Hal Yang Diperlukan Dalam Menghitung ROI Sosial Media

Kalau kamu terlibat di dunia bisnis, pasti kamu sering mendengar istilah ROI (Return of Investment) bukan? ROI adalah pengembalian investasi (keuntungan) yang dihasilkan dari sebuah investasi. Dalam hal ini, investasi yang dimaksud adalah bisnis melalui platform sosial media. Maksudnya, apakah biaya yang dikeluarkan di sosial media sebagai media pemasaran bisnis sudah sesuai dengan tingginya jumlah penghasilan.

Seperti yang kita tahu bahwa sosial media saat ini menjadi salah satu channel untuk pemasaran yang efektif, terutama jika target market kita adalah umur 18-35 tahun. Bahkan sosial media bisa dikatakan sejajar dengan media cetak dan elektronik lainnya. Oleh karena itu, ROI dari sosial media sekarang tentu harus berkontribusi untuk bisnis kamu.

Untuk mengetahui bahwa investasi yang kamu lakukan di sosial media benar-benar bermanfaat, tentu kamu harus mengetahui bagaimana sosial media mempengaruhi setiap interaksi dengan klien bisnismu. Berikut beberapa cara menghitung ROI sosial media yang mungkin bisa kamu gunakan untuk bisnismu.

Tentukan target bisnis melalui sosial media
Langkah pertama sebelum memulai promosi menggunakan sosial media tentu saja menentukan arah target atau goals yang ingin dicapai. Jika sudah ada target/goals yang ingin dicapai, tentukan angka atau jumlah secara spesifik yang harus dicapai. Sebagai contoh, jika kamu ingin meningkatkan traffic website dari sosial media sebesar 10%, pastikan kamu memonitor jumlah konversi traffic website tersebut yang berasal dari sosial media. Bagaimana cara menentukan target untuk masa yang akan datang? Tentu yang pertama kamu lakukan adalah lakukan audit terhadap kegiatan promosi di sosial media saat ini, jadi target yang kamu tentukan masih masuk akal dan dapat dicapai.

Popularitas yang berasal dari sosial media memang bisa dilihat dari jumlah like, komentar maupun retweet, akan tetapi engagement saja tidak cukup. Menurut Altimeter, hanya sekitar 34% dari bisnis yang merasa bahwa pemasukan mereka mempunyai pengaruh dari strategi sosial media. Untuk membuktikan manfaat dari sosial media, kamu harus bisa menghitung ROI sosial media. Hal ini penting karena akan berhubungan dengan tujuan bisnis yang lebih umum.

Beberapa poin dari sosial media yang perlu di monitor antara lain:

Reach
Site traffic
Leads generated
Sign-ups and conversions
Revenue generated

Dengan menggunakan sosial media, keakuratan data sangat penting, karena sosial media memegang peranan penting bagi pemasaran, bukan hanya sekedar alat/media sosialisasi. Menghubungkan sosial media kepada hal yang lebih luas dengan memberikan koneksi kepada tujuan dan target setiap departemen dalam bisnis akan sangat membantu pencapaian target utama bisnis.

Pilih Alat Analisa Sosial Media Untuk Mengukur ROI
Jika tujuan sosial media telah ditentukan, kamu akan membutuhkan tools pendukung untuk mengukur efektifitas ROI dari sosial media. Hal ini mungkin termasuk menambahkan kode tracking pada URL, membuat landing page yang sesuai, dan banyak lagi. Salah satu tools yang paling sering digunakan untuk mengukur ROI adalah Google Analytics, tapi tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa gunakan tools lain. Hal ini akan dibahas nanti di lain waktu.

Sesuaikan Strategi untuk Mengembangkan
Setelah menemukan apa yang memberikan dampak dan mana yang tidak dari sosial media, kini saatnya untuk mengatur strategi lebih jauh demi mengembangkan bisnismu. Tujuan dari memonitor ROI sosial media bukan hanya untuk membuktikan sebuah nilai dari kampanye yang dilakukan, tetapi juga untuk meningkatkan nilai yang ingin kamu capai dari waktu ke waktu.

Siklus kampanye di sosial media sangatlah singkat, maka dari itu kampanye yang gagal atau tidak sesuai harapan harus segera diganti dan dikembangkan. Dunia sosial media tidak pernah statis, perubahan dari waktu ke waktu selalu terjadi dan kamu harus selalu siap. Agar tujuan ROI sosial media tercapai, kamu harus selalu memperbarui secara berkala dan memiliki strategi yang sesuai dengan data analisa yang telah dimonitor.

Begitulah kurang lebih cara menghitung ROI sosial media. Sedangkan untuk formula atau langkah yang lebih lengkap akan segera saya bagikan dan update di website ini.

Dibagikan

Aditya Rizky

Penulis :

Artikel terkait