Mengembalikan Kepercayaan Pasangan – Cara Menjelaskan Alasan

cara menjelaskan alasan

Jika anda telah melakukan kesalahan sehingga hilangnya kepercayaan dari pasangan, biasanya dia akan meminta anda menjelaskan alasan mengapa kita melakukan kesalahan tersebut. Pasti sangat besar rasa ingin tahunya mengapa anda melakukan yang dianggapnya sebagai kesalahan. Jika anda bermaksud memperbaiki hubungan, mengembalikan kepercayaannya, maka anda perlu membaca artikel cara menjelaskan alasan kepada pasangan anda.

Cara menjelaskan alasan kepada pasangan

Bila dirinya sudah memasuki tahap ini, seharusnya kita sudah melewati tahap bertahan dengan memahami perasaan pasangan dilanjutkan dengan meminta maaf sebagaimana dijelaskan pada artikel cara efektif meminta maaf pada pasangan. Akan tetapi apabila kobaran api sudah terlanjur besar karena ketidaktahuan kita tentang dua tahap diatas, cara menjelaskan alasan kepada pasangan berikut tetap bermanfaat.

Memberikan penjelasan atas perilaku seseorang adalah penting ketika kita mencoba untuk mengembalikan kepercayaan. Pasangan kita perlu memahami mengapa hal tersebut terjadi untuk dijadikannya bahan pertimbangan karena pada kasus besar, dirinya memiliki beberapa pilihan yaitu  :

  • Mempertahankan hubungan tanpa kepercayaan
  • Mempertahankan hubungan dengan memberikan kembali kepercayaan
  • Mengakhiri hubungan

Semua pilihan diatas sangat bergantung pada alasan diberikan. Semakin alasan bisa diterima serta masuk akal baginya, semakin tinggi kemungkinan dirinya akan mempertahankan hubungan. Akan tetapi semakin tidak bisa diterima apalagi dilakukan dengan cara menjelaskan yang salah, maka semakin kecil peluang hubungan bisa dipertahankan.

Sebenarnya, setiap orang, termasuk anda dan saya, ketika dihadapkan pada posisi tersebut akan mengalami kebingungan. Sekalipun kesalahan yang dilakukan merupakan kesalahan besar seperti selingkuh misalnya, tetap saja pasangan memiliki keraguan untuk mempertahankan atau mengakhiri hubungan. Merupakan sebuah pengecualian jika dirinya memang sudah siap atau mempersiapkan diri untuk berpisah. Jadi apapun kesalahan telah kita lakukan, tetap berfikir positif karena masih ada celah untuk mempertahannya. Disinilah sebuah pengetahuan tentang cara menjelaskan alasan dibutuhkan.

Baiklah, sebelum mengetahui cara menjelaskan, ada baiknya kita mereview bagian pertama yaitu memahami perasaan pasangan serta cara meminta maaf. Kalau belum, tenangkan hati kita, lalu lakukanlah sampai pasangan benar-benar siap menerima penjelasan (jika perlu baca juga cara minta maaf pada pacar).

Penentuan Waktu

Hal pertama mengenai cara menjelaskan alasan adalah masalah penentuan waktu. Seringkali orang bila tertangkap basah melakukan kesalahan akan memberi penjelasan tanpa diminta. Hal tersebut naluriah, spontan dilakukan untuk membela diri. Padahal sebuah alasan tidak masuk akal sekalipun akan lebih bisa diterima kalau pemberi alasan melakukannya saat diminta oleh pasangan setelah hatinya mulai tenang serta bisa berfikir lebih jernih.

Tags : Kumpulan menjelaskan alasan cerpen motivasi status menjelaskan cerpen remaja alasan kisah menjelaskan kumpulan manfaat ikan hias huawei blueberry menjelaskan alasan cerpen sedih inspiratif alasan status menjelaskan cerpen cerpen misteri. motorolla inspirasi manfaat gojiberry.

Penentuan Tempat

Kedua adalah tentang tempat. Sebelum menentukan cara menjelaskan semua alasan akan disampaikan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tempat dimana kita akan memberi penjelasan. Tidak banyak orang menyadari hal ini terutama pada kejadian mendadak tertangkap tangan. Itu sebabnya perlu dimengerti dahulu bagian pertama serta kedua artikel sebelum masuk bagian cara menjelaskan ini.

Tags : cara menjelaskan inspirasi kumpulan cara alasan misteri pendek cara cerpen sedih remaja kisah cerpen sedih. cara kumpulan ikan hias menjelaskan inspiratif cara menjelaskan inspirasi cerpen pendek alasan sedih motivasi nokia cara menjelaskan remaja kisah sedih inspiratif status cerpen usaha kumpulan.

Maksud serta tujuan

Cara menjelaskan ketiga adalah maksud serta tujuan. Apabila maksud serta tujuan utama kita mempertahankan hubungan, hal terpenting sebelum menjelaskan alasan adalah pengakuan salah diikuti permintaaan maaf secara tulus. Pastikan dirinya memberi sinyal menerima permintaan maaf walau belum secara eksplisit diucapkan atau diperlihatkan. Tanpa pengakuan salah, memberi penjelasan hanya akan memancing perdebatan dan perseteruan lebih besar (baca juga : bila merasa kesepian).

Tags : Lenovo cara sedih alasan inspiratif pendek status cara cerpen alasan cerpen inspirasi pendek kumpulan. cerita misteri cara manfaat ikan hias cara status alasan pendek cerpen sedih lg remaja cara cerpen kisah sedih cerpen inspiratif sony.

Fokus pada perasaan

Hal keempat harus dipahami sebagai cara menjelaskan adalah bahwa penjelasan akan bekerja baik jika disampaikan dengan cara konstruktif. Alasan harus fokus pada sesuatu yang mendasari sehingga suatu kesalahan terjadi tanpa menyalahkan pasangan atas perbuatan kita (baca juga : cara move on).

Sebagai contoh, ketika anda tertangkap basah sedang berselingkuh, fokuslah pada perasaan mengapa anda melakukan itu misalnya, “Saya merasa terabaikan, kesepian, … dan lain-lain”. Bukan dengan kalimat misalnya “Kamu lebih memperhatikan anak-anak dibanding saya”, “kamu sudah tidak mampu …” atau kalimat lain melibatkan dirinya secara langsung. Meskipun artinya sama perkataan “saya merasa terabaikan” lebih baik dibanding “Kamu lebih memperhatikan anak” karena 1) subyeknya adalah diri kita sendiri dan ke 2) predikatnya adalah perasaan. Penjelasan dengan fokus pada perasaan seperti itu lebih bekerja dengan baik karena kalimat seperti itu lebih mudah didengar, dipahami serta diterima.

Demikian penjelasan mengenai cara menjelaskan alasan, semoga bermanfaat bagi Bisfreners guna menjalin kembali hubungan romantis. Setelah memasuki tahap ini, silahkan baca bagian selanjutnya : Bagaimana mengucap janji untuk mengembalikan kepercayaan atau baca bagian pertama : Cara membangun kembali kepercayaan untuk menjalin hubungan romantis.

Dibagikan

Penulis :

You may also like