Manfaat Daun Kemuning Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih dan Anyang-anyangan

Manfaat Daun Kemuning Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih dan Anyang-anyangan

Infeksi saluran kemih merupakan penyakit yang lazim menjangkiti setiap orang mengingat saluran kencing merupakan salah satu jalan keluar kotoran dari tubuh. Karena banyaknya kuman kotoran lalu-lalang disana, sedikit luka saja bisa menyebabkan infeksi. Selama tidak disebabkan oleh kuman penyakit menular seksual (PMS) infeksi saluran kemih mudah disembuhkan dengan menggunakan obat herbal tradisional yang salah satunya adalah mengambil manfaat daun Kemuning.

Manfaat daun kemuning

Pohon kemuning mudah ditemukan dimana saja. Bahkan di kota-kota besar seperti Jakarta, masih banyak warga menanam pohon kemuning karena bunganya memiliki aroma harum sangat kuat mirip bunga melati, terutama pada malam dan pagi hari.

Tumbuhan semak kemuning juga banyak dijumpai di pemakaman – pemakaman umum pinggir kota sebagai pohon pembatas atau pohon pagar. Kemuning atau Murraya Paniculata, memang sangat terkenal karena aromanya yang tajam dan khas.

Bunga kemuning agak mirip dengan bunga melati, bahkan di beberapa wilayah dia disebut dengan melati kuburan atau melati pagar, sementara di Inggris orang menyebutnya sebagau Orange Jasmine (melati orange). Di lingkungan warga, pohon kemuning biasanya ditanam di halaman rumah. Pohon kemuning yang banyak dijumpai di Indonesia umumnya berukuran kecil dengan ketinggian 2 – 4 meter. Daun-daunnya kecil namun cukup lebat dengan batang keras beralur sehingga cocok sekali dijadikan sebagai tumbuhan pagar.

Tanaman kemuning yang tumbuh liar bisa mencapai tinggi 8 – 10 meter dengan batang cukup besar. Pada sebagian masyarakat tradisional Minangkabau, kayu kemuning sering dimanfaatkan untuk membuat golok atau ladiang. Kayu kemuning juga sering dimanfaatkan untuk membuat golok serta biji sempoa.

Ternyata manfaat kemuning bukan hanya wangi dan kayu kerasnya. Berbagai manfaat daun kemuning juga tak kalah dibandingkan obat herbal tradisional sejenis, diantaranya untuk mengatasi radang saluran nafas, rematik, mengobati penyakit-penyakit saluran kemih misalnya infeksi saluran kencing, obesitas, sakit tukak lambung dan lain-lain.

Cara mengatasi infeksi saluran kemih dan anyang-anyangan dengan daun kemuning

obat herbal anyang-anyangan daun kemuning
Bunga kemuning

Jika anda menderita penyakit saluran kencing, jangan buru – buru menyelesaikannya dengan obat dokter karena daun kemuning memiliki manfaat kesehatan untuk mengobati penyakit saluran kemih terutama infeksi pada saluran kencing.

Perlu diketahui, hasil penelitian dari berbagai institusi dalam dan luar negeri, salah satu manfaat daun kemuning adalah kandungan anti-septik, anti-biotik dan anti-jamur yang dimilikinya. Kandungan tersebut ternyata bisa dimanfaatkan secara aman oleh manusia untuk bakteri atau kuman yang berkembang dalam tubuh manusia diantaranya pada saluran kencing.

Bagaimana cara mengolah daun kemuning menjadi ramuan herbal tradisional untuk mengatasi penyakit anyang-anyangan tersebut ?

Cara membuat larutan herbal kemuning untuk tujuan mengobati anyang-anyangan dan saluran kemih adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan sebanyak 30 – 40 gram daun kemuning
  2. Rebus daun kemuning dengan 3 gelas air putih, biarkan mendidih hingga tersisa kurang lebih separuhnya.
  3. Diamkan hingga menjadi dingin, lalu saring hingga tersisa airnya saja
  4. Minum larutan sebanyak 3 kali sehari pada pagi, siang dan malam hari
  5. Konsumsi bisa dihentikan apabila penyakit sudah benar-benar sembuh +/- 10 hari tergantung tingkat penderitaan. Apabila dalam 10 hari belum sembuh, segeralah ke dokter karena kemungkinan virus, bakteri atau kuman yang berkembang jenis yang kebal pada daun kemuning.

Umumnya penggunaan obat-obatan herbal dari alam adalah aman tanpa efek samping jika dilakukan dengan benar dan tidak berlebihan. Meski membutuhkan waktu relatif lebih lama, pengobatan cara herbal juga cukup ampuh sebagaimana digunakan oleh para orang-orang tua dan nenek moyang kita.

Demikian sekilas tentang mengobati infeksi saluran kemih dan anyang-anyangan dengan daun kemuning, semoga bermanfaat.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

Artikel terkait