Kata Kata Bijak Jangan Menolak Hadiah @ Motivasi

kata kata bijak jangan menolak hadiah

Kata kata bijak tentang hadiah. Dalam menjaga hubungan baik keluarga maupun persahabatan jangan menolak hadiah dan hadirlah bila diundang. Akan tetapi hadiah seperti apa yang tidak boleh ditolak ? berikut adalah artikel tentang quotes kata bijak tersebut dilengkapi dengan gambar status untuk dijadikan foto profil aplikasi media sosial anda.

Jangan menolak hadiah

Hadiah hal penting dalam membangun dan menjaga hubungan sosial. Hadiah bukan hanya diberikan pada momen-momen tertentu, melainkan bisa diberikan kapan saja karena hadiah mengungkapkan rasa kasih sayang pemberinya kepada penerima. Akan tetapi hadiah bisa memberi dampak negatif terhadap hubungan apabila penerima menolak atau meremehkan hadiah dari pemberinya. Itulah sebabnya, banyak pakar psikologi menganjurkan untuk tidak menolak hadiah dari seseorang bila hal tersebut dilakukan untuk menunjukan rasa kasih sayang persahabatan atau kekeluargaan.

Dari sudut pandang agama hadiah juga dianggap hal penting dan dibedakan dengan sedekah. Sedekah meskipun bisa diberikan kepada siapa saja, dia boleh dialihkan ke orang lain meskipun dilakukan dihadapan pemberinya. Akan tetapi hadiah harus diterima atau jangan menolak bila diberikan hadiah. Apabila kita diberi sedekah oleh seseorang kita kenal namun kita merasa tidak layak atau tidak ingin untuk menerimanya, maka sah-sah saja bagi kita untuk memberikannya kepada orang lain yang dianggap lebih pantas menerima meskipun hal tersebut dilakukan dihadapan teman kita pemberi sedekah. Lalu mengapa hadiah tidak boleh ditolak ?.

bayarlah zakat sesungguhnya zakat membersihkan hartaHadiah adalah perwujudan rasa cinta kasih serta kebersihan hati seseorang kepada orang lainnya dan dalam hadiah terkandung penghormatan serta pemuliaan dari pemberi kepada penerima. Itulah sebabnya dalam agama (Islam) pemberian hadiah harus diterima. Hal tersebut ditegaskan oleh Rosul SAW. dalam haditsnya yang berbunyi “Penuhilah undangan, jangan menolak hadiah, dan janganlah menganiaya kaum muslimin” (HR. Ahmad). Bahkan dalam hadits lainnya Beliau mengatakan “Hendaknya kalian saling memberi hadiah, niscaya kalian akan saling mencintai” (HR. Bukhari).

Akan tetapi dengan perintah tersebut apakah menjadi wajib hukumnya untuk menerima pemberian hadiah ? kami tidak ingin membahasnya lebih lanjut pada artikel ini karena terlalu panjang untuk dibahas.

Hadiah apa yang tidak boleh ditolak ?

Bila dikatakan oleh pakar psikologi maupun para pemuka agama jangan menolak hadiah, apakah kemudian semua pemberian berupa hadiah harus diterima ? Ternyata hal tersebut tidak semata-mata menjadi demikian. Hadiah harus ditolak apabila mengandung maksud-maksud untuk mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan.

gambar status kata bijak jangan menolak hadiah
Gambar status bijak jangan pernah menolak hadiah

Penuhilah undangan DAN jangan menolak hadiah

Yang termasuk dalam hal ini diantaranya adalah hadiah seseorang kepada pejabat dengan maksud dilancarkan urusannya, diberikan proyek pekerjaan, dinaikkan pangkatnya dan lain sebagainya. Segala bentuk pemberian tidak disebut sebagai hadiah apabila pemberi memiliki kepentingan tertentu dari penerima.

Apakah harus membalas hadiah ?

Hadiah tidak wajib dibalas, akan tetapi dalam menjaga hubungan keluarga, hubungan persahabatan maupun hubungan apa saja, membalas pemberian hadiah sangat dianjurkan. Sekecil apapun balasan hadiah dari penerima kepada pemberi akan sangat berarti dalam meningkatkan kualitas hubungan mereka.

quotes gambar status kata bijak datanglah kalau diundang, jangan meminta tapi jangan menolak hadiah
Quotes kata mutiara datanglah kalau diundang

Membalas hadiah tidak harus dengan nilai yang sama. Bisa lebih kecil atau lebih besar nilainya tergantung kemampuan masing-masing. Karena dalam sebuah hadiah bukan harga menjadi ukuran melainkan ketulusan serta rasa kasih sayang lebih diutamakan. Bahkan bila kita tidak mampu membalas dengan hadiah serupa kita boleh membalas dengan mengirimkan masakan atau bentuk lainnya.

Jangan pernah menolak hadiah dari pacar apalagi pasangan

Sobat remaja Bisfreners,  dalam menjaga hubungan cinta pada kekasih ataupun pasangan (suami/istri) adalah sangat penting untuk tidak menolak hadiah dari pacar atau pasangan kita. Selain itu pastikan untuk selalu mengatakan hal-hal baik meskipun kita tidak menyukai hadiah pemberiannya untuk menyenangkan hatinya. Membalas hadiah memang bukan kewajiban, tetapi menghargai pemberian orang, menghargai kasih sayang, menghargai penghormatan orang kepada kita adalah sebuah kepatutan.

Apabila hadiah kita diremehkan atau ditolak

Kita sudah menunjukan rasa penghormatan, rasa cinta kasih sayang kepada seseorang dengan memberikannya hadiah. Akan tetapi kemudian diremehkan bahkan ditolak. Apakah hal tersebut harus membuat marah dan menjadikan hubungan terputus ?

Hendaknya kalian saling memberi hadiah, niscaya kalian akan saling mencintai

Sobat Bisfreners, janganlah sekali-kali menjadi marah bahkan memutuskan hubungan apabila pemberian kita kepada seseorang diremehkan dan ditolak. Jangan rusak pikiran positif serta sikap positif kita menjadi rusak hanya karena perlakuannya sebagaimana kata bijak janganlah kebencian seseorang mengubahmu menjadi orang lain.

Demikianlah artikel kami tentang jangan menolak hadiah, semoga bermanfaat sebagai motivasi hubungan sosial kita semua.

Dibagikan

Penulis :

You may also like