Manfaat Kesehatan Ikan Lele Bagi Anak, Remaja Dan Dewasa

manfaat kesehatan ikan lele sebagai pemasok protein

Semakin banyak orang menyukai rasa ikan lele. Bahkan di Indonesia, popularitas ikan air tawar ini mampu menyaingi ikan lain konsumsi lainnya seperti ikan mas, ikan gurame dan ikan nila. Permintaan besar akan ikan ini membuat peluang usaha budidaya lele semakin digemari. Akan tetapi tahukah anda akan manfaat kesehatan ikan lele serta manfaat lele bagi kesehatan ? mari simak ulasannya.

Manfaat Kesehatan Ikan Lele

Ikan lele merupakan ikan bergizi dengan manfaat utama sebagai pemasok protein hewani bagi tubuh kita. Hal ini sama seperti daging sapi, kambing serta ayam yang biasa dikonsumsi. Ikan ini juga memiliki manfaat kesehatan dengan memberikan asupan vitamin, lemak sehat, asam lemak, omega-3, omega-6 serta Vitamin B-12 untuk kesehatan sistem syaraf.
Sama seperti ikan lainnya, lemak dan protein hewani ikan lele sangat bersahabat bagi tubuh manusia dibanding lemak serta protein pada daging sapi, ayam juga kambing.

Manfaat lele untuk kesehatan

Mengambil manfaat lele untuk kesehatan dengan memasukannya ke dalam daftar diet kita adalah hal bijaksana selain harganya murah, rasanya lezat dan manfaat kesehatan ikan lele sangat besar.

Ikan lele rendah kalori dan lemak

180 gram Ikan lele atau setara 1 ekor ukuran sedang mengandung 122 kalori dan 6.1 gram lemak. Jumlah kalori rendah ini merupakan pilihan ideal untuk makan malam sehat. Seorang wanita umumnya butuh 300 – 500 kalori sekali makan, sementara lelaki butuh 400 – 600 kalori setiap kali makan. Dengan kontribusi hanya sebesar 122 kalori, cukuplah manfaat kesehatan ikan lele sebagai pelengkap kalori dari nasi dan lauk lainnya.

Rendahnya kandungan lemak juga merupakan manfaat lele untuk kesehatan. Dan perlu diketahui bahwa dari 6.1 gram lemak tersebut, hanya 2 gram nya merupakan lemak jemuk. Ini sangat rendah karena ahli kesehatan membatasi jumlah pasokan lemak jenuh bagi tubuh perhari adalah 22 gram maksimal untuk laki-laki dan 16 gram untuk wanita.

Manfaat kesehatan ikan lele lainnya, dia hanya mengandung asam lemak sehat

Mengkonsumsi ikan lele merupakan cara lezat, murah meriah, meningkatkan asupan asam lemak omega-3 serta omega-6. Satu porsi berukuran sedang mampu memasok  220 gram asam lemak omega-3 juga memberikan 875 gram asam lemak omega-6.

Jadi memasukan ikan ini dalam daftar menu harian dapat meningkatkan manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan jantung dan kesehatan kognitif karena manfaat omega-3 serta omega-6 adalah merupakan faktor penentu bagi keduanya.

Memberi asupan protein lengkap merupakan manfaat lele untuk kesehatan

pecel lele sehat tak perlu mahal
Lele pedas segar

Satu porsi ikan lele menyumbang 15,6 gram protein dengan kandungan semua asam amino bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Protein lengkap berkualitas tinggi ini membantu pembentukan massa otot terutama pada masa pertumbuhan balita dan remaja. Tentu saja kita bisa mengandalkan protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Memberi manfaat sebagai sumber Vitamin B-12 bagi kesehatan

Mengkonsumsi 1 ekor ikan lele memberi manfaat 40% asupan vitamin B-12 untuk kesehatan tubuh dari rekomendasi ahli kesehatan. Vitamin B-12 memainkan fungsi penting untuk kesehatan tubuh dalam manfaat mengurai makanan menjadi energi.

Tapi bagi orang dewasa, paruh baya apalagi manula, asupan vitamin B-12 sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem syaraf. Tanpa manfaat vitamin B-12, tubuh akan menjadi lesu selain itu syaraf serta nyeri otot.

Bila anda atau orang tua rutin mengkonsumsi vitamin neurobion untuk membantu sistem saraf, anda akan menemukan vitamin B-12 dalam komposisinya. Padahal 40% dari kebutuhan tubuh bisa dipenuhi hanya oleh 1 ekor ikan lele. [Mungkin anda ingin membaca peluang usaha budidaya lele]

Mendapat manfaat lele bagi kesehatan dengan mengkonsumsi sejak kecil

Untuk memperoleh manfaat kesehatan ikan lele, adalah hal bijaksana untuk membiasakan konsumsi ikan murah sehat ini. Mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh tidak harus mahal. Banyak makanan sehat kaya nutrisi disekitar kita untuk kesehatan tubuh juga kecerdasan tanpa harus membayar mahal. Mungkin kita perlu ingat bahwa orang-orang besar zaman dulu, pemimpin negeri, cerdik cendika pintar sejak zaman kuda gigit besi tidak mengkonsumsi susu serta vitamin impor untuk jadi sehat serta cerdas. Mereka bisa dicukupi kebutuhan nutrisi  dari sumber daya alam disekitar. Salah satunya mungkin dari manfaat lele untuk kesehatan.

Save

Save

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

You may also like