Kue Cincin Gandasturi Udah Miskin Gak Tahu Diri

kata kata mutiara kue cincin gandasturi udah miskin gak tau diri

Kue cincin gandasturi sudah miskin tidak tahu diri adalah kata kata mutiara berupa pantun sindiran tentang orang keras kepala, kurang ajar atau sombong meskipun orang tahu siapa dirinya serta kondisinya. Kalimat kata bijak ini lebih sering digunakan untuk memberi nasehat “agar kita tidak demikian” bukan dilontarkan langsung kepada orang tertentu.

Kata kata mutiara kue cincin gandasturi sudah miskin tidak tahu diri

Rasanya tak ada seorangpun menyukai orang keras kepala, sombong, tidak sopan atau sering berbuat kurang ajar. Akan tetapi mungkin bukan sekali dua kali kita menghadapi orang demikian. Apabila pelakunya adalah orang tidak dikenal atau sekali dilakukan mungkin bisa diabaikan, dilupakan saja daripada naik darah terpancing emosi. Akan tetapi ketika hal tersebut sering dan berulang-ulang mau tak mau pada akhirnya emosi kita akan terpancing juga.

Apa saja sih biasanya yang membuat orang dikatakan tidak tahu diri ? Sebelum masuk kesana, dalam bahasa Indonesia arti “tahu diri” adalah mengerti tentang keadaan dirinya sendiri. Jadi “tidak tahu diri” maksudnya adalah tiada mengerti keadaan dirinya sendiri atau melakukan suatu hal tanpa mengerti keadaan dirinya sendiri.

Contohnya, seorang yang jelas-jelas diketahui tiada memiliki kondisi ekonomi memungkinkan tapi bicara sombong, omong besar, seakan-akan mampu membeli segalanya padahal kenyataannya pinjam sana – pinjam sini. Atau bila seseorang sudah jelas tak memiliki pengetahuan atau kemampuan melakukan suatu hal tetapi tanpa permisi melakukannya sehingga menimbulkan kerusakan, itu juga sering dikatakan sebagai tindakan tak tahu diri. Hal lain misalnya, dengan wajah biasa-biasa serta ekonomi jauh dari mapan seorang pria menyukai wanita cantik kaya terkenal kemudian mendatangi lalu mengatakan cintanya, itu juga sering dikatakan sebagai tidak tahu diri.

Kue cincin gandasturi, udah miskin gak tau diri

kata mutiara kue cincin gandasturi udah miskin gak tau diri
Kata mutiara kue cincin gandasturi

Dalam hal kata kata mutiara tersebut digunakan sebagai pernyataan atau sindiran, sebenarnya banyak hal bisa membuat orang dikatakan tak tahu diri karena hal demikian sifatnya subyektif dari orang yang mengatakan bukan “pasti” ditentukan oleh perbuatan obyek pelakunya. Sebagai contoh ketika saya melakukan sesuatu hal tak anda sukai, apapun kondisi saya, bisa saja anda mengatakan atau menganggap saya tidak tahu diri dari sudut pandang anda.

Akan tetapi sobat Bisfreners, sebenarnya jauh dalam lubuk hati terdalam, kita mengetahui batasan-batasan kemampuan diri kita sehingga sebenarnya kita mengetahui mana tindakan, ucapan atau perbuatan yang layak atau tidak layak dilakukan. Demikian pula terhadap orang lain maupun komunitas, kita dapat mengukur – tingkat sosial, intelegensi, spiritual, ekonomi, serta keakraban –  mereka sehingga kita bisa menilai perbuatan atau ucapan mana yang layak maupun tidak layak bagi mereka. Jadi sebenarnya kita bisa mengetahui segala sesuatu yang bisa membuat kita dikatakan tidak tahu diri oleh mereka sehingga tetap menjadi orang disukai serta menyenangkan bagi siapa saja.

Orang sombong biasanya gak tau diri

Kata kata mutiara kue cincin gandasturi udah miskin gak tau diri merupakan ungkapan paling sering untuk mengingatkan orang agar tidak berlaku sombong. Meskipun kita kaya harta, masih ada orang lebih kaya harta dari kita, meski pintar masih banyak orang pintar disekitar, meski berprestasi masih banyak orang lebih berprestasi dalam segala situasi. Jadi janganlah bersikap sombong, karena tidak ada manusia sempurna.

Kata mutiara kalo kaya belagu
Kalo kaya belagu masih pantes
Dibagikan

Penulis :

You may also like