Diabetes Retinopati Penyakit Mata Akibat Diabetes Penyebab Buta

Diabetes Retinopati Penyakit Mata Akibat Diabetes Bisa Menyebabkan Buta

Penyakit diabetes retinopati merupakan salah satu dari kondisi mata yang dipengaruhi oleh penyakit diabetes yaitu : diabetes makula edema (DME), diabetes retinopati, katarak, dan glaukoma. Semua bentuk penyakit mata diabetes memiliki potensi bisa menyebabkan orang kehilangan penglihatan yang parah dan kebutaan.

Diabetes retinopati adalah kondisi terjadinya perubahan pembuluh darah retina yang dapat menyebabkan perdarahan atau kebocoran cairan sehingga mengganggu penglihatan. Penyakit ini adalah penyebab paling utama atas kehilangan penglihatan orang dengan diabetes dan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa usia produktif. Sementara DME merupakan konsekuensi dari diabetes retinopati (diabetic retinopathy) yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada daerah retina yang disebut makula.

Menjaga kadar gula pada penderita diabetes – meminum obat yang diresepkan, tetap aktif secara fisik, dan menjaga kesehatan serta diet – dapat mencegah atau menunda terjadinya kehilangan penglihatan.

Karena diabetes retinopati sering terjadi tanpa disadari hingga akhirnya terjadi kehilangan penglihatan, penderita diabetes harus mendapat pemeriksaan mata setidaknya sekali dalam setahun.

Deteksi dini, pengobatan tepat waktu, dan perawatan tindak lanjut yang tepat dari penyakit mata akibat diabetes dapat melindungi penderita diabetes dari kehilangan penglihatan. Diabetic retinopathy bisa diobati dengan satu terapi, beberapa terapi, atau kombinasi beberapa terapi.

diabetes retinopatiPenyakit Mata Akibat Diabetes

Penyakit mata diabetes retinopati dapat mempengaruhi retina, makula, lensa dan saraf optik. Penyakit mata diabetes adalah sekelompok kondisi mata yang dapat mempengaruhi orang-orang dengan diabetes.

Diabetes retinopati mempengaruhi pembuluh darah pada jaringan peka cahaya yang disebut retina yang melapisi bagian belakang mata. Ini adalah penyebab paling umum kehilangan penglihatan di antara orang dengan diabetes dan penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan pada orang dewasa usia kerja.

Edema makula diabetes (DME) merupakan konsekuensi dari retinopati diabetik, DME adalah pembengkakan di daerah retina yang disebut makula. Baca juga : penyebab diabetes retinopati.

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata. Orang dewasa dengan diabetes memiliki resiko 2 – 5 kali lebih tinggi untuk menderita katarak dibandingkan dengan orang tanpa diabetes. Katarak juga cenderung berkembang di usia dini pada penderita diabetes.

Glaukoma adalah penyakit yang merusak syaraf optik yang menghubungkan mata ke otak. Beberapa jenis glaukoma berhubungan dengan tekanan tinggi di dalam mata. Pada orang dewasa, diabetes melipat gandakan resiko terkena glaukoma.

Gejala diabetes retinopati

pandangan penderita diabetes retinopati

Gambar diatas memperlihatkan apa yang dilihat oleh orang dengan penglihatan normal (kiri) dan penderita diabetes retinopati berat (kanan). Bintik-bintik mengambang akibat perdarahan membutuhkan terapi yang tepat. Gambar kabur akan semakin kabur bila dilihat oleh penderita DME. Baca : pengobatan dan pencegahan diabetes retinopati.

Pada tahap awal, diabetes retinopati biasanya tidak memiliki gejala. Penyakit ini sering berkembang tanpa diketahui sampai mempengaruhi penglihatan. Pendarahan pada pembuluh darah retina yang abnormal dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam mengambang.

Bintik-bintik ini kadang-kadang jelas kadang samar. Tanpa pengobatan yang tepat, perdarahan yang sering berulang meningkatkan risiko kehilangan penglihatan permanen. Apabila DME terjadi, dia menyebabkan penglihatan kabur. Baca juga :

==========
Demikian artikel kesehatan tentang Diabetes Retinopati, semoga bermanfaat. Kami sangat berterima kasih jika anda mau membagikan artikel ini melalui facebook, twitter, google+ dan pinterest dengan mengklik ikon-ikon dibawah atau baca artikel kesehatan kami lainnya.

 

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait