Manfaat Serta Khasiat Telur Bebek

manfaat telur bebek untuk kesehatan

Telur merupakan konsumsi hampir semua orang. Mulai dari balita hingga orang tua, menikmati manfaat telur dan khasiat telur secara langsung maupun tidak langsung. Disadari maupun tanpa disadari. Maksudnya adalah, karena telur bisa diolah dalam makanan apa saja, seseorang mungkin tidak menyadari bahwa makanan yang disantapnya mengandung telur. Entah telur ayam atau telur bebek atau itik.

Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan

Umumnya orang mengatakan dia baru saja menyantap telur apabila telur tersebut digoreng, direbus, dimakan 1/2 matang, atau mungkin mentah. Jarang sekali seseorang mengatakan makan telur apabila sudah bercampur rata dengan nasi goreng. Mereka lebih sering mengatakannya makan nasi goreng.  Telur baru disebut kehadirannya apabila pada nasi goreng tersebut terdapat telor dadar atau telor ceplok.

Sobat Bisfreners, pada dasarnya semua telor dapat dikonsumsi. Entah telur bebek, burung puyuh, burung unta, ayam, ular, penyu, maupun buaya bisa dikonsumsi oleh manusia dengan aman. Akan tetapi tentunya tidak semua suka atau bisa mendapatkan telor binatang liar kecuali umumnya mengkonsumsi telur dari hewan unggas itik, ayam dan burung putuh.

Telur ayam lebih banyak dikonsumsi, akan tetapi Bebek atau Itik memiliki beberapa keunggulan dalam manfaat serta khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain dapat dikonsumsi atau diolah sebagaimana telur Ayam, telur itik atau bebek memiliki keunggulan bisa dijadikan telur asin.

Jadi jelas dalam hal pengolahannya manfaat telur bebek lebih banyak dibanding telor ayam – tergantung cara beternak bebek, apakah dilepas atau dikandangkan – karena dia dapat dijadikan telor asin sehingga bisa disimpan lebih lama sebagai bekal perjalanan maupun oleh – oleh.

Khasiat telur itik bagi kesehatan

Telur adalah sumber protein hewani yang baik bagi tubuh. Khasiat telur bebek bagi kesehatan tubuh sudah diakui dari hasil berbagai penelitian ahli kesehatan dalam maupun luar negeri.  Sebagai sumber protein hewani, telur bebek mengandung banyak manfaat setara atau bahkan lebih tinggi dibanding protein nabati seperti tahu dan tempe. Bukan hanya itu, ukuran telur itik yang lebih besar dari telur ayam membuatnya memiliki lebih banyak khasiat dibanding ayam. Adapun khasiatnya antara lain adalah :

Membantu meningkatkan kesehatan mata

Dengan kandungan Vitamin A cukup tinggi, sebutir telur Itik mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan Vitamin A sehingga dapat membantu melindungi kesehatan mata dari berbagai penyakit. Telur serta manfaat daging Itik juga direkomendasikan untuk dikonsumsi manusia paruh baya untuk menghindari terkena Age Related Macular Degenaration atau penurunan makula akibat usia pada mata yang bisa menyebabkan kebutaan.

Asupan Vitamin A sesuai kebutuhan juga diyakini mampu menunda bahkan mencegah seseorang terkena penyakit katarak akibat usia, menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan gigi dan tulang serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Membantu tubuh memproduksi hormon, enzim serta jaringan dan sel

Kandungan protein dalam telur itik sangat penting bagi tubuh guna melakukan pembentukan jaringan, sel, enzim dan hormon.  Bukan hanya itu, protein pada bebek sangat bermanfaat bagi perbaikan kulit rusak, perbaikan membran sel, memperkuat tulang rawan, dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Membantu meningkatkan kesehatan kulit

Telor Itik mentah maupun setelah diolah memiliki kandungan vitamin E dan Zat Besi guna membantu tubuh meningkatkan kesehatan kulit, mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Bahaya telur bebek bagi kesehatan

Tidak selayaknya kita mengatakan sesuatu hal hanya bagian baik – baiknya saja. Pada kenyataannya selain memiliki manfaat kesehatan serta khasiat bagi kesehatan, telur Itik memiliki bahaya bagi kesehatan tubuh.

Bahaya telur bebek bagi kesehatan disebabkan oleh kandungan kolesterol tinggi di dalamnya. Meskipun banyak ahli berpendapat bahwa tidak ada hubungan langsung antara tingkat kolesterol pada makanan dengan tingkat kolesterol dalam darah, perlu juga diwaspadai akan bahaya kemungkinan terjadinya peningkatan kolesterol dalam darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.

Jadi bagi para penderita sakit jantung koroner atau orang-orang yang sudah di vonis oleh dokter memiliki resiko terkena serangan jantung, sebaiknya mengkonsumsi telur bebek secara bijaksana.

Demikian sedikit informasi tentang khasiat serta manfaat telur itik semoga dapat diambil manfaatnya atau menjadi inspirasi bagi pencari peluang usaha budidaya bebek sekalian. Salam sukses.

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait