Manfaat Kesehatan Daging Bebek Yang Menakjubkan @ Bisfren.com

Manfaat kesehatan daging bebek atau daging itik

Bebek atau itik merupakan ternak golongan unggas yang dikonsumsi manusia. Selain rasanya enak, manfaat kesehatan daging bebek sangat banyak bagi tubuh manusia. Itik dipelihara untuk diambil daging serta telurnya. Meski sebagian jenis itik tidak bisa terbang, tetapi bebek dimasukan dalam kelompok burung. Binatang ini hidup berkelompok serta pandai berbaris layaknya sekompi pasukan.

Daging bebek atau itik

Daging itik semakin hari semakin digemari. Sebagian orang bahkan sangat menggemarinya sehingga nyaris tidak bisa melewatkan hari tanpa makan siang atau makan malam dengan daging bebek. Meski demikian ada juga orang tidak menyukai daging itik dengan berbagai alasan diantaranya karena bila tidak bisa mengolahnya daging itik akan terasa alot dan anyir.

Meski sebagian orang masih mempertanyakan lebih bagus mana khasiat telur bebek dengan telur ayam kampung atau lebih bagus mana daging bebek dengan daging ayam, ternyata dibalik kelezatan cita rasa daging bebek, ditemukan banyak sekali manfaat kesehatan dari unggas bebek. Tentu saja hal tersebut didapat dari Itik yang bebas penyakit Bebek.

Itik maupun ayam, sama – sama merupakan makanan favorit di Indonesia bahkan bisa dikatakan hampir di seluruh dunia. Akan tetapi daging bebek alias daging itik memiliki nilai gizi serta kelezatan tersendiri terutama bagi pencintanya. Sedemikian besar permintaan akan daging itik membuat banyak pelaku bisnis menjalankan wirausaha budidaya bebek di halaman rumah mereka.

Kandungan gizi dan nutrisi daging bebek

Kandungan nutrisi dan vitamin daging bebek
Manfaat kesehatan daging itik

Apabila anda adalah penyuka daging unggas, bebek merupakan pilihan daging sangat bergizi. Sebagai penunjuang diet, daging itik tanpa kulit memiliki nilai kalori lebih rendah dari daging ayam tanpa kulit. Untuk mengetahui kandungan nutrisi apa saja pada bebek yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh ? berikut adalah ulasannya.

Daging bebek mengandung Vitamin B3 (Niacin)

Daging merupakan sumber Niacin, anggota dari vitamin B-kompleks, sangat baik. 100 gram daging dada Itik mampu memenuhi separuh kebutuhan harian tubuh terhadap Niacin. Niacin atau Vitamin B3 berperan penting dalam metabolisme lemak dalam tubuh. Selain itu Niacin memiliki efek penurun kolesterol. Niacin membantu mengurangi kolesterol low density lipoprotein (LDL) yang membentuk plak pada pembuluh darah. Dengan berkurangnya LDL, maka risiko penyakit jantung juga akan menurun. Apabila anda ingin menikmati daging dan sekaligus meningkatkan kesehatan kardiovaskular, Itik merupakan pilihan yang baik.

Niasin juga mendukung proses genetika. Tubuh membutuhkan Niasin untuk memproduksi komponen material sel genetik sel.  Dengan memberi asupan Niasin secara memadai, kerusakan DNA dapat dikurangi. Niasin juga diketahui membantu menstabilkan gula darah serta mengatur metabolisme insulin. Hal tersebut menyebabkan bebek memiliki manfaat kesehatan untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

100 gram daging itik mampu memenuhi lebih dari separuh kebutuhan protein harian tubuh

Protein memainkan peran dasar dalam berbagai kegiatan dalam tubuh. Pembentukan jaringan , sel, enzim serta hormon semuanya memerlukan protein. Bahkan perbaikan kulit rusak, membran sel, tulang rawan dan jaringan juga sangat bergantung pada ketersediaan protein. Protein juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Mereka membantu pembentukan anti-bodi tertentu untuk melawan infeksi.

Daging bebek kaya akan Zat Besi

Zat Besi memainkan peran penting dalam pembuatan hemoglobin, yaitu komponen dasar sel darah merah. Sel-sel itu sendiri sangat penting dalam distribusi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Zat Besi juga mengatur metabolisme tubuh serta membantu mengatur pertumbuhan sel serta memproduksi enzim tertentu. Itik merupakan sumber zat besi. Dengan mengkonsumsi itik, tubuh terbantu untuk tampil secara optimal. Bebek juga merupakan pilihan makanan yang baik bagi pertumbuhan anak-anak, remaja serta penyandang disabilitas (cacat). Kandungan zat besi pada daging itik dapat membantu tubuh menghasilkan energi untuk berbagai kebutuhan.

Itik mengandung mineral Selenium

Selenium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh. Meski kebutuhannya dalam kadar sedikit, Selenium mendukung banyak kegiatan enzim dalam tubuh. Selenium juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh sebagai anti-oksidan. Sebagaimana anti-oksidan lainnya, Selenium membantu melindungi sel dari radikal bebas. Satu porsi 100 gram bebek menyediakan sekitar 43 persen dari kebutuhan harian tubuh akan Selenium.

Berbagai manfaat kesehatan daging itik bagi kesehatan tubuh

Manfaat daging itik
Daging itik olahan

Setelah mengetahui beberapa kandungan vitamin dan mineral dalam daging bebek diatas, beberapa hal dapat disimpulkan tentang manfaat bebek bagi kesehatan sehingga layak dijadikan peluang usaha, diantaranya yaitu :

  1. Bebek atau Itik dapat menjaga kestabilan kinerja otot tubuh berkat kandungan Protein serta Niacin. Terpenuhinya kebutuhan Protein dan Niacin dengan sendirinya membantu pertumbuhan otot sehingga mampu menjaga kesehatan fisik serta mental.
  2. Daging itik juga memiliki manfaat kesehatan untuk mencegah Anemia atau kekurangan sel darah merah berkat kandungan Zat Besi di dalamnya.
  3. Daging bebek juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas Sperma pada pria berkat kandungan Protein hewani, Niacin (Vitamin B3) serta Zat Besi.
  4. Mengkonsumsi Bebek bisa melembabkan kulit dan menyehatkan rambut berkat Niacin.
  5. Daging bebek punya manfaat membantu meningkatkan sistem imunitas dan sebagai anti-oksidan
  6. Mengkonsumi daging bebek sebagai pengganti daging sapi atau kambing memberi manfaat dapat meningkatkan kesehatan jantung, sistem peredaran darah serta sistem kardiovaskular.
  7. Umumnya anak – anak yang sering mengkonsumsi itik memiliki tubuh lebih sehat, tahan terhadap penyakit serta memiliki tulang serta otot yang kuat berkat terpenuhinya protein, zat besi dan Vitamin B3.

Mitos atau fakta ? anak – anak yang sering diberi makan daging bebek nyaris tidak pernah bertengkar satu sama lain

Ada kepercayaan yang berkembang pada beberapa kalangan masyarakat untuk membuat anak menjadi – kompak, akur serta nyaris tidak pernah bertengkar – yaitu salah satunya dengan menjadikan bebek sebagai konsumsi harian mereka.

Meski terkesan mengada-ada atau sekedar mitos, akan tetapi hal tersebut diyakini oleh sebagian orang-orang tua yang menginginkan anak – anak mereka senantiasa rukun. Apakah hal tersebut dikaitkan dengan sifat bebek yang hidup berkelompok serta kompak dalam kegiatannya, bahkan mereka mampu berbaris teratur tanpa saling berdesakan ? entahlah, belum ada kajian ilmiah tentang hal tersebut. Akan tetapi tidak sedikit ibu – ibu di pedesaan memberi asupan daging bebek kepada anak – anak sejak balita dengan maksud agar anak mereka menjadi akur, rukun dan kompak.

Dibagikan

Penulis :

You may also like