Cara terbaik tuk melupakan

motivasi diri cara terbaik tuk melupakan

Sebuah opini catatan pribadi penulis setelah membaca buku harian masa lalunya. Tulisan ini baik untuk dijadikan motivasi diri bagi sobat pembaca yang masih belum bisa menerima kejadian hidup maupun belum bisa move on dari berbagai peristiwa yang terjadi atau dialami dalam hidupnya. Yuk simak selengkapnya.

Aku dan pola pikirku yang dulu

Ini semua terlalu berlebihan. Aku harus berhenti berpikir bahwa aku bukanlah seorang pesulap, dunia ini bukan dunia sihir yang bisa dengan gampangnya menghilangkan ingatan seseorang dengan hanya mengucapkan “obliviate.”

Dunia ini juga bukan seperti film Eternal Sunshine of The Spotless Mind, di mana film tersebut menceritakan proses “menghapuskan” seseorang (yang pernah spesial) dalam memori kita. Tanpa ada bekas satu kenangan pun (baca juga : motivasi diri tentang rasa takut).

Entah mana yang kejam, dunia ini atau film-film penuh dengan kemustahilan itu? Atau bahkan pikiranku sendiri? Yang membiarkan diri ini mengingat semua masa lalu itu, kenangan-kenangan buruk, kejadian-kejadian yang hanya menyebabkan keterpurukan dalam diri. Aku tak pernah bisa mengendalikan pikiranku jika sudah mengingat masa lalu, segala hal yang berada di masa lalu hanya menyimpan penyesalan panjang yang aku tak tahu sampai kapan harus kubawanya.

Kata-kata yang tak terucap. Perasaan yang tak tersampaikan. Kesalahpahaman. Ketakutan untuk melangkah. Keteledoran diri. Waktu yang telah terbuang sia-sia. Kesalahan bertingkah. Ketidaksiapan mental dan hati.

Aku merasa malu dengan diriku sendiri

Belum lagi orang-orang itu. Mereka yang datang dan pergi. Mereka yang menemani kemudian meninggalkan. Mereka yang berjanji kemudian mengingkari. Mereka yang mengatakan cinta kemudian menghilang tanpa jejak. Entah, mungkin bumi menelan mereka.

Dan lagi-lagi, aku merasa malu dengan diriku sendiri

Bagaimana bisa aku membiarkan diriku bertingkah sebodoh itu? Lihatlah, sekarang yang tersisa hanya penyesalan tak berujung. Bagaimana bisa aku membiarkan orang-orang seperti itu masuk ke kehidupanku? Lihatlah, sekarang yang tersisa hanya kenangan yang tidak indah lagi untuk dikenang, dan beberapa barang pemberian (hadiah) dari mereka yang setiap kali aku melihatnya, hanya akan membawaku semakin terjebak dalam kenangan (motivasi diri tentang kenangan tetap abadi).

Harus aku apakan pikiran-pikiran ini dan bagaimana caraku untuk benar-benar bebas dari bayang masa lalu? Orang-orang dengan enaknya berkata, “kau akan terbiasa. Ini tidak akan lama. Kau akan baik-baik saja.” Terbiasa? Pikiran ini selalu hadir setiap saat tapi aku tak pernah terbiasa dengan itu. Dan tidak akan lama itu berapa lama? Tiga hari? 12 bulan? 36 bulan? Dan, kalimat terakhir, mereka bilang apa? Baik-baik saja? Hah. Tunggu sampai mereka merasakannya. Tidak akan pernah lagi ada kata “baik-baik saja” dalam kamus mereka.

Tidak ada henti-hentinya aku bertanya pada Tuhan, setiap malam dalam tiap bulan, “Apa yang harus kulakukan dengan diriku? Bagaimana cara terbaik untuk benar-benar melupakan masa lalu ?

Motivasi Diri – Aku dan pola pikirku sekarang

Aku hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala sambil tertawa kecil saat membaca buku diary-ku ketika dulu.

Ketika aku merasa bahwa hidup ini sangat sulit dan masa lalu yang selalu ingin kuhindarkan. Sekarang aku telah dewasa dan aku mulai mengerti. Adalah masa lalu yang membuat diriku paham dengan maksud hidup ini. Adalah masa lalu yang bisa membangun diriku menjadi kuat seperti ini. Adalah masa lalu yang mengajarkanku bahwa kesalahan bukanlah hal memalukan yang mengandung penyesalan.

Quotes kata bijak motivasi diri : Kesalahan bukan selalu hal memalukan yang mengandung penyesalan

gambar status motivasi diri kesalahan bukan selalu hal memalukan yang mengandung penyesalan
Berbuat salah itu manusiawi

Dan, apa yang kutulis di diary-ku dulu? Bagaimana cara terbaik melupakan masa lalu? Aku benar-benar tak habis pikir dengan pola pikirku saat itu. Tidak akan ada dan tidak akan pernah ada cara untuk melupakan masa lalu. Cara baik, cara buruk—cara apapun itu, tidak akan pernah bisa untuk menghapus ataupun melupakan masa lalu. Untuk apa? Aku yakin setiap manusia yang berada di bumi ini pasti pernah mempunyai masa lalu yang tidak enak untuk dikenang. Dan melupakan bukanlah cara yang seharusnya apalagi membanggakan (baca motivasi diri : jangan membanggakan keburukan masa lalu).

Quotes kata bijak : Setiap manusia pasti mempunyai masa lalu yang tidak enak untuk dikenang

quotes gambar status motivasi diri setiap orang punya masa lalu tidak enak untuk dikenang
Abaikan saja masa lalu, semua orang punya masa lalu

Menerima dan Berdamai. Itulah cara yang seharusnya.

Menerima bahwa segala sesuatu yang terjadi di masa lalu adalah bagian dari hidup kita, terlepas itu terkenang baik atau buruk. Bahwa masa lalu itu ada agar kita belajar. Agar kita dewasa. Aku tidak akan mengatakan betapa sulitnya menerima, apalagi berdamai dengan masa lalu—apalagi yang menyakitkan. Aku yakin pasti beberapa sudah muak dengan omongan-omongan seperti itu. Aku hanya ingin mengatakan, berhentilah meratapi masa lalu yang jelas-jelas sudah berlalu dan tak akan terulang lagi. Berhentilah menyalahkan diri sendiri ataupun orang lain atas kejadian di masa tersebut. Berhentilah menjauhi tempat-tempat yang akan membawa kenangan tentang masa lalu itu, ataupun menjauhi orang-orang yang pernah berperan penting di masa itu. Berhentilah berlari dari hal yang bahkan tak bisa mengejarmu namun tak bisa lepas darimu.

Quotes motivasi diri dari kata bijak : Berdamai dengan kesalahan adalah cara melupakan kesalahan masa lalu

quotes motivasi hidup berdamai dengan kesalahan masa lalu
Damai aja yuk

Aduh, sekali lagi, aku tak bisa menahan tawa melihat ­tulisan ceker ayam ku di diary yang sudah kusam tersebut. Benarkah itu tulisanku? Benarkah dulu aku sebegitu menyedihkannya mencari cara untuk melupakan masa lalu? Sepertinya itu benar. Tetapi, lihat aku sekarang, aku masih bisa tersenyum. Masih bisa bahagia. Sekarang aku sadar bahwa hidup ini hanyalah sebuah pergantian emosi kita, dari sedih ke bahagia, pun sebaliknya. Masa lalu, masa sekarang, dan masa depan adalah kepingan-kepingan puzzle kehidupanku yang mana jika tidak ada salah satu dari mereka, tentu saja akan terasa tidak sempurna. Terasa ada yang kurang. Jadi untuk sekarang, pun seterusnya, aku akan mencoba menerimanya dengan lapang. Dengan ikhlas. Hidup hanya sekali, sangat disayangkan jika aku menghabiskannya dengan rasa sesal.

Dibagikan

Penggila Jakhansa

Penulis :

Artikel terkait