Kata Mutiara Bijak Tentang Karma Ditepuk Air Di Dulang Terpercik Muka Sendiri

kata mutiara bijak peribahasa ditepuk air di dulang terpercik muka sendiri

Kata mutiara bijak diambil dari pepatah tentang karma, arti peribahasa ditepuk air di dulang terpercik muka sendiri, merupakan untaian kalimat sering diucapkan orang tua maupun guru-guru kita guna memberi pesan penuh makna untuk tidak melakukan hal-hal buruk karena bisa merugikan diri sendiri pada kemudian hari. Quotes kata mutiara bijak berupa pepatah atau peribahasa tersebut kami sajikan juga dalam bentuk gambar status foto profil aplikasi Whatsapp, BBM, dan Line untuk dipergunakan secara bebas.

Arti Kata Mutiara Ditepuk Air Di Dulang Terpercik Muka Sendiri

Sama kita ketahui kalimat sebagaimana disebutkan diatas merupakan peribahasa sangat akrab di telinga karena sudah disampaikan oleh para orang tua maupun guru pelajaran Bahasa Indonesia saat kita masih duduk pada Sekolah Dasar (SD) bahkan disinggung pada awal pelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Diambil dari kamus Bahasa Indonesia, arti kata mutiara ditepuk air di dulang terpercik muka sendiri adalah : 1) Apabila seseorang melakukan suatu perbuatan jahat, maka hal tersebut akan terkena kembali kepada dirinya sendiri, atau 2) Seseorang melakukan perbuatan yang mempermalukan dirinya sendiri.

Pada pengertian pertama, peribahasa tersebut memperingatkan kita agar tidak melakukan perbuatan buruk menurut hukum atau hubungan sosial karena segala perbuatan pada akhirnya akan merugikan dirinya sendiri atau berbalik menimpa dirinya sendiri sebagaimana yang dimengerti oleh sebagian orang sebagai Karma, meskipun pengertian karma dalam budaya Hindu adalah balasan atas kejadian yang pernah dilakukannya pada kehidupan sebelumnya.

Pada pengertian kedua, kata mutiara bijak ditepuk air di dulang terpecik muka sendiri, digunakan untuk mengibaratkan seseorang yang melakukan atau mengatakan sesuatu namun disadari atau tidak disadarinya sebenarnya telah membuka aib nya sendiri. Misalnya saat seorang menghina orang lain dengan kalimat-kalimat buruk untuk menyakiti hati, bisa jadi tanpa disadari dia menghina orang tersebut dengan kondisi dirinya sendiri. Kalimat, misalnya, “Jelek lu !”, mungkin lebih tepat untuk dirinya, bukan orang dihinanya. Selain itu, ketika seorang memperlakukan atau berkata buruk pada orang lain, dirinya memperlihatkan pada siapapun ada disana bahwa dirinya memiliki perilaku buruk suka menghina atau memperlakukan orang tidak semestinya.

Saat seseorang menceritakan sebuah cerita tentang keburukan orang, sebenarnya dia sendiri sedang memperlihatkan pada orang bahwa dirinya memiliki perilaku buruk suka menggunjing atau memfitnah orang lain. Cerita jelek apapun keluar dari mulut kita hanya akan memperlihatkan siapa diri kita sebenarnya dihadapan pendengar. Dalam agama Islam, perlakuan seperti ini dilarang tegas dalam kitab suci Al-Quran sebagaimana ayat berikut :

“Wahai orang-orang beriman. Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diperolokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan jangan pula wanita (mengolok-olokkan) perempuan lain, (karena) boleh jadi wanita (yang diperolok) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain, dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim” (QS. Al-Hujurat:11).

Ditepuk air di dulang, terpercik muka sendiri

Berpendapat atau beropini dengan dasar lemah hanya memperlihatkan kebodohan

Contoh lain adalah, saat saya mengeluarkan pendapat atau menyerang pendapat orang lain tanpa diikuti dengan pengetahuan akan hal tersebut secara mendalam hanya akan memperlihatkan bahwa diri saya lemah juga bodoh. Hal seperti ini hanya akan memberi kesan bahwa saya seorang “penyerang”, selalu berusaha menghancurkan pendapat orang meski tidak memiliki pengetahuan cukup.

Gambar status quotes kata mutiara bijak dari peribahasa ditepuk air di dulang terpercik muka sendiri

Sobat Bisfreners, apabila sobat membutuhkan gambar status kata bijak untuk dipasang sebagai foto profil – aplikasi Whatsapp, BBM, maupun Line, – berikut kami sajikan gambar status untuk digunakan secara bebas, sebagai pengingat atau motivasi bagi diri kita sendiri atau teman agar tidak berlaku atau berkata buruk yang bisa merugikan diri sendiri.

Gambar status kata mutiara bijak peribahasa ditepuk air di dulang terpercik wajah sendiri
Terpercik muka sendiri

 

Dibagikan

Eirjaf Aedara

Penulis :

You may also like