Kata Kata Mutiara Jangan Seperti Lilin Memberi Cahaya Sesaat

Kata kata mutara jangan seperti lilin quotes

Quotes kata kata mutiara tentang jangan seperti lilin merupakan perumpamaan orang yang melupakan diri sendiri demi memberi kebaikan ilmunya pada orang lain. Quotes tersebut juga disajikan dalam bentuk gambar status untuk dijadikan foto profil aplikasi BBM, Whatsapp, Line maupun media sosial lainnya secara bebasa.

Kata Mutiara Jangan Seperti Lilin Mengorbankan Diri Untuk Memberi Cahaya Sesaat

Sering kita mendengar seorang motivator saat memberi motivasi tentang ketulusan dan keikhlasan memberi perumpamaan berupa sebuah lilin. Mereka biasanya mengatakan jadilah seperti lilin yang rela mengorbankan tubuhnya terbakar demi memberi cahaya atau kalimat-kalimat sejenis lainnya dengan makna sama.

Ungkapan kata kata bijak mutiara menjadi seperti lilin memang sangat terkenal, bahkan anda bisa menjumpainya pada berbagai spanduk atau baliho untuk memotivasi orang lain agar menyumbang atau terlibat dalam aktifitas kerja sosial dari Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) atau Lembaga Swadaya Masyarakat.

Akan tetapi benarkah kalimat mutiara menjadi seperti lilin bisa diterima oleh orang yang membacanya ? Pada masa lalu, mungkin iya, akan tetapi dengan kemampuan nalar serta logika lebih tinggi generasi muda, perumpamaan lilin sebagai bentuk bakti sosial dengan cara mengorbankan diri tidak bisa diterima begitu saja. Mengapa demikian ? yuk kita telaah dari hasil ngobrol-ngobrol dengan beberapa mahasiswa – mahasiswi dan sesepuh masyarakat.

Lilin merusak diri sendiri untuk memberi cahaya

Banyak responden tidak setuju lilin dijadikan perumpamaan baik, karena lilin “terpaksa” merusak dirinya sendiri demi memberi cahaya. Filosofi seperti lilin tidaklah tepat untuk diambil sebagai contoh baik. Perbuatan sikap tulus ikhlas bukan serta merta mewajibkan orang harus menghancurkan dirinya sendiri. Ketulusan atau melakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas atau tanpa pamrih harus dilakukan dengan kecerdasan serta pertimbangan baik buruknya akibat terhadap diri sendiri. Ketulusan serta keikhlasan membabi-buta belum tentu membawa manfaat besar bagi orang lain tetapi sudah pasti merugikan diri sendiri.

Lilin hanya memberi terang sesaat, namun kehancuran sudah di depan mata

Berapa lama lilin mampu menerangi sebelum dia hancur ? Jawaban semua responden mengatakan tergantung besar kecilnya lilin berangkutan. Begitu pula dalam hidup kemampuan berkorban dengan cara bunuh diri ditentukan kemampuan orang bersangkutan. Setelah dia mati (hancur) kegelapan kembali menyelimuti. Adakah hal tersebut menjadi berarti ?

Berpikir dan bertindak cerdas untuk pengorbanan bukan menjadi lilin tetapi mungkin menjadi lentera

Mungkin filosofi lentera lebih tepat untuk dijadikan kata kata mutiara yang memberi motivasi untuk menerangi. Lentera rela berkorban menahan panas api terbakar pada sumbunya, lentera bekerja keras mengalirkan minyak untuk membuat api tetap menyala, tetapi lentera tidak menghancurkan dirinya sendiri. Lentera memilih untuk berpikir serta bertindak cerdas dengan bekerja memanfaatkan sumber daya tersedia untuk menerangi sekitarnya.

Jangan menjadi lilin tapi jadilah lentera

Jadi sobat Bisfrener, bila kita ingin menolong orang lain, membantu siapapun, tetaplah berpikir dan bertindak cerdas. Jangan menjadi lilin tapi jadilah lentera. Bantu mereka dengan tulus dan ikhlas tanpa harus menghancurkan diri sendiri. Tanpa merusak diri, kita bisa membantu lebih lama, bisa terus menolong menerangi bukan hanya sesaat melainkan terus menerus berulang-ulang hingga usia membuatnya tak lagi layak digunakan.

Perumpaman seperti lilin lebih tepat bagi orang yang menyampaikan ilmu tapi tidak mengamalkannya

Kata kata mutiara bijak jadilah seperti lilin, lebih tepat bagi orang berilmu yang menyampaikan kepada orang lain tetapi dirinya sendiri tidak mengamalkan. Mereka adalah para ahli-ahli ilmu agama atau ilmu sosial yang senantiasa menganjurkan kebaikan bagi orang lain namun tidak mampu (mau) mengamalkan untuk dirinya sendiri.

Mereka adalah lilin yang menghancurkan diri sendiri bila mengatakan kepada orang harus berlaku ini – itu, harus begini, harus begitu tanpa bisa melakukannya sendiri. Mereka seakan menjadi penerang bagi orang lain tetapi tidak menerangi dirinya sendiri.

Jangan seperti lilin, ilmu bila tidak diamalkan sendiri ibarat orang lumpuh

Memiliki ilmu namun hanya disampaikan tetapi tidak diamalkan oleh dirinya sendiri ibarat orang lumpuh. Mulutnya memang berbicara harus begini harus begitu, ingin ini – ingin itu seperti lagu Doraemon tetapi dia tidak kuasa melakukannya. Dia tahu namun tidak mampu karena lumpuh, tak bisa melakukan apa-apa, hanya bicara sambil menunggu waktu sebelum mati.

Gambar status quotes kata mutiara bijak jangan seperti lilin

Tidak seorangpun responden dari kalangan muda setuju menggunakan lilin sebagai filosofi untuk perbuatan tulus dan ikhlas. Jadi pada gambar status kali ini kami hanya menyajikan quotes kata bijak “Jangan seperti lilin, menghancurkan diri untuk memberi cahaya redup sesaat“.

Jangan seperti lilin, menghancurkan diri untuk memberi cahaya redup sesaat.

Gambar status quotes kata mutiara jangan seperti lilin
Kata mutiara Jangan seperti lilin
Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait