Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Meningkatkan Daya Ingat, Syaraf Otak Dan Kesehatan Mata

Ginkgo Biloba Suplemen Untuk Meningkatkan Daya Ingat Syaraf Otak dan kesehatan mata

Sejak ribuan tahun, daun dari pohon Ginkgo biloba telah digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan Cina. Di Amerika Serikat, tumbuhan ginkgo biloba inipun banyak di jual dalam bentuk suplemen dan digunakan sebagai untuk meningkatkan daya ingat, mencegah store, mengobati stroke, mempertajam penglihatan, dan memperbaiki sistem syaraf otak.

Ginkgo Biloba obat herbal meningkatkan daya ingat, syaraf otak dan mata

khasiat Ginkgo Biloba obat herbal meningkatkan daya ingat, syaraf otak dan mata
Ginkgo Biloba Herbal (@TajPharma)

Ginkgo meningkatkan aliran darah ke otak dan bertindak sebagai antioksidan. Efek ini dimanfaatkan kalangan medis untuk mengatasi masalah tertentu tetapi tentu saja di kombinasikan dengan bahan tertentu, atau dengan kata lain telah dicampur dengan berbagai bahan kimia dan diproses dengan baik.

Berbagai studi telah menemukan bahwa pada orang sehat ginkgo secara sederhana meningkatkan daya ingat dan kecepatan kognitif. Ginkgo bahkan telah menunjukkan bahwa zat yang dikandungnya bisa membantu masalah daya ingat yang disebabkan oleh demensia atau penyakit Alzheimer. Tetapi tampaknya ginkgo tidak bisa membantu untuk mencegah demensia atau Alzheimer bila penyakit tersebut disebabkan oleh penyakit vaskular aterosklerotik.

Ada bukti yang baik bahwa ginkgo mampu mengurangi rasa sakit pada kaki yang disebabkan oleh penyumbatan arteri (baca : penyakit gout). Hal ini juga dapat membantu dengan beberapa masalah sirkulasi lainnya. Selain itu, ginkgo dapat meringankan gejala nyeri payudara dan perubahan mood pada manusia paruh baya.

Menurut penelitian, ginkgo biloba juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan bisa menyembuhkan beberapa penyakit pada mata. Aliran darah yang lancar pada syaraf mata membuat mata menjadi lebih sehat serta membuat mata lebih tahan terhadap serangan penyakit katarak. Par aahli juga mengatakan, ginkgo efektif untuk mengatasi glaukoma jika dikonsumsi antara 100 – 200 miligram sehari.

Berapa banyak ginkgo harus anda minum ?

Tidak ada dosis standar suplemen ginkgo biloba. Namun, dalam penelitian medis, hampir semua uji klinis telah menggunakan ekstrak standar ginkgo biloba, standar untuk 24% glikosida flavon dan terpene 6% lakton. Dosis umum pada orang dengan demensia adalah 40 miligram ekstrak sebanyak tiga kali sehari. Untuk meningkatkan fungsi kognitif pada orang sehat, penelitian telah digunakan antara 120 miligram sampai 1000 miligram ekstrak setiap hari.

Apapun alasan anda mengkonsumsi ginkgo, para ahli menyarankan untuk menggunakan ginkgo dengan dosis 500 mg per hari terlebih dahulu selama 1 minggu, kemudian bisa ditingkatkan hingga 1000 mg per hari.

Manfaat suplemen ginkgo biloba herbal

khasiat suplemen ginkgo biloba
Suplemen ginkgo biloba (@NyDailyNews)

Ginkgo biloba dalam bentuk suplemen biasanya dikemas untuk manfaat :

  1. Melancarkan peredaran darah secara alami, termasuk aliran darah ke otak, tangan dan kaki
  2. Mengurangi rasa nyeri pada tangan dan kaki
  3. Melindungi saluran darah serta mengurangi kecenderungan pembekuan darah secara natural
  4. Meningkatkan daya ingat tidak tergantung pada usia (segala usia)
  5. Meningkatkan kemampuan penglihatan dan mengurangi silau pada malam hari

Cara mengkonsumsi ginkgo biloba

Banyak cara mengkonsumsi ginkgo biloba, diantaranya dengan diseduh sebagai teh atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen herbal. Konsumsi ginkgo biloba secara natural sebagai campuran makanan atau minuman lebih dianjurkan dibanding sudah dalam kemasan suplemen. Konsumsi suplemen herbal ginkgo biloba dianjurkan untuk mematuhi aturan pakai yang sudah dibakukan oleh para ahli.

Ibu hamil dengan usia kandungan dibawah 5 bulan tidak diperkenankan untuk mengkonsumi ginkgo biloba dalam bentuk suplemen apapun. Pada usia kandungan diatas 5 bulan dan menyusui, mengkonsumsi ginkgo biloba dalam dosis rendah 50 miligram sehari diyakini dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Dibagikan

Penulis :

You may also like