Quotes Gambar Kata Bijak Jangan Benci Juga Dendam « Motivasi «

Quotes gambar kata bijak tentang jangan benci atau dendam pada orang menyakiti karena pada akhirnya mereka akan menerima karma sendiri. Motivasi bijak tersebut juga dipersembahkan kepada sobat Bisfreners dalam bentuk gambar kata bijak

Gambar Kata Bijak Jangan Benci Juga Dendam

Dalam menjalani hidup kita tidak pernah lepas dari hubungan dengan orang lain. Baik berupa hubungan bisnis, hubungan usaha, hubungan cinta, hubungan pertemanan, hubungan keluarga atau hubungan sosial bermasyarakat. Interaksi diri dengan orang lain menimbulkan banyak kebaikan bagi diri kita pribadi, bagi orang bersangkutan maupun bagi kelompok. Dengan melakukan hubungan, setiap individu dapat saling melengkapi kekurangan masing-masing, mengisi kekosongan satu dan lainnya.

Akan tetapi apapun hubungan dilakukan bisa terjadi suatu hal dimana salah satu pihak merasa dirugikan, dikhianati atau dicurangi sehingga menimbulkan perselisihan. Entah sengaja ataupun tidak disengaja, kecurangan tersebut pada akhirnya menyebabkan putusnya hubungan, menyisakan benci, dendam dan sakit hati pada pihak yang merasa dirugikan.

Sobat Bisfreners, ketika kita dihadapkan pada kondisi untuk mempertahankan kepentingan atau mengikuti emosi akibat merasa dicurangi, merupakan sesuatu hal bijak untuk mengutamakan kepentingan dibanding amarah karena rasa sakit hati. Dalam hal kepentingan tersebut adalah berupa hubungan apapun, maka merupakan tindakan bijak untuk lebih mengutamakan menjaga hubungan kemitraan, hubungan usaha, hubungan kerja atau hubungan cinta diatas amarah. Salah satu pertimbangannya adalah bahwa tidak mudah untuk membangun hubungan kepercayaan baru hanya untuk mempertahankan benci, dendam serta sakit hati yang mungkin masih bisa dicari solusinya.

Penulis memiliki banyak sekali pengalaman melihat beberapa teman yang merintis usaha bersama, menjadi besar, namun bubar ditengah jalan akibat perselisihan diantara mereka. Pertanyaannya, apakah mereka masing-masing kemudian tidak bisa lagi melakukan usaha sendiri-sendiri ? Dengan pengalamannya masing-masing dapat berjalan sendiri tetapi, pengalaman penulis melihat, bahwa semua pihak tidak bisa mencapai kebesaran sama seperti saat mereka bekerja sama, saling bersinergi. Ketika kemudian setiap individu mencari pengganti, hasil sama seperti sebelumnya tidak pernah bisa sama, atau kalaupun bisa membutuhkan waktu sangat panjang.

Demikian pula dalam hubungan cinta, ketika satu pihak merasa dicurangi, dalam hal ini penulis lebih banyak melihat wanita dicurangi. Kemudian demi mempertahankan ego serta prinsip serta ketidak-mampuan menahan dendam, benci, dan sakit hati – mereka akhirnya berpisah. Sebagian dari mereka akan merasakan keterpurukan cukup lama dari segi hubungan, ekonomi maupun sosial meski masing-masing tidak ingin mengakuinya.

Mengapa tidak perlu benci, dendam atau sakit hati

Para ahli psikologi maupun kedokteran sepakat mengatakan bahwa rasa benci, sakit hati serta dendam hanya merugikan diri sendiri secara lahir maupun batin. Bahkan rasa benci serta dendam bisa membuat seseorang melakukan tindakan-tindakan tidak rasional yang lebih banyak merugikan dirinya sendiri. Itulah alasan mengapa sebaiknya kita jangan merasa benci, jangan dendam, juga jangan merasa sakit hati.

Sobat Bisfreners, perlu juga diingat bahwa setiap individu akan menerima balasan atas perbuatannya sendiri terhadap orang lain baik langsung maupun tidak langsung. Penulis memiliki seorang kenalan seorang sangat tempramental. Kalau menyetir kendaraan tidak sabar serta suka, mengklakson bahkan memaki orang di jalan. Akan tetapi suatu ketika dia menerima balasannya ketika berhadapan dengan orang lebih tempramental bahkan lebih berani dari dirinya di jalan. Meski tidak kemudian mengubah sifatnya secara drastis, namun hal tersebut telah sedikit memberi rasa takut pada dirinya saat berada di jalan dimana tidak ada satu orang pun mengenal atau membelanya. Mungkin itulah yang disebut sebagai karma.

Setiap orang yang menyakiti anda pada akhirnya akan menerima karma sendiri

Penulis pernah mengenal dekat seorang cukup dikenal pada kalangan selebriti. Penulis katakan pernah karena dia menjauh setelah sebuah peristiwa terjadi sehingga membuatnya bisa hilang dari dunia hiburan. Ceritanya begini, pada suatu ketika dia meninggalkan suaminya, memilih berpisah untuk alasan tidak jelas hingga suatu ketika diketahui ternyata dirinya tengah dekat dengan seorang pengusaha. Kapan diketahui dirinya dekat dengan pengusaha ? apakah suaminya selalu mencari tahu keadaannya ? Bukan demikian ceritanya, melainkan saat dua tahun kemudian dirinya menjadi pemberitaan media karena suami barunya terlibat kasus suap sehingga ditahan KPK.

Mereka akhirnya bercerai, sementara kawan saya dipaksa mengembalikan semua harta telah diterimanya kepada negara. Apakah itu disebut sebagai karma ? mungkin iya, sebagai muslim saya tidak boleh mengatakannya sebagai karma karena hukum karma adalah istilah dalam agama Hindu serta Budha. Islam tidak mengenal hukum karma, meskipun istilah keagamaan tersebut sudah rancu dalam tata-bahasa Indonesia.

Baiklah, apapun istilah tersebut, balasan dari Tuhan atas perbuatan seseorang pasti ada. Entah itu langsung maupun tidak langsung pasti akan ada balasan atas perbuatan seseorang atas orang lainnya. Jadi hal terpenting bagi kita adalah jangan benci, jangan dendam, juga jangan sakit hati bila diperlakukan tidak menyenangkan oleh orang lain. Apabila tidak mampu, sedapat mungkin redamlah sedemikian mungkin dengan cara jangan melampiaskan atau jangan mengumpat serta jangan menyumpah.

Pertanyaannya, mengapa saya tidak boleh mengumpat atau menyumpah orang menyakiti hati ?

Jawabannya adalah menyumpah, mengumpat orang lain meski itu merupakan bentuk pelampiasan sakit hati, juga merupakan pilihan tindakan anda terhadap yang bersangkutan. Kalau anda percaya akan ada balasan atas perbuatan seseorang terhadap orang lain, maka sumpah serapah atau umpatan anda juga akan mendapat balasan. Lalu bagaimana kalau sumpah anda menjadi kenyataan ? bersiap-siaplah menerima hal sama dengan orang tersebut. Jadi sobat, ingatlah jangan mengumpat juga jangan menyumpahi orang lain bila tidak ingin menerima akibat dari ucapan sendiri.

Jangan buang waktu untuk membenci serta membalas dendam. Setiap orang yang menyakiti pada akhirnya akan menerima karma nya sendiri

Gambar status kata bijak jangan benci, sakit hati ataupun dendam pada orang menyakiti

Sebagaimana dikatakan pada bagian awal artikel kata bijak jangan benci, dendam atau sakit hati pada orang menyakiti, berikut kami persembahkan gambar status untuk memberi motivasi pada diri kita untuk tidak benci pada orang menyakiti.

Quotes gambar kata motivasi bijak jangan benci serta dendam pada orang menyakiti
Jangan benci apalagi dendam meski disakiti
Dibagikan

Aditya Rizky

Penulis :

Artikel terkait

1 Comment