Makanan Yang Harus Dihindari Saat Minum Obat Resep Dokter

makanan yang harus dihindari

Penelitian menunjukkan ternyata beberapa makanan dan minuman dapat menghilangkan khasiat beberapa obat atau bahkan bisa membahayakan kesehatan. Nah, kalau anda sedang dalam perawatan dokter dan harus mengkonsumsi obat resep, berikut ini kami tuliskan daftar makanan yang harus dihindari saat minum obat resep dokter untuk kebaikan anda. Selamat membaca.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Minum Obat Resep Dokter

Hal ini bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsinya sama sekali, anda masih boleh mengkonsumsinya dengan jeda beberapa jam sebelum dan sesudah minum obat dokter. Agar lebih yakin, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter atau apoteker, makanan atau minuman apa yang harus dihindari sebelum dan sesudah minum obat yang diresepkan kepada anda. Ingat, jangan terpengaruh pada omongan orang tentang khasiat atau manfaat makanan tertentu tanpa ada bukti medisnya.

Pisang adalah makanan yang harus dihindari kalau minum obat dokter

jangan hindari makan pisang dengan obat dokter
Pisang (@OneBanana)

Hindari mengkonsumsi pisang bila anda mengkonsumsi ACE inhibitor seperti captopril (Capoten), enalapril (Vasotec), dan lisinopril (Prinivil, Zestril), yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah atau mengobati gagal jantung.

Hindari pula mengkonsumsi pisang dengan obat-obat diuretik tertentu, seperti triamterene (Dyrenium) yang digunakan untuk mengurangi retensi cairan dan mengobati tekanan darah tinggi. Mengapa pisang menjadi makanan yang harus dihindari saat minum obat resep dokter padahal banyak orang menganjurkan anaknya menelan obat bersama pisang ? berikut ulasannya. [Baca juga : manfaat blueberry untuk kesehatan mata dan jantung]

Bahaya mengkonsumsi pisang dengan obat dokter ?

ACE inhibitor dan disebut “potassium sparing” diuretik dapat meningkatkan jumlah kalium dalam tubuh. Tapi terlalu banyak kalium dapat menyebabkan detak jantung meningkat dan jantung tidak teratur. Jadi orang yang harus meminum obat-obatan itu harus menghindari makanan yang mengandung kalium tinggi seperti : pisang, jeruk, sayuran berdaun hijau, dan pengganti garam.

Pisang mengandung potasium tinggi, yang bagus untuk kesehatan, akan tetapi bagi mereka yang mengkonsumsi obat-obatan seperti Captoril, ACE inhibitor atau Angiotensin, buah ini harus dihindari. Peningkatan potasium saat mengkonsumsi obat tertentu bisa menyebabkan detak jantung semakin tidak beraturan dan menyebabkan jantung berdebar. Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa pisang termasuk makanan yang harus dihindari kalau anda sedang minum obat resep dokter ?

Hindari minum jus jeruk dengan obat dokter

Hindari minum jus jeruk dengan obat dokter
Jus jeruk (@SuplementPolice)

Ternyata, jus jeruk juga termasuk makanan yang harus dihindari kalau sedang mengkonsumsi obat-obat penurun kolesterol seperti atorvastatin (Lipitor) dan lovastatin (Mevacor).

Apa yang bisa terjadi jika minum jus jeruk dengan obat dokter ?

Minum jus jeruk dapat meningkatkan kadar obat dalam aliran darah dan meningkatkan risiko efek samping, terutama sakit kaki. Jeruk dan jus jeruk juga dapat mengganggu efektifitas obat lain.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi jus jeruk bersama obat dextromethorphan dapat menyebabkan halusinasi. Konsumi jus jeruk bersama dengan obat dexamethason bisa meningkatkan resiko tekanan bola mata (glukoma) dan pengapuran). [Baca juga : manfaat kalsium untuk tulang]

Hindari minum kopi dengan obat dokter

Hindari minum kopi bersama obat dokter
Kopi panas (@DailyCoffeeNews)

Kopi mengandung kafein yang membawa banyak kebaikan seperti : mengurangi nyeri punggung, meningkatkan konsentrasi, mencegah diabetes, hingga menurunkan berat badan (Baca : manfaat kopi yang menakjubkan bagi kesehatan). Akan tetapi dibalik segala manfaatnya, kopi juga bisa merugikan kesehatan, terutama pada orang-orang yang memiliki masalah dengan jantungnya dan lansia. Jadi kopi adalah makanan yang harus dihindari sebelum dan sesudah saat  minum obat resep dokter.

Apa yang bisa terjadi jika minum kopi dengan obat dokter ?

Kafein bisa mempengaruhi detak jantung. Ketika kafein bercampur dengan obat yang juga mempengaruhi detak jantung, bisa terjadi jantung berdetak terlalu kencang atau tidak seperti yang diharapkan. Selain itu, sifat kafein yang bisa meningkatkan asam lambung tidak baik untuk obat yang tidak bisa bekerja pada lingkungan asam lambung tinggi. [Baca : Cold brew kopi dengan kadar kafein rendah]

Hindari makan sayur-sayuran hijau dengan obat dokter

jangan hindari makan sayuran hijau bersama obat dokter
Sayuran (@MedicalNewsToday)

Jika dokter mengharuskan anda meminum obat anti pembekuan darah, sebaiknya anda berhati-hati mengkonsumsi sayuran hijau beberapa jam sebelum dan sesudah minum obat pengencer darah. Beberapa pengencer darah bekerja dengan memblokir produksi vitamin K yang bisa menyebabkan darah membeku. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau bersamaan dengan saat minum obat bisa membuat kerja obat berkurang. Makanlah sayuran 1 – 2 jam sebelum atau sesudah miinum obat dokter.

Apa yang bisa terjadi jika makan sayuran hijau dengan obat dokter ?

Mungkin anda tidak akan merasakan dampak yang terjadi, akan tetapi belum tentu tubuh anda. Kerja obat yang tidak maksimal membuat waktu penyembuhan menjadi lebih lama. Karena termasuk makanan yang harus dihindari, pastikan jangan langsung meminum obat usai mengkonsui jenis sayuran hijau. Setidaknya berikan jeda waktu 60 menit sebelum dan sesudahnya.

Hindari konsumsi alkohol dengan obat dokter

jangan hindari minuman alkohol dengan obat dokter
Aneka minuman (@HealthBoxcic)

Dalam kondisi apapun dokter selalu memberi nasehat untuk menghindari konsumsi minuman mengandung alkohol. Jadi jika anda sedang mengkonsumsi obat dokter sementara anda adalah peminum alkohol sebaiknya berhenti minum alkohol terlebih dahulu atau kalau bisa berhentilah sama sekali dari mengkonsumsi alkohol.

Apa yang bisa terjadi jika minum alkohol dengan obat dokter ?

Kandungan alkohol dalam darah bisa membuat liver bekerja ekstra keras karena apapun yang kita konsumsi dimetabolismekan di dalam liver. Ketika alkohol dan obat tertentu bercampur tentu saja ini bisa menekan dan meningkatkan kerja liver yang pada akhirnya menimbulkan efek samping obat bahkan  merusak liver.


Sebenarnya masih ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat minum obat resep dokter, seperti Black licorice. Akan tetapi itu tidak umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Demikian artikel kami, sekiranya bermanfaat kami sangat berterima kasih jika anda mau membagikan kepada teman melalui facebook, google+, twitter, whatsapp dan pinterest. Bila berkenan silahkan baca juga artikel kesehatan kami lainnya.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

Artikel terkait