Mana Lebih Menguntungkan Deposito Atau Tabungan ?

deposito lebih menguntungkan

Deposito merupakan salah satu pilihan investasi paling aman dibanding investasi lain meskipun deposito memberikan hasil lebih rendah dibanding bentuk lain misalnya saham, reksadana dan obligasi. Meskipun hasil lebih rendah, deposito merupakan cara aman untuk menginvestasikan uang. Mengapa demikian ? karena deposito dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan. Jaminan tersebut membuat uang menjadi lebih aman untuk disimpan pada Bank. Lalu bagaimana dengan Tabungan ? apakah Deposito lebih menguntungkan dibanding Tabungan atau sebaliknya Tabungan lebih menguntungkan dibanding Deposito ?

Deposito lebih menguntungkan dibanding Tabungan

Sebagian orang mungkin beranggapan investasi deposito memberi keuntungan sangat minim sehingga tidak terlalu menarik. Sebagian mungkin melihatnya sama saja seperti tabungan namun memiliki jangka waktu. Padahal berinvestasi dalam bentuk deposito sangat rendah risiko namun kita tetap meraih keuntungan.

Bila dibandingkan dengan tabungan, sebenarnya deposito memiliki lebih banyak keuntungan tersendiri. Apalagi sejak beberapa tahun terakhir, sistem deposito sudah sangat dimudahkan diantaranya dengan Automatic Roll Over, Suku Bunga menarik, Jangka Waktu Fleksibel serta banyak lagi kemudahan lainnya.

Selain aman, keuntungan dari investasi dalam bentuk deposito bisa berlipat-lipat apabila bunga secara otomatis diinvestasikan kembali. Dalam sistem deposito konvensional, normalnya bunga akan dihitung pada akhir periode. Akan tetapi pada sistem deposito sekarang ini, banyak bank menawarkan bunga dibayar dimuka sehingga bunga hasil investasi langsung dapat digunakan atau diinvestasikan kembali.

Melakukan investasi deposito juga sangat mudah, bisa dilakukan kapan saja layaknya anda membuka rekening Tabungan. Untuk membuka rekening deposito mirip dengan membuka tabungan.  Kita tinggal datang ke bank, mengisi formulir lalu menyetorkan sejumlah uang sesuai besar investasi yang diinginkan. Perbedaannya adalah pada deposito kita tidak menerima buku tabungan melainkan selembar kertas Deposito. Apa saja kelebihannya ?

Suku bunga deposito relatif lebih tinggi dibanding suku bunga tabungan

Semua bank menawarkan suku bunga deposito lebih tinggi dibanding suku bunga tabungan. Mengapa demikian karena bank merasa lebih aman untuk menginvestasikan kembali uang deposito dibanding tabungan. Hal tersebut dikarenakan deposito memiliki jangka waktu, investor tidak bisa melakukan pencairan sebelum jangka waktu tenor berakhir  misalnya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan seterusnya.

Hampir semua bank membayar bunga deposito di muka

Berbeda dengan tabungan yang menghitung bunga sesuai saldo harian lalu membayarnya pada akhir bulan buku, saat ini hampir semua bank menawarkan pembayaran bunga dimuka saat deposan membuka rekening Deposito. Hal tersebut dapat dilakukan karena bank menganggap saldo tidak akan berkurang atau bertambah hingga akhir periode tenor.

Dengan menerima bunga hasil investasi dimuka, deposan dapat memanfaatkannya untuk keperluan lain, mendepositokannya kembali, atau menyimpannya ke dalam tabungan. Konsekuensi dari pembayaran bunga dimuka adalah, apabila karena sesuatu hal deposan terpaksa harus menutup rekeningnya sebelum jatuh tempo, maka dia akan dikenakan penalti yang besarnya sudah ditentukan pada saat membuka rekening deposito.

Deposito merupakan pilihan investasi paling aman

Tidak perlu merasa takut akan rugi apabila melakukan investasi dalam bentuk deposito karena dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga 2 milyar rupiah. Dibanding investasi dalam bentuk properti, reksadana, obligasi, valas, investasi emas, apalagi berkebun emas deposito sangat aman. Dan hal terpenting adalah, suku bunga deposito tidak akan berubah meskipun terjadi pergolakan pasar maupun kondisi ekonomi maupun politik.

Syarat membuka rekening deposito mudah

Investasi deposito bisa dilakukan dengan cepat karena tidak membutuhkan syarat – syarat administratif yang menyulitkan. Nasabah cukup datang ke bank, mengisi formulir, lalu menyerahkan uang yang akan didepositokan. Kelengkapan lain cukup membawa kartu identitas yang masih berlaku.

Deposito memberikan banyak pilihan jangka waktu

Simpanan deposito bisa dipilih periode tenornya dalam berbagai jangka waktu. Biasanya pilihan tersedia adalah 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, sampai 24 bulan.  Dengan pilihan – pilihan tersebut, nasabah dapat menyesuaikan kebutuhan dengan jangka waktu investasi.

Rekening deposito tidak dikenakan biaya administrasi bulanan

Berbeda dengan tabungan yang dikenakan biaya administrasi setiap bulan, deposito bebas biaya administrasi sama sekali. Sehingga saat akhir periode tenor, uang investasi akan kembali utuh sebagaimana saat di investasikan atau ditambah bunga jika bunga tidak dibayar dimuka.

Sebagian bank menawarkan bunga bersih tidak dipotong pajak

Keuntungan menarik lainnya dari deposito adalah, sebagian bank kini menawarkan suku bunga sudah bersih, tidak dipotong pajak. Dalam hal ini sebenarnya bank memberikan bunga lebih besar yang di gross up dari bunga kesepakatan dengan deposan. Jadi bukan tidak kena pajak melainkan pajak atas bunga sudah ditanggung oleh bank.

Nah sobat Bisfreners, setelah mengetahui berbagai keuntungan deposito diatas, tentunya sobat dapat mempertimbangkan sendiri mau diinvestasikan kemana uang anda. Salam sukses

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait