Manfaat Akar Pasak Bumi @Kaskus #Tokopedia Jakarta Bagi Kesehatan Dan Obat Kuat

akar pasak bumi

Masyarakat di Asia, khususnya Indonesia dan Malaysia, sudah sejak lama menggunakan Akar Pasak Bumi (Eurycoma longifolia), atau Tongkat Ali, sebagai bahan obat herbal untuk meningkatkan gairah seksual pria dan pengobatan lainnya seperti untuk jamu pengobatan ibu yang baru melahirkan, pembengkakan kelenjar, demam, malaria, dan disentri.

Manfaat Akar Pasak Bumi

Akan tetapi, ternyata khasiat tanaman ini tidak sebatas itu. Sebuah studi terbaru yang dilakukan di Institut Pertanian Bogor (IPB), menunjukkan bahwa akar Eurycoma longifolia Jack atau akar pasak bumi memiliki khasiat melindungi hati dari kerusakan.  Dalam studi ini, peneliti menguji efektivitas dari ekstrak akar pasak bumi atau tongkat ali pada hati tikus selama 3 bulan dengan dosis hingga 1000 mililiter per kilogram berat badan manusia. Pada dosis yang demikian ini, ekstrak akar Pasak Bumi menunjukkan aktivitas hepatoprotektif. Hal ini ditandai kadar enzim aspartat transaminase dan Alanine Aminotransferaz masih dalam kisaran normal. Selain itu, deskripsi histopatologi (jaringan terkena penyakit) adalah sebanding dengan pemberian silymarin.

budi daya akar pasak bumi
budi daya pasak bumi di Kalimantan

Hasil penelitian lain menunjukkan Pasak Bumi memiliki manfaat untuk mengobati disfungsi seksual, anti malaria, dan keracunan sel. Sifat anti bakteri dan anti jamur tumbuhan ini juga menyebabkan dia bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis infeksi termasuk infeksi paru, keputihan dan sifilis.

Pasak bumi atau tongkat ali (nama ilmiah: Eurycoma longifolia) adalah jenis pohon yang ditemukan di hutan-hutan Malaysia dan Indonesia.

khasiat akar pasak bumi
petani mencari pasak bumi

Zat kimia aktif pada akar pasak bumi

Beberapa zat dalam kulit termasuk quassinoids, derivatif squalene, biphenylneolignans, tirucallane-jenis triterpen, canthine, 6-1, dan alkaloid beta-carboline. zat tambahan mencakup eurycomanone, longilactone, beta 14.15-dihydroxyklaineanone, 15beta-asetil-14-hydroxyklaineanone, 6alpha-hydroxyeurycomalactone, eurycomaoside, dan eurycomalactone. Eurycomanone adalah quassinoid bioaktif. Alkaloid beta-carboline terdapat pada pasak bumi akar.

manfaat akar pasak bumi
petani pencari akar pasak bumi

Akar pasak bumi untuk pengobatan

Pasak bumi ampuh untuk mengobati malaria, anti-histaminic, anti-piretik dan tonik. Dia juha berguna untuk demam, obat setelah melahirkan, bisul, luka, borok, sifilis dan perdarahan gusi. Di Amerika, tanaman ini lebih banyak digunakan untuk kebutuhan afrodisiak.

pohon pasak bumi
pohon pasak bumi

Saat ini banyak sekali produk jamu obat herbal yang menggunakan pasak bumi sebagai kandungan utama maupun tambahan.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

You may also like