Kayu Manis Dan Manfaat Kesehatannya

manfaat-kayu manis untuk kesehatan

Kayu manis atau cinnamon dikenal sebagai bumbu, dijadikan pelengkap rasa roti bakar dan kopi latte. Namun kulit pohon kayu manis juga digunakan sebagai obat tradisional di seluruh dunia.

Kayu Manis Atau Cinnamon

Kayu manis merupakan rempah dari cabang-cabang pohon liar yang termasuk dalam genus “Cinnamomum” – asli Karibia, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara.

Ada dua jenis utama dari cinnamon, yaitu : Ceylon cinnamon (kayu manis), sering dianggap “kayu manis asli” dan Cassia cinnamon atau cinnamon Cina (Cinnamomum aromaticum), yang berasal dari Cina selatan, biasanya lebih murah daripada Ceylon cinnamon.

Karena kenyataan bahwa Ceylon cinnamon sangat mahal, kebanyakan makanan di Amerika Serikat dan Eropa Barat,  menggunakan cassia cinnamon yang lebih murah.

Saat ini, cinnamon dianggap sebagai rempah-rempah paling populer kedua, setelah lada hitam, di Amerika Serikat dan Eropa. Saat membeli kayu ini, pastikan yang anda butuhkan cassia cinnamon atau ceylon cinnamon, karena kebanyakan bubuk impor adalah cassia cinnamon.

Cinnamon telah dikonsumsi sejak 2000 SM di Mesir Kuno, di mana dia sangat berharga (hampir dianggap obat mujarab). Pada abad pertengahan, dokter menggunakan kayu manis untuk mengobati kondisi seperti batuk, radang sendi dan sakit tenggorokan.

Penelitian modern menunjukkan bahwa cinnamon memiliki beberapa sifat kesehatan bermanfaat. Untuk itu pada tulisan ini kami mencoba memperkenalkan manfaat kesehatan kayu manis ini.

kayu-manis
ceylon cinnamon

Mengapa orang menggunakan kayu manis ?

Cinnamon merupakan aditif untuk banyak sekali resep makanan dan minuman. Untuk kebutuhan kuliner, merupakan alasan utama kebanyakan orang mengkonsumsi cinnamon saat ini. Akan tetapi ternyata sebagian orang mengkonsumsi cinnamon untuk kebutuhan lain, yaitu mengambil manfaat kesehatan, menjadikannya obat herbal tradisional, yang merupakan warisan dari zaman nenek moyang bahkan sejak jaman sebelum Masehi.

Manfaat Kesehatan Kayu Manis

Menurut National Library of Medicine AS, Cinnamon dapat digunakan untuk membantu mengobati kejang otot, muntah, diare, infeksi, pilek, kehilangan nafsu makan, dan disfungsi ereksi (ED).

Manfaat Kayu Manis Untuk Penderita Diabetes

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care, cinnamon dapat membantu meningkatkan glukosa dan lipid pada pasien dengan diabetes tipe 2. Para penulis penelitian menyimpulkan bahwa mengkonsumsi hingga 6 gram cinnamon per hari bisa mengurangi glukosa serum, trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total pada orang dengan diabetes tipe 2.

Penggunaan cinnamon dalam diet penderita diabetes tipe 2 akan mengurangi faktor risiko terkait dengan diabetes dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, ekstrak cinnamon tertentu dapat mengurangi kadar gula darah puasa pada pasien, demikian menurut para peneliti dalam laporan di European Journal of Clinical Investigation.

Menurut Diabetes UK.1, cinnamon dapat menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2.

Manfaat Kayu Manis Untuk Infeksi jamur

Menurut National Institutes of Health, cinnamaldehyde – bahan kimia yang ditemukan di cassia cinnamon – bisa membantu memerangi infeksi bakteri dan jamur.

Manfaat Kayu Manis Untuk Penyakit Alzheimer

Peneliti Tel Aviv University menemukan bahwa cinnamon dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Menurut Prof. Michael Ovadia, dari Departemen Zoologi di Universitas Tel Aviv, pada kulit cinnamon ditemukan ekstrak, disebut CEppt, yang mengandung sifat dapat menghambat perkembangan penyakit.

Manfaat Kayu Manis Untuk Penderita HIV

Sebuah studi tanaman obat India mengungkapkan bahwa cinnamon dapat berpotensi efektif terhadap HIV-4. Penulis studi mengatakan, “ekstrak yang paling efektif sebagai obat HIV terhadap HIV-1 dan HIV-2 adalah Cinnamomum cassia (kulit) dan Cardiospermum helicacabum (batang dan buah)”.

Manfaat Kayu Manis Untuk Pada Multiple Sclerosis

Seorang ilmuwan saraf di Rush University Medical Center, cinnamon dapat membantu menghentikan proses destruktif multiple sclerosis (MS). Cinnamon bisa membantu menghilangkan kebutuhan untuk mengkonsumsi obat yang mahal dan tidak menyenangkan.

Kayu Manis Menurunkan Efek Negatif Dari Makanan Tinggi Lemak

Peneliti Penn State mengungkapkan bahwa diet cinnamon dapat membantu mengurangi respon negatif tubuh untuk makan makanan tinggi lemak.

Mengobati Dan Menyembuhkan Luka Kronis

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ACS Nano menunjukkan bahwa para ilmuwan telah menemukan cara untuk menggabungkan senyawa antimikroba dari peppermint dan cinnamon ke dalam kapsul kecil yang ampuh untuk membunuh biofilm dan secara aktif mempromosikan penyembuhan.

Berapa banyak kayu manis yang harus saya makan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Norwegia dan diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology tahun 2012 menyarankan untuk menetapkan penggunaan harian yang bisa ditolerir untuk coumarin adalah 0.07mg per kg berat badan per hari. Para peneliti mengatakan bahwa dengan menaburkan cinnamon pada bubur oatmeal atau minum teh berbasis cinnamon secara teratur, orang dewasa dan anak-anak dapat dengan mudah melebihi  ini dosis ini.

Beberapa peneliti merekomendasi penggunaan 1/2 sampai 1 sendok teh (2-4 gram) bubuk sehari. Namun beberapa studi menggunakan antara 1 gram dan 6 gram cinnamon.

Penggunaan cinnamon melebihi 6 gram dianggap bisa menimbulkan bahaya karena dia bisa menurunkan kadar glukosa.

Efek Samping Kayu Manis

Cinnamon biasanya tidak menimbulkan efek samping. Penggunaan cinnamon pada beberapa orang mungkin bisa menimbulkan alergi dan dapat mengiritasi mulut serta bibir. Penggunaan cinnamon pada kulit pada beberapa orang bisa menimbulkan reaksi alergi kemerahan.

Resiko Mengkonsumsi Kayu Manis

Mengkonsumsi kayu manis cassia bisa jadi beracun, terutama pada orang yang memiliki masalah pada hati. Hal ini disebabkan karena kayu ini dapat menurunkan gula darah. Penderita diabetes mungkin perlu menyesuaikan pengobatan mereka jika mereka menggunakan suplemen cinnamon agar tidak terjadi penurunan drastis akibat obat dan cinnamon.

Bahan dalam beberapa produk cinnamon, coumarin, dapat menyebabkan masalah pada hati. Penggunaan cinnamon untuk pengobatan, tidak dianjurkan untuk anak-anak atau untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui.

Demikian sedikit tentang manfaat kayu manis bagi kesehatan, semoga berguna bagi pembaca.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

You may also like