Strategi Dan Cara Untuk Mengatasi Kesepian

cara mengatasi kesepian untuk mendapat kebahagiaan

Cara mengatasi kesepian. Dari waktu ke waktu, masing-masing dari kita pernah merasa kesepian. Ini adalah bagian alami dari hidup. Dan bukan tidak mustahil saat ini kita sedang merasa kesepian bahkan mungkin akan mengalaminya (lagi). Nah, bila itu terjadi pada diri kita, bagaimana mengatasinya ?

Cara Mengatasi Kesepian

Kesepian bisa sangat dirasakan ketika seseorang terpisah jarak dari orang yang dicintai, perceraian, atau kematian. Bagi sebagian lainnya, kesepian adalah ketika secara emosional merasa jauh dari pasangan atau pacar mereka. Atau muncul ketika merasa terkucil, kurang hubungan dengan orang lain, kegelisahan sosial, hilangnya pekerjaan, atau penolakan dalam suatu hubungan.

Merasa kesepian bila terjadi sesekali sebenarnya sehat dan bisa bermanfaat. Perasaan ini memungkinkan orang untuk melakukan renungan perjalanan hidupnya, merenungi kondisi hidup, menelaah kembali hubungan dengan orang lain, menginventarisir masalah dan cara penyelesaiannya, serta untuk lebih mengenal diri sendiri. Akan tetapi ketika itu menjadi berkepanjangan, maka bisa menyebabkan perasaan sedih kronis, kehilangan harapan dan bahkan pada kondisi ekstrim dapat memunculkan pikiran untuk mengakhiri hidup.

Perlu diketahui juga bahwa, kesepian atau kesendirian bagi orang kreatif sangat dibutuhkan. Bagi seniman kesendirian memicu kreatifitas mereka untuk berkarya. Kebanyakan karya-karya seni dan sastra terkenal dihasilkan dari rasa sepi penciptanya. Bagi sebagian lainnya, kesendirian dijadikan untuk melakukan kegiatan misalnya melakukan bisnis sampingan, banyak kisah sukses pengusaha yang dimulai dari rasa sepi atau kesendiriannya.

Bagaimana belajar cara mengatasi kesepian

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara kita bisa belajar untuk mengatasi kesepian, terlepas dari apapun penyebabnya. Entah karena patah hati, putus cinta, merasa diabaikan, terpisah jarak, terpisah secara emosional, atau lainnya. Berikut adalah 6 cara mengatasi rasa kesepian yang bisa dilakukan :

Membedakan Antara Kesendirian Dan Kesepian

Ada perbedaan antara sendirian dengan merasa kesepian. Banyak orang dalam hubungan pernikahan merasa kesepian bahkan ketika dia duduk berdua dengan pasangannya di atas sofa yang sama. Secara fisik mereka tidaklah sendirian, tetapi secara mental emosional mereka terpisah oleh jarak sangat jauh.

Dalam hubungan, merasa kesepian bukanlah berarti kamu sedang sendirian. Dan sendirian tidak berarti kita akan merasa kesepian. Banyak orang senang menghabiskan waktu sendirian seperti – beribadah, membaca cerita pendek atau novel, menulis, merenungkan kehidupan, olahraga, serta meditasi – tanpa membuat mereka merasa kesepian.

Kata bijak : Merasa kesepian bukan berarti sedang sendirian, dan sendirian tidak berarti orang akan merasa kesepian

Jadi kita harus mengklarifikasi apakah perasaan yang dialami adalah sendirian atau merasa kesepian. Setelah mengidentifikasi penyebab perasaan yang menyusahkan hati tersebut, barulah kemudian seseorang dapat secara pro-aktif berusaha untuk memecahkannya. Bila itu merupakan masalah sangat berat, kita bisa berkonsultasi dengan terapis berpengalaman.

Fokus pada kebahagiaan, kesenangan atau kegembiraan

Tingkat kebahagiaan anda terletak pada tangan anda sendiri. Jika kamu merasa tidak bahagia, kamu tidak boleh membiarkannya berlarut-larut. Segera ambil tindakan pro-aktif untuk memperbaiki keadaan sehingga hati menjadi lebih bahagia. Caranya adalah secara aktif berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan positif dan kegiatan yang menyenangkan. Lainnya adalah menghabiskan waktu dengan teman juga keluarga.

Bergabung serta berpartisipasi dalam kelompok sosial baru sangat bermanfaat untuk memperluas lingkaran teman-teman. Mengambil sekolah atau kursus kelas malam, bergabung dalam komunitas keagamaan, atau berpartisipasi pada kelompok kegiatan-kegiatan sosial, bisa menjadi pilihan. Yang terpenting adalah kamu benar-benar menyukainya sambil berusaha untuk menjadikannya sebagai kebutuhan.

