Manfaat Daun Delima Bagi Kesehatan

manfaat daun delima ada bunglon nya

Artikel ini berisi manfaat daun delima dan khasiat nya bagi kesehatan diantaranya untuk obat herbal insomnia, sakit perut, disentri, hepatitis A dan lain-lain yang didapat dari berbagai sumber.

manfaat buah delima bagi kesehatan

Khasiat Daun Delima Bagi Kesehatan

Delima adalah tanaman berdaun kecil dan bercabang ranting. Delima memiliki rasa asam-manis dengan warna biji putih, merah muda hingga gelap. Buah delima sangat banyak terdapat di Jazirah Arab hingga Mesir. Selain itu delima juga ditemukan di lembah-lembah Himalaya pada ketinggian 900-1800 meter di atas permukaan laut.

Delima memiliki nama latin “Punica granatum”. Tanaman milik keluarga Punicaceae ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Tidak hanya buah, tetapi kulit batang, kulit buah, biji, akar, bahkan daun dan bunga delima memiliki manfaat bagi kesehatan.

Sedemikian banyak manfaat kesehatan buah dari buah delima untuk sangat banyak sekali, tapi kali ini kita akan fokus pada manfaat kesehatan dari daun delima.

8 Manfaat Kesehatan Daun Delima

Berikut adalah manfaat khasiat kesehatan daun delima bagi kesehatan :

Mengobati insomnia.

Daun delima memiliki manfaat untuk mengobati insomnia. Khasiat daun ini untuk memudahkan pasien terlelap sudah dikenal di Timur Tengah. Disana Pomegranate merupakan ramuan yang luar biasa untuk mengobati insomnia. Caranya, cukup dengan menggiling 3 gram daun delima (+/- 15 lembar), kemudian direbus dengan 200 ml air hingga air tersisa 1/4 nya (+/- 50 ml). Minum ramuan ini sebelum tidur.

Mengobati sakit perut.

Salah satu manfaat kesehatan daun delima adalah untuk membantu proses pencernaan. Hali cukup dilakukan dengan mengkonsumsi teh yang terbuat dari daun delima atau mengkonsumsi obat herbal daun delima dalam bentuk kapsul.

manfaat daun delima bagi kesehatan

Manfaat Daun Delima Bagi Kesehatan

Mengatasi disentri.

Bagi anda yang memiliki masalah dengan diare, cobalah atasi dengan jus daun delima. Jus daun delima yang dicampur dengan buah delima sangat baik untuk mengobati disentri dan masalah usus, seperti diare berat. Hal ini disebabkan karena daun delima mengandung banyak sifat antibakteri.

Mengobati Sakit kuning.

Daun delima juga berkhasiat untuk sebagai obat sakit kuning herbal. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan sebanyak 3 gram bubuk daun delima
  • Rebus dengan 200 ml air hingga air tersisa 1/2
  • Minum ramuan ini dua kali sehari pada pagi dan sore hari

Obat Eksim.

Eksim adalah gejala medis yang ditandai dengan peradangan yang menyebabkan lepuh kecil atau gelembung pada kulit. Salah satu cara alami untuk mengobati eksim adalah dengan membalurkan serbuk daun delima pada daerah yang menderita sakit.

Mengobati batuk.

Daun delima juga bisa digunakan untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan minum rebusan 2 gram daun delima yang telah dikeringkan dengan 150 ml air. Tunggu hingga hangat lalu saring rebusan dan minum segera sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Mengobati prolaps rektum.

Manfaat daun delima untuk mengobati rektum yaitu dengan cara : Rebus 20 – 30 lembar daun delima dengan 500 ml air hingga tersisa 2/3 nya.  Campur dengan 1/2 sdt tawas.

Gunakan untuk membersihkan rektum saja.

Mengobati sariawan.

Sariawan merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada mulut, bibir, atau lidah. Gejalanya adalah kehadiran cedera pada daerah itu sehingga mengakibatkan rasa sakit dan nyeri bila disentuh makanan.

Cara alami untuk mengobati sariawan rajin berkumur dengan air rebusan daun delima.

khasiat daun delima bagi kesehatan

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait