Manfaat Sarang Walet Yang Menakjubkan Pada Pengobatan Tradisional @Wiki

manfaat sarang walet yang menakjubkan pada pengobatan tradisional

Dengan harga mencapai US $ 9.000 / kg, sarang burung walet merupakan salah satu makanan termahal demi alasan mengambil manfaat sarang walet yang menakjubkan bagi kesehatan. Sarang terbuat dari air liur burung yang tinggal di gua ini merupakan sarang paling berbahaya saat dipanen, membutuhkan kesabaran untuk menunggu, dan melelahkan dan menghabiskan biaya untuk dijaga dari para penjarah. Apa manfaatnya bagi kesehatan sehingga dia begitu mahal ? berikut adalah tulisan dari berbagai artikel pengobatan tradisional Cina.

Manfaat Sarang Walet

Secara tradisional, sarang walet dikonsumsi dengan cara dibuat sup. Namun kini kita dapat menjumpai aneka produk makanan dan minuman suplemen kemasan diklaim menggunakan bahan sarang burung walet, bahkan banyak pula produk kosmetik mencantumkan sarang walet untuk memikat pembeli yang ingin mendapatkan manfaat sarang walet untuk kesehatan yang menakjubkan.

Meski, ilmu pengobatan barat sampai kini masih belum bisa menjelaskan kekuatan penyembuhan dikaitkan dengan sup sarang walet, kandungan nutrisi dan kimia dari sarang walet ini terus diteliti diberbagai universitas dan lembaga kesehatan barat maupun timur. Mengenai hal ini, Fukui Mai dan Dacheng Liu dari Shandong University di Cina menulis dalam sebuah artikel pada Food Research International “Yang membedakan pengobatan barat dan timur adalah, pada pengobatan tradisional, dua obat dari bahan berbeda namun memiliki kandungan kimia persis sama, mereka belum tentu memiliki kekuatan dan jenis energi sama, sehingga hasil pengobatan bisa berbeda”.

Sarang walet memiliki banyak kandungan protein dan asam amino yang bisa saja kadar dan komposisinya ditiru dengan menggunakan bahan lain, akan tetapi energi dari sarang walet memiliki manfaat berbeda,  dan itu akan diserap dengan cara berbeda oleh tubuh, sehingga menghasilkan manfaat sarang walet untuk kesehatan yang menakjubkan, tidak bisa ditiru oleh obat apapun. Sama seperti khasiat ginseng panax bagi kesehatan, atau khasiat-khasiat dan manfaat obat yang berasal dari alam lainnya.

manfaat sarang walet yang menakjubkan pada pengobatan tradisional
sup sarang walet

Sarang Walet Yang Menakjubkan

Walet tinggal di gua-gua batu karang di sekitar Samudera Hindia, Kepulauan Pasifik Selatan Asia Tenggara, dan Australia Utara. Walet jantan membangun sarang, menempel pada dinding vertikal maupun atap gua. Mengambil sarang walet membutuhkan kehati-hatian,  ketelitian serta ketrampilan tersendiri. Tergantung dari jenis sarang, dibutuhkan rata-rata 8 jam bagi 1 orang untuk bisa mengumpulkan 10 sarang walet. Sungguh menakjubkan, sarang yang dibuat oleh burung walet ini.

Manfaat Sarang Walet Yang Menakjubkan

Diperkirakan, bangsa Cina sudah menggunakan sarang walet untuk dijadikan sup sejak 1.200 tahun lalu. Sarang walet dianggap memiliki nilai gizi dan obat yang tinggi. Manfaat sarang walet yang menakjubkan ini diantaranya diyakini memiliki anti-penuaan,  anti-kanker, meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan libido seksual.

Protein adalah konstituen yang paling melimpah dari sarang walet, yang mengandung semua asam amino esensial. Mereka juga mengandung enam hormon, termasuk testosteron dan estradiol (The Cina medicine).

Sarang walet juga mengandung karbohidrat, abu dan sejumlah kecil lipid (molekul alami termasuk lemak). Penelitian telah menunjukkan bahwa sarang mengandung zat yang dapat merangsang pembelahan dan pertumbuhan sel, meningkatkan pertumbuhan dan regenerasi jaringan, serta dapat menghambat infeksi influenza.

manfaat sarang walet yang menakjubkan
sarang walet siap jual

Namun perlu diingat juga bahwa tidak semua orang mendapat reaksi yang baik bila mengkonsumsi sarang burung walet. Bagi mereka yang alergi terhadap zat yang terkandung pada sarang burung, hal ini bisa merangsang timbulnya anafilaksis, yaitu reaksi alergi yang mengancam nyawa.

Demikian manfaat sarang walet yang menakjubkan pada pengobatan tradisional, semoga bisa menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

Artikel terkait