Mana Lebih Sehat, Daging Bebek Atau Ayam ?

daging bebek VS daging ayam

Daging Bebek merupakan makanan populer di Cina serta negara-negara lainnya di Asia Tenggara dimana setiap keluarga masih memiliki halaman serta kolam sendiri seperti di pedesaan. Di Eropa serta Amerika, mayoritas Daging Bebek bisa ditemukan di restoran – restoran Cina meskipun kini bisa juga ditemukan pada beberapa restoran lainnya di pemukiman yang penduduknya campuran. Di Indonesia, Telur itik sudah sejak lama menjadi konsumsi penduduk terutama untuk dijadikan Telur asin. Sedangkan konsumsi Daging Bebek di Indonesia mulai menjadi populer dan merambah restoran – restoran di kota – kota besar pada era tahun 2000an.

Apakah Daging Bebek lebih sehat dibanding Ayam ?

Aneka resep olahan Daging Bebek bergaya modern maupun tradisional kini bisa dijumpai di restoran kecil maupun besar. Memakan Daging Bebek bagi sebagian orang sudah seperti sebuah pilihan setelah daging sapi, kambing dan Ayam.

Saya pernah bertemu dengan seorang teman yang sedemikian suka pada Daging Itik sehingga nyaris tidak pernah memilih menu lain apabila pada tempat dimana dia makan terdapat pilihan menu itik.

Meskipun demikian mengolah itik menjadi makanan tidak bisa dikatakan sederhana, karena itik memiliki daging, yang bagi sebagian orang dirasakan, anyir serta lebih keras dibanding daging Ayam.

Akan tetapi bukan hal tersebut ingin kita bahas melainkan pertanyaan “Apakah Bebek makanan sehat ?”. “Bagaimana Telur bebek bila dibandingkan dengan Telur Ayam ?”. Baiklah untuk menjawab hal tersebut kami coba rangkum beberapa pendapat mengenai manfaat kesehatan daging Bebek dari berbagai situs dalam maupun luar negeri.

Apakah Daging Itik makanan sehat ?

Bebek diketahui memiliki kadar lemak jenuh serta kolesterol lebih tinggi dibandingkan unggas lainnya seperti Ayam dan kalkun. Dari beberapa laman kesehatan disebutkan bahwa hasil penelitian menunjukan bahwa itik memiliki kandungan lemak jenuh 9,5% dan mengandung kolesterol kurang dari 0,1%.

Fakta tersebut menunjukan bahwa benar kandungan lemak jenuh Daging Itik lebih tinggi daripada Ayam (5,9%), akan tetapi masih memiliki tingkat kandungan kolesterol sama dengan Ayam. Perbedaannya adalah, kandungan kolesterol Ayam lebih banyak terdapat pada kulitnya sementara kolesterol bebek lebih tinggi pada dagingnya. Sehingga bisa dikatakan kalau anda mengkonsumsi Daging Bebek, maka kolesterol tersebut mau tidak mau akan masuk ke dalam tubuh. Sementara pemakan Ayam dapat menghindarinya dengan cara membuang kulitnya.

Kandungan lemak Omega 3 yang menyehatkan tubuh pada bebek ternyata setara dengan daging Ayam yaitu 0,3 %. Akan tetapi kandungan Vitamin B3 (Niacin), Selenium, Zat besi, serta  mineral lainnya pada Itik ditemukan memiliki angka lebih baik dibanding unggas lainnya.

Apakah daging bebek lebih baik bagi kesehatan ? Sebagaimana dinyatakan oleh sebagian ahli kesehatan kolesterol dan lemak jenuh dalam makanan bukan merupakan isyu besar penyebab utama masalah kesehatan jantung yang serius. Kolesterol dari makanan jarang meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Lemak jenuh memang berpotensi meningkatkan kolesterol dalam darah akan tetapi belum bisa dikaitkan secara langsung dengan penyakit jantung meskipun sebagian orang dan ahli meyakininya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Bebek atau Itik dan Ayam merupakan sama – sama makanan sehat sebagai pilihan bagi orang pemakan daging. Mereka mengandung Protein, Vitamin serta Mineral dalam dosis untuk menyehatkan tubuh pemakannya setiap hari. Akan tetapi bagi orang – orang yang memiliki resiko tinggi terhadap penyakit jantung atau sudah di vonis menderita penyakit jantung dan pembuluh darah, sebaiknya mengkonsumsi daging unggas apapun harus dilakukan secara Bijak dengan mengikuti petunjuk dokter.

