsu mengandung zat pemutih sehingga setiap potongan tampak sama, putih bersih dengan bau kimia atau bau asam atau tidak memiliki bau putih telur atau bau amis.
  2. Menggunakan pewarna buatan bukan food grade. Pewarna makanan tidak bisa menyerupai warna asli sarang burung sehingga harus digunakan pewarna untuk industri agar lebih menyerupai warna merah, oranye, dan kuning dari sarang asli.
  3. Setiap potongan sarang burung palsu memiliki warna, pola dan berat yang sama.
  4. Sarang burung palsu kerap ditambahkan dengan rumput laut (agar-agar) untuk menghasilkan berat yang mirip sarang asli. Sayangnya penggunaan rumput laut memiliki bau berbeda dengan yang asli. Pada produk palsu tertentu bisa dicium bau bahan kimia.
  5. Untuk membuatnya sarang walet palsu dengan berat yang sama dengan yang asli, kadang-kadang digunakan lem industri sehingga dia memiliki bau bahan kimia atau asam.
  6. Sarang burung walet palsu tampak lebih solid, kuat dan tidak begitu rapuh.
sarang walet palsu
orang sedang membuat sarang walet palsu

Cara Menguji Keaslian Sarang Burung Walet

  1. Cara yang efektif untuk menguji sarang burung walet adalah dengan menempatkan sepotong sarang burung basah ke dalam kantong plastik, lalu ikat erat. Setelah 10 menit, buka kantong plastik dan cium baunya. Jika berbau bahan kimia atau rumput laut maka itu adalah sarang palsu. Ingat sarang yang asli berbau amis.
  2. Jika tidak berbau, masukan sarang basah itu ke dalam kulkas selama satu jam,  jika berbau bahan kimia atau rumput laut maka itu adalah sarang palsu. Jika dia tidak berbau amis yang normal, maka kemungkinan itu sarang asli yang sudah diolah beratnya untuk mendapat timbangan yang lebih berat sehingga pembeli membayar lebih mahal.
  3. Sarang burung asli hanya mengandung 20% – 30% air, sehingga dibutuhkan waktu merendam sekitar 30 – 60 menit untuk membuatnya mengembang sempurna. Beberapa pengusaha menyemprotkan air terlebih dahulu kepada sarang sebelum dijual sehingga berat sarang bertambah namun karena kadar airnya bertambah, dia membutuhkan waktu kurang dari 1 jam untuk mengembang sempurna.
  4. Gua dimana walet bersarang penuh kotoran mineral dan logam yang tidak mungkin dibersihkan secara manual. Sarang asli pasti mengandung kotoran dan bulu walet. Bila anda menjumpai sarang walet yang putih bersih, kemungkinan itu hasil olahan bahan kimia.

Demikian artikel kami tentang cara membedakan sarang burung walet asli dengan sarang palsu bila pembaca ingin membuat soup sarang burung walet atau es sarang walet.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

Artikel terkait