Mendengarkan musik favorit, menonton acara televisi yang disukai, melakukan kegiatan seni, pergi ke tempat-tempat yang membuat bahagia juga merupakan cara mengisi kegiatan positif. Hal-hal tersebut secara otomatis akan mempengaruhi keadaan emosional kita dan suasana hati.

Hal terpenting dari apapun yang kamu pilih, fokus lah pada hal-hal, orang-orang dan tempat-tempat yang membuat kamu merasa bahagia, bukan sebaliknya. Pada saat kamu merasa tidak atau kurang bahagia, tanggalkan semua agenda yang bisa menyusahkan hati lalu ambil semua agenda yang bisa mengembalikan hati menjadi bahagia (baca juga mengapa bahagia itu penting ?).

Cari Kesenangan Lainnya

Ikuti kegiatan olahraga misalnya senam, fitness, renang atau lainnya. Olahraga selain bagus untuk kesehatan fisik juga sangat baik untuk mengontrol tingkat emosional. Selama melakukan aktivitas fisik, tubuh melepaskan enzim endorphin yang terbukti meningkatkan rasa bahagia dan menurunkan amarah dan kesedihan dari dalam hati.

Kita juga bisa mencari dan bergabung dengan komunitas orang dengan minat, hobi dan pikiran sama. Di hampir setiap kota atau kota besar, ada kelompok-kelompok terorganisir dan orang-orang yang secara teratur bertemu untuk berbagi hobi, kegiatan dan minat atau ketertarikan. Ketertarikan pada komik atau buku, video game, seni, kerajinan, koleksi atau olahraga bisa ditemukan di kota tinggal atau diskusi-diskusi di media sosial online.

Sebagian dari anda mungkin juga bisa bergabung dengan komunitas keagamaan, berpartisipasi dalam kegiataan keagamaan pada tempat-tempat ibadah sesuai keyakinan masing-masing. Bergabung dengan kegiatan relawan sosial, kemanusiaan atau tim sar juga menjadi solusi efektif untuk mengatasi kesepian. Partisipasi anda dalam kegiatan untuk membantu sesama akan meningkatkan rasa peduli dan semangat kepedulian pada sesama. Pada akhirnya merasa dibutuhkan oleh orang lain akan menghilangkan sepi dari hati serta pikiran kita.

Mengembangkan Sikap Syukur

Lebih bersyukur untuk membuat bahagia
Bersyukur (@ http://careynieuwhof.com)

Apakah anda bersyukur atas segala sesuatu yang anda miliki dan orang-orang dalam kehidupan anda ?  Berhentilah sejenak,  luangkan waktu setiap hari untuk fokus pada rasa syukur.

Apa yang anda syukuri hari ini ? Tuliskan setidaknya satu hal baru setiap hari dalam jurnal khusus.  Jika kamu tidak ingin menuliskannya di atas kertas, maka buatlah akun media sosial baru dimana tidak ada satupun temanmu disana, lalu tulis setiap hari rasa yang kamu syukuri hari ini. Membaca catatan rasa syukur pada hal-hal kecil sekalipun, suatu ketika akan bermanfaat untuk mengembalikan kebahagiaan pada saat merasa kesepian.

Merawat Hewan Atau Tanaman

merawat hewan peliharaan untuk mengatasi kesepian
Binatang peliharaan

Hewan dan tumbuhan membawa kenikmatan nyata dalam kehidupan pemiliknya. Jika memiliki ketertarikan pada tanaman, mungkin kamu bisa memulai dengan mencoba berbagai tumbuhan hidroponik, bonsai atau yang butuh ketelitian seperti tanaman anggrek. Fokus pada belajar bagaimana memelihara dan merawat sesuatu dan menikmati hasil kerja anda dengan melihat mereka tumbuh dan berkembang membuat anda tidak lagi merasa sepi. Bahkan ini bisa menjadi awal untuk membangun hubungan dengan orang-orang yang juga memiliki minat sama dengan kita.

Apabila merasa siap untuk merawat binatang, pertimbangkan untuk membeli sebuah akuarium ikan hias atau membuat kolam budidaya ikan hias, memelihara kucing, atau bahkan anjing dalam rumah anda. Hewan selain melatih sikap peduli juga membawa kepuasan dalam hidup seseorang. Bukan hanya itu, memelihara hewan bisa memberikan persahabatan yang indah.

Jadi sobat Bisfreners, terlepas dari apakah perasaan kesepian benar-benar baru atau telah berlangsung untuk jangka waktu lama, kita sebenarnya dapat memilih cara mengatasi kesepian dengan berbagai kegiatan untuk membuat hati merasa bahagia. Demikian artikel kami semoga bermanfaat.

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait