Keuntungan Belanja Dengan Kartu Kredit

keuntungan menggunakan kartu kredit

Bisfren – Sahabat Usaha. Sebagian orang mungkin menghindari pembayaran dengan kartu kredit, sebagian lagi tidak bisa memilikinya, belum bisa memiliki kartu kredit, sebagian orang terpaksa menggunakannya, namun sebagian orang sangat senang menggunakan kartu kredit dan tidak ada satu bagianpun dari pembelanjaannya yang tidak menggunakan kartu kredit.  Lalu apa yang menarik orang untuk menggunakannya ? apa saja keuntungan belanja dengan kartu kredit jika dilakukan dengan benar ? berikut adalah beberapa diantaranya :

Kartu Kredit Lebih Aman

belanja aman dengan kartu kredit
Kartu kredit aman (@BrownSmithWallace)

Dengan kartu kredit kita tidak perlu membawa-bawa banyak uang tunai untuk berbelanja. Sebanyak apapun anda berbelanja, dimana saja, kapan saja, selama sisa limit kartu kredit masih mencukupi, kita bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan.

Untuk memberi rasa aman, kartu kredit juga dilengkapi dengan beberapa keamanan seperti 3 angka dibelakang kartu, sms pemberitahuan atas transaksi, chip, serta yang sudah mulai diterapkan dan akan segera menjadi kewajiban sesuai ketentuan Bank Indonesia, yaitu penggunaan pin sebagai ganti tanda-tangan.

Kartu Kredit Lebih Nyaman Dibawa

kartu kredit lebih nyaman
Kartu kredit tipis (@cnn)

Ukuran kartu kredit yang hampir sama dengan ukuran KTP elektronik dan mudah diselipkan di dompet membuat kartu kredit lebih nyaman dibawa dibanding membawa banyak uang tunai saat kita butuh banyak uang untuk berbelanja berbagai kebutuhan misalnya saat belanja bulanan.

Berguna Saat Darurat

kartu kredit berguna saat darurat
Darurat (@GoBankingRates)

Kartu kredit mungkin bisa menjadi penyelamat keuangan saat kita membutuhkan dana untuk pembayaran sementara saldo tabungan tidak mencukupi. Dia juga bisa menjadi alternatif pembayaran saat harus melakukan perjalanan mendesak atau membayar tagihan rumah sakit.
Apabila yang dibutuhkan adalah uang tunai, pada saat mendesak kita juga bisa menarik dana tunai dari kartu kredit pada gerai ATM yang bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit.

Bisa Digunakan Di Seluruh Dunia

kartu kredit bisa digunakan di seluruh dunia
Bepergian (@WestJet)

Saat anda sedang liburan dimana saja di seluruh belahan dunia, kartu kredit bisa digunakan pada merchant-merchant yang memasang logo pembayaran sama seperti kartu yang digunakan. Penerbit kartu kredit di Indonesia umumnya bekerja sama dengan perusahaan pembayaran Visa dan Master Card. Sehingga kartu kredit apapun yang dimiliki, jika memiliki salah satu dari logo Visa maupun Master Card akan diterima oleh merchant yang memasang logo  sama.

Bukan hanya itu, ketika kita membutuhkan uang tunai di negara lain sementara persediaan uang tunai yang dibawa sudah habis, maka kita bisa melakukan penarikan tunai di ATM terdekat yang memasang logo sama dengan kartu yang kita pegang.

Mendapat Perlindungan Konsumen

Pelindungan pelanggan bagi pemegang kartu kredit
Perlindungan pelanggan (@Fedex)

Semua pembelanjaan yang menggunakan kartu kredit mendapat perlindungan dari penerbit kartu kredit. Mungkin suatu ketika kita membeli suatu barang namun menjumpainya dalam keadaan rusak atau cacat, maka kita dapat melaporkannya kepada pihak penerbit kartu.
Penerbit kartu akan membantu komplain yang dilakukan dan melakukan mediasi untuk mendapatkan solusi terbaik bagi penjual dan pembeli.

Hal ini tidak bisa kita dapatkan apabila pembayaran dilakukan dengan cara tunai.  Banyak pihak toko ramah saat kita berbelanja namun tidak bersahabat saat kita melakukan komplain atas barang yang rusak, cacat atau kurang.

Mendapat Promo Kerjasama

buy one get one promo kartu kredit
Buy One Get One (@VoxCinema)

Banyak promo dilakukan pihak bank penerbit kartu dengan merchant misalnya cicilan ringan, cicilan nol persen, Buy 1 get 1, diskon pembelian kedua atau program cash back apabila melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Tanpa kartu kredit, belanja dengan promo seperti ini tidak bisa dilakukan karena promo ditujukan untuk menarik orang menggunakan kartu yang dimilikinya. Bahkan bukan tidak mungkin sebuah barang yang kita inginkan sulit dijumpai di tempat lain namun tersedia di merchant yang melakukan kerjasama dengan penerbit kartu kredit.

Transaksi Pembelanjaan Tercatat Dan Dikirimkan Teratur

lembar tagihan kartu kredit
Billing Statement (@HSBC)

Semua transaksi pembayaran yang dilakukan menggunakan kartu kredit akan dilaporkan kepada pemegang kartu secara periodik pada tanggal cetak tagihan dalam bentuk lembar tagihan. Setiap transaksi ditampilkan rinci nominal, tempat, dan waktunya.

Untuk penggunaan kartu kredit di luar negeri, pemegang kartu juga akan disajikan nilai tukar transaksi terhadap mata uang lokal yang digunakan pada saat transaksi sehingga pemegang kartu tidak dibebani dengan kewajiban membayar dalam mata uang asing yang nilainya berubah-ubah.

Dengan laporan yang rinci, pemegang kartu bisa mempelajari dan mempertimbangkan penggunaan kartu kreditnya pada masa yang akan datang sehingga tidak menyebabkan dia mengalami kesulitan pembayaran.

Memudahkan Belanja Online

kartu kredit memudahkan belanja online
Belanja online (@SwirlCard)

Pada era digital seperti sekarang ini, belanja online nyaris menjadi bagian hidup seseorang. Dengan transaksi online kita tidak perlu lagi antri untuk membeli tiket, memesan hotel, membeli barang kebutuhan lainnya, bahkan untuk memesan karcis bioskop.

Saat ini demikian bnyak perusahaan e-commerce yang beroperasi di dalam maupun luar negeri yang menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Bahkan untuk membeli barang yang berasal dari sebuah negara kini kita tidak perlu lagi pergi ke negara tersebut. Cukup kunjungi situs yang menjual barang lalu lakukan pembayaran dengan kartu kredit anda.

Pembelanjaan online dengan kartu kredit saat ini semakin aman dan terjamin. Bahkan pembelanjaan dengan kartu kredit tidak bisa lagi dilakukan apabila alamat pengiriman tidak sama dengan alamat penagihan.

Demikian beberapa Keuntungan Belanja Dengan Kartu Kredit yang bisa dijadikan pertimbangan mengapa anda harus memiliki sebuah kartu kredit sekarang. Bila artikel ini bermanfaat, mohon bagikan melalui facebook, twitter, google+ dan pinterest dengan mengklik ikon-ikon dibawah artikel ini.

Baca artikel mengenai KTA dan Kartu Kredit lainnya :

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait