Lakukan Jika Sulit Tidur

Bagi sebagian orang, tidur adalah hal mudah. Hanya berbaring dan menempelkan kepala ke bantal, mereka akan langsung terlelap, terbuai mimpi indah. Namun bagi sebagian orang lainnya, memasuki alam tidur bukan perkara sepele. Beberapa orang, harus menunggu waktu hingga menjelang pagi baru bisa terlelap namun kembali terjaga beberapa saat kemudian karena harus mulai melakukan berbagai aktifitas ibadah dan pekerjaan, sehingga diperlukan cara yang harus di lakukan jika sulit tidur seperti ini.

Hal ini tentu saja sangat menyiksa dan mengganggu baik secara fisik maupun emosi. Vitalitas tubuh yang belu sepenuhnya kembali normal membuat emosi sulit dikendalikan. Disiang hari, saat dimana kita harus bersosialisasi, bekerja, menghadapi rekan kerja dan atasan, atau bahkan bertemu klien bisa menjadi terganggu akibat fisik yang kita sadari atau tidak membutuhkan istirahat.

Sebagian dari kita yang mengalami hal ini kemudian mengambil jalan pintas dengan mengkonsumsi minuman berkafein entah itu berupa kopi dalam bentuk natural maupun minuman berenergi yang kesemuanya memiliki efek samping. Sebagaimana kita ketahui, memaksakan kondisi untuk kembali segar dengan mengkonsumsi terlalu banyak kafein tanpa diimbangi dengan istirahat yang cukup bisa menyebabkan peningkatan tekanan bola mata atau glaukoma.

Insomnia Atau Penyakit Sulit Tidur

Sulit tidur adalah sebuah penyakit (sebagian ahli menyebutnya kelainan) yang disebut sebagai insomnia, yaitu kondisi dimana seseorang sering sekali sulit untuk tidur atau mempertahankan kondisi tidur. Hal ini bisa menyebabkan gangguan fungsi organ tubuh saat terbangun.

Penyebab umum dari insomnia adalah stres, psikologis, perubahan pola atau jam kerja, perubahan aktifitas fisik pada siang hari, konsumsi alkohol, pengaruh dari mengkonsumsi obat tertentu dan atau penyebab lainnya. Sulit tidur yang menyebabkan orang mengalami jam tidur kurang tidak bisa dianggap hal sepele karena dia bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sulit tidur tidak begitu saja diatas dengan obat-obatan yang mengandung zat penenang atau obat tidur. Penggunaan obat tidur pada sebagian penderita justru bisa menyebabkan ketergantungan penderita akan obat dan bisa memperparah insomnia yang dideritanya.

Yang Harus Kamu Lakukan Jika Sulit Tidur

Bila anda mengalami sulit tidur sebagaimana yang pernah saya alami beberapa tahun lalu, berikut adalah tips yang kami olah dari pendapat psikolog Linda Wasmer Andrews, penulis kesehatan dan mental, sebagaimana yang dimuat di Yahoo Health, dan sudah kami rasakan hailnya.

1. Bangun Tidur Pada Jam Yang Sama Setiap Hari

tentukan waktu bangun tidur setiap hari
Alarm Clock (@TransforminChiropractic)

Membiasakan diri untuk bangun pada jam yang sama setiap hari meski itu hari libur bukanlah hal mudah bagi sebagian orang terutama pada hari libur. Kebanyakan orang akan tidur melebihi jam saat mana dia terbiasa bangun pada hari libur atau dia bangun sebentar, melakukan ibadah, lalu melanjutkan tidur hingga mendekati siang hari.

Bagi orang yang tidak menderita insomnia, hal itu bukan sebuah masalah. Namun bagi penderita insomnia, perubahan waktu tidur seperti itu bisa menyebabkan yang bersangkutan semakin menderita.

Untuk orang dengan masalah insomnia, biasakan untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari meskipun itu hanya memberikan dia 1 jam tidur. Dengan bangun pada jam yang sama seorang penderita sulit tidur melatih seluruh indera nya untuk aktif pada jam yang terprogram.

2. Tidak Tidur Pada Siang Hari Atau Batasi Jam Tidur Siang

lakukan jika sulit tidur siang
Tidur di taman (@wikihow)

Membatasi jam tidur siang atau tidak tidur pada siang hari meskipun anda terjaga pada malam sebelumnya, bisa membantu anda untuk lebih mudah tidur pada malam hari berikutnya.
Mungkin hal ini akan membuat anda mengalami rasa ngantuk yang sangat besar pada siang hari setelah hanya melalui sedikit jam tidur pada malam sebelumnya, namun cara ini merupakan cara yang efektif dan cepat untuk membantu memprogram ulang otak agar kembali ke pola tidur normal, yaitu pada malam hari.

3. Sepakati Jam Untuk Mulai Tidur Setiap Hari

lakukan jika sulit tidur tentukan waktu tidur
Kamar tidur (@contemporist)

Bagi penderita insomnia, menentukan kapan harus masuk kamar dan mulai tidur adalah salah satu hal penting untuk memprogram otak untuk memerintahkan tubuh masuk ke alam tidur.
Bila anda sudah menentukan harus tidur pada jam 10 malam, maka segeralah masuk kamar dan memejamkan mata. Meskipun anda katakan sulit, berjam-jam memejamkan mata namun tidak juga bisa tertidur, tetaplah lakukan hal ini.

Dengan membiasakan berada di kamar tidur, tidak melakukan aktifitas apapun, tidak berfikir apapun kecuali hanya berbaring dan memejamkan mata di atas ranjang. Sebagian orang bisa terbantu mengembalikan jam tidur normal mereka.

4. Olah Raga Teratur

olah raga teratur harus dilakukan jika sulit tidur
Yoga (@theodysseyonline)

Olah raga secara teratur dapat membantu penderita sulit tidur untuk lebih mudah mendapat tidur dan dapat meningkatkan kualitas tidur serta durasi tidur.

Namun perlu diperhatikan bahwa olahraga yang memicu efek stimulan berlebihan, seperti olah raga mengangkat beban, harus dihindari. Berjalan, jogging, bersepeda, senam, yoga merupakan olah raga yang tepat bagi siapapun sebagai olah raga sore hari.

Selesaikan sessi olah raga setidaknya 3 jam sebelum jam tidur yang disepakati untuk memberi waktu bagi tubuh kembali normal.

5. Jangan Makan Atau Minum Tepat Sebelum Tidur

jangan makan dan minum tepat sebelum tidur
Makan sebelum tidur (@dailymail.co.uk)

Jika anda terbiasa mengisi waktu sebelum tidur dengan membaca atau nonton televisi, hindari melakukan itu sambil ngemil atau minum hingga saat masuk ke kamar tidur. Makan dan minum tepat sebelum waktu tidur menyebabkan lambung harus bekerja sementara anda menginginkannya untuk beristirahat.

Selain itu, banyak minum sebelum tidur akan membuat kandung kemih menjadi penuh dan membuat kita sulit tidur atau terjaga saat sedang terlelap. Sebaiknya selesaikan semua konsumsi makan setidaknya 1.5 jam sebelum tidur dan minum air hangat atau susu panas 30 – 45 menit sebelum tidur.

6. Batasi Kegiatan Di Tempat Tidur

batasi kegiatan di tempat tidur jika susah tidur
Bekerja sebelum tidur (@greatist)

Batasi kamar tidur hanya sebagai tempat untuk tidur dan berhubungan suami istri.  Penderita insomnia atau sulit tidur harus menjauhkan segala macam buku, majalah, laptop, komputer, handphone, televisi, radio dan segala apapun yang bisa menganggu tidur mereka.

Namun bagi penderita insomnia yang tinggal di kamar kost, bisa menyimpan semua itu kedalam lemari, mematikan handphone, radio dan televisi saat sudah masuk waktu tidur yang disepakati oleh diri sendiri.

7. Hilangkan Semua Kecemasan Sebelum Tidur

buang semua kecemasan sebelum tidur
Tidur seperti bayi (@trueaimeducation)

Buang segala kecemasan atau ketakutan sebelum masuk waktu tidur. Apapun yang akan dilakukan atau terjadi pada esok hari biarlah menjadi urusan besok. Adalah hal lebih bijaksana untuk membuat daftar catatan kegiatan yang akan dilakukan esok hari jauh sebelum waktu tidur.

Ada sejumlah cara untuk mengurangi kecemasan atau stres, misalnya dengan meditasi, yoga, membaca ayat suci atau terapi relaksasi lainnya.

8. Membuat Lingkungan Tidur Yang Nyaman

Membuat Lingkungan Tidur Yang Nyaman lakukan jika sulit tidur
Lingkungan Tidur Yang Nyaman (@tripadvisor)

Bagi penderita insomnia – suhu kamar, pencahayaan, dan tingkat kebisingan – harus dikontrol untuk membuat kamar tidur menjadi kondusif untuk tertidur. Tempat tidur harus terasa nyaman dan apabila memiliki hewan peliharaan sebaiknya tempatkan terpisah diluar kamar karena mereka kerap membuat kebisingan pada malam hari.

Baca artikel terkait lainnya :


Demikian beberapa tips yang harus di lakukan jika sulit tidur, apabila artikel ini bermanfaat mohon kiranya dapat dibagikan kepada teman atau kerabat melalui facebook, google+, twitter atau pinterest dengan mengklik ikon dibawah ini.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

Artikel terkait