Dan satu hal harus diperhatikan adalah, Bebek umumnya diolah dengan menggunakan lebih banyak gula, garam, monosodium glutamat dalam kadar lebih tinggi dibanding Ayam. Apabila dimasak sendiri tentunya kita bisa mengontrolnya, namun kita tak bisa mengawasi bila mengkonsumsi Itik di rumah – rumah makan.  Pilihlah rumah makan tradisional yang mengutamakan kelezatan rasa asli Daging Itik ditambah sambal untuk mendapatkan daging sehat bebas dari penyakit unggas.

Bagaimana Telur Itik bila dibandingkan dengan Telur Ayam ?

Telur Bebek memiliki ukuran lebih besar dengan cangkang lebih tebal dibanding Telur Ayam.  Kuning Telur itik juga lebih besar dibanding Ayam. Hal tersebut memperlihatkan kandungan gizi Telur Itik lebih baik dibanding Ayam karena kuning Telur mengandung sebagian besar Vitamin, Mineral, dan Lemak Esensial untuk menopang calon mahluk hidup di dalamnya.

Warna kuning oranye pada Telur Bebek menunjukan adanya kandungan Karotenoid seperti Beta-Karoten Prekursor Vitamin A dan karotenoid lain seperti Lutein dan Zeaxanthin yang membantu menjaga kesehatan mata untuk mencegah Degenerasi Makula, yaitu salah satu penyakit penyebab kehilangan penglihatan pada usia tua.

Akan tetapi sama halnya seperti Ayam, cara Itik dipelihara mempengaruhi kualitas Telurnya. Telur Itik dari peternakan tidak akan lebih sehat dibanding Telur Itik yang dipelihara secara alami di alam bebas.

Jadi lebih baik Telur Bebek atau Telur Ayam ?

Bila diukur dari segi kuantitas kandungan gizi, dari ukurannya secara teori sudah terlihat bahwa kandungan gizi Telur Itik lebih baik dibanding Telur Ayam. Akan tetapi, sekali lagi, cara pemeliharaan serta konsumsi pakan sangat menentukan kualitas sebenarnya. Telur Ayam Kampung yang dipelihara dengan cara dilepas belum tentu kurang baik dibanding Bebek apabila budidaya itik dilakukan di peternakan. Oleh karena itu untuk menentukan lebih baik dari keduanya berikut adalah paparan yang didasarkan pada dua kondisi pemeliharaan serta konsumsi pakan yang sama.

Apakah telur bebek lebih baik dari telur ayam ? Berikut adalah perbandingan mana lebih unggul, Telur bebek atau Telur Ayam :

  • Telur Bebek memiliki nutrisi 2 x lebih banyak dibanding Telur Ayam.
  • Cangkang Telur Itik juga lebih tebal dibanding Ayam sehingga dia dapat disimpan lebih lama
  • Telur Itik lebih banyak memiliki kandungan Albumin
  • Telur Bebek juga diketahui memiliki lebih banyak kandungan Asam Lemak Omega 3 untuk meningkatkan jantung, pembuluh darah, dan otak.
  • Telur Bebek memiliki Alkali untuk menekan pertumbuhan sel – sel kanker
  • Telur Itik memberikan energi  185 KCal atau lebih besar 34 KCal dibanding Telur Ayam

Apakah Telur Itik lebih berbahaya dibanding Telur Ayam ?

Telur Itik mengandung lebih banyak kolesterol dibanding Telur Ayam, meski masih dipermasalahkan hubungan langsung antara kolesterol dalam makanan dengan kolesterol dalam darah manusia, hal tersebut membuat para ahli tidak merekomendasikan konsumsi Telur bebek bagi para penderita penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

You may also like