Begini Cara Mengirim Cerita Pendek Dan Artikel Ke Redaksi Bisfren

mengirim cerita pendek naskah mengirim cerita mengirim pendek mengirim cerpen mengirim naskah mengirim artikel mengirim cerpen artikel

Bisfren Cerita Pendek. Banyaknya sobat bertanya kepada kami mengenai cara mengirim cerita pendek untuk dimuat pada situs cerita pendek bisfren membuat kami merasa perlu membuat posting ini untuk menjawab keinginan dan pertanyaan dari para sobat bisfreners ingin menyalurkan hobi maupun bakat mereka dalam menulis cerita pendek maupun artikel. Untuk Bisfreners yang ingin mengetahui cara menulis dengan baik silahkan baca dulu : cara menulis cerita pendek atau sukses menulis cerita pendek.

Cara Mengirim Cerita Pendek Dan Artikel Ke Redaksi Bisfren

Untuk menjawab pertanyaan cara mengirim cerita pendek, kami telah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan sejenis, yang pertama adalah :

Mengapa harus mengirim cerita pendek ke Bisfren

Ini adalah pertanyaan yang kebanyakan disimpan sendiri oleh penulis atau calon penulis. Mengapa harus mengirim cerita pendek kepada Bisfren sementara mereka bisa menulis sendiri pada dinding sosial media misalnya Facebook, Google+, Pinterest,  Tumblr, atau membuat sendiri blog dengan menggunakan WordPress atau Blogger.

Keputusan mengirim naskah kepada kami atau dipublikasikan sendiri melalui media sosial adalah hak penulis sepenuhnya. Akan tetapi jika penulis ingin tulisannya dibaca dan dinilai oleh banyak orang, pilihan mengirim serta mempublikasikannya di Bisfren adalah hal lebih tepat. Bisfren memiliki komunitas penggemar lebih dari 32.000 orang dan terus bertambah setiap hari. Berdasarkan statistik dari Facebook (per 31/5/2016), rata-rata posting cerita oendek di fanpage Facebook dilihat oleh 2.000 orang. Sementara untuk Google+ kami akui masih sedikit karena baru dimulai beberapa minggu lalu. Hal ini sangat berbeda apabila penulis memposting tulisan pada dinding sendiri. Ingat satu hal, “kalau dibagikan hanya kepada teman, 99% dari teman anda akan memberikan JEMPOL seberapapun kualitas tulisan anda”, sehingga jempol itu tidak menunjukkan kualitas melainkan sekedar rasa simpati persahabatan. Berbeda jika penulis mengirim kepada dan dibagikan oleh kami, orang tidak anda kenal akan membaca tulisan anda sehingga kualitas jempol lebih berarti.

Kedua, meskipun masih terbilang kecil karena keterbatasan dana, Bisfren menerapkan sistem kompetisi untuk memacu penulis terus memperbaiki karya-karya mereka. Caranya dengan memberikan penghargaan kepada penulis jika karya mereka disukai oleh banyak orang. Semakin banyak orang menyukai, semakin besar penghargaan akan mereka terima. Untuk mengetahui sistem penghargaan yang berlaku, silahkan klik disini.

Yang ketiga, bagi penulis pemula, bila mengirim cerita pendek maupun artikel, redaksi bisfren akan membantu mengedit tulisan mereka yang layak untuk ditayangkan sehingga menjadi lebih baik. Meski tidak bisa dilakukan secara penuh, setidaknya tulisan menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca. Dengan mengirim tentu saja sangat membantu penulis pemula yang sedang belajar untuk membandingkan tulisan asli mereka dengan tulisan mereka setelah disentuh oleh editor.

Yang keempat, redaksi akan menyematkan gambar-gambar ilustrasi yang menarik pada karya mereka sehingga menarik minat orang yang melihat untuk membacanya.

Siapa yang boleh mengirim naskah kepada redaksi Bisfren

Siapa saja dipersilahkan mengirimkan cerita pendek, mengirim artikel, mengirim cerpen dalam bentuk naskah ketikan elektronik dari komputer maupun HP. Jadi jangan ragu untuk mengirim naskah cerita pendek maupun mengirim artikel yang sudah ditulis kepada kami.

Jenis naskah yang bisa diterima oleh redaksi Bisfren

Jenis naskah yang bisa diterima dan dikirim kepada redaksi adalah cerita pendek, cerpen mini, artikel dan yang akan segera menyusul yaitu kelompok puisi. Semua jenis naskah tersebut boleh dikirimkan oleh siapa saja yang ingin melatih kemampuan menulis mereka sebelum masuk ke dunia publikasi atau sekedar untuk menyalurkan hobi dan bakatnya.

Untuk cerita pendek, cerpen mini dan puisi, redaksi Bisfren tidak membatasi tema. Selama tidak provokatif terhadap golongan, agama maupun kegiatan yang dilarang pemerintah, maka tulisan akan dipertimbangkan untuk dimuat.

Untuk artikel, yang bisa diterima oleh redaksi adalah artikel dengan tema :

Artikel Hubungan, baik hubungan sosial, personal maupun bisnis.
Artikel Usaha dan Budidaya
Artikel Teknologi
Artikel Pariwisata
Artikel Kesehatan

Khusus penulisan artikel, redaksi memperkenankan penulis untuk mencantumkan maksimal 1 backlink ke situs yang penulis inginkan.

Kemana naskah harus dikirimkan ?

Saat ini Bisfren belum bisa menerima kiriman naskah secara online di website. Penulis bisa mengirim cerita pendek atau artikel tulisan mereka melalui :

1) mengirim melalui email ke [email protected] di CC : [email protected] atau mengirim langsung ke [email protected], atau
2) ditulis pada inbox Facebook fanpage cerita pendek, dan
3) ditulis pada dindin tamu Facebook fanpage cerita pendek.

Penulis dipersilahkan memilih cara mengirim yang menurut mereka paling nyaman untuk mengirim naskah karya tulis mereka sendiri.

Demikian cara mengirim cerita pendek dan artikel, apabila ada pertanyaan silahkan dikirim melalui inbox Facebook fanpage, email [email protected] atau melalui Google Hangout. Semua pertanyaan akan kami respon sesegera mungkin tetapi mohon kesabarannya karena keterbatasan jumlah admin saat ini.

Salam sukses dan selamat berkarya.

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait