Inilah Bukti Manfaat Wolfberry / Goji Berry Bagi Kesehatan

manfaat gojiberry atau goji berry untuk kesehatan

Manfaat goji berry atau wolfberry untuk kesehatan diantaranya mengontrol diabetes, menurunkan kolesterol, perlindungan dari radikal bebas, perlindungan kardiovaskular, mencegah kanker, perlindungan sel otak dan syaraf otak, perlindungan hati serta kulit dari radiasi UV serta pengaruhnya pada pigmen yang menentukan warna kulit. Buah ini juga disebutkan membantu meningkatkan penglihatan mata, kesehatan umum juga memperkuat sistem kekebalan tubuh sebagaimana yang dilansir berbagai situs kesehatan diantaranya Organic Fact dan Daily Health.

Goji berry atau wolfberry, digunakan dalam pengobatan tradisional Cina juga dalam berbagai resep masakan di Cina. Jus wolfberry juga buah itu sendiri dijual untuk berbagai manfaat kesehatan. Wolfberry sebenarnya dibagi menjadi dua sub-spesies, yang dikenal sebagai Lycium barbarum Lycium chinense adapun kedua adalah keluarga Solanaceae. Wolfberry dianggap tumbuhan asli Cina juga tumbuh di daerah yang lebih hangat di seluruh dunia, termasuk Australia, Amerika Utara, cekungan Mediterania, Asia Tengah, juga Asia Barat Daya. Cina adalah eksportir terbesar Wolfberry di dunia.

Nama bahasa Inggris Goji berry berasal dari bahasa Mandarin, Gouqi. Nama lainnya, wolfberry, diduga berasal dari nama Yunani tanaman Lycium, dari kata Lycos atau “serigala” dalam bahasa Yunani. Pohon goji berry pohon tumbuh hingga tinggi 3 meter. Buah wolfberry kecil, hingga 2cm, berbentuk merah atau oranye, berbentuk lonjong gelap. Buah ini rasa pahit manis.

Goji tidak hanya digunakan sebagai makanan serta obat-obatan di Cina, tetapi juga di negara-negara Asia lainnya seperti Korea, Jepang, dan Vietnam. Seluruh tanaman, termasuk buah, daun, akar, dan kulit akar telah digunakan untuk tujuan pengobatan. Dalam pengobatan tradisional, goji berry atau wolfberry yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit hati, infertilitas, sakit perut, batuk kering, kelelahan, dan sakit kepala. Buah wolfberry ini dianggap sebagai tonik yang bisa meningkatkan umur panjang.

Nilai gizi Wolfberry / Goji Berry

Goji berry kering mengandung kalori, karbohidrat, lemak, serat makanan, gula dan protein. Mineral dan vitamin yang ditemukan dalam buah wolfberry termasuk natrium, kalium, kalsium, zat besi, zinc, selenium, Vitamin C, karoten, thiamin, riboflavin, lutein, lycopene, zeaxanthin, polisakarida, betaine, dan peptidoglikan.

Manfaat kesehatan Goji Berry / Wolfberry

Berikut adalah manfaat kesehatan goji berry atau wolfberry :

Buah wolfberry atau goji berry kering

Mengontrol Diabetes : diabetes adalah salah satu penyakit utama di dunia pada zaman modern ini. Mengendalikan atau mencegah diabetes mutlak diperlukan, karena dia dapat menyebabkan munculnya beberapa penyakit lain seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit kardiovaskular, stroke, dan penyakit mata bahkan kebutaan. Salah satu manfaat kesehatan utama dari mengkonsumsi wolfberry adalah bahwa buah ini dapat membantu mengendalikan diabetes. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak buah goji berry memiliki sifat hipoglikemik yang cukup. Studi juga menunjukkan bahwa menggunakan wolfberry untuk mengontrol diabetes akan menghasilkan efek samping negatif (tidak ada efek samping).

Mengendalikan Kolesterol : Kolesterol adalah salah satu alasan utama munculnya penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular. Kolesterol bisa membentuk plak dalam pembuluh darah dan pembuluh arteri sehingga menghalangi aliran darah. Hal ini pada gilirannya menyebabkan jantung harus memompa dengan kekuatan lebih tinggi, sehingga mengakibatkan melemahnya jantung, dan memicu serangan jantung. Studi terbaru menunjukkan bahwa asupan buah goji bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan kolesterol total.

Perlindungan Dari Radikal Bebas : Antioksidan, adalah berbagai bahan kimia yang bereaksi dan menetralisir aksi radikal bebas yang diproduksi tubuh kita. Radikal bebas, jika dibiarkan, dapat merusak jaringan, sel, membran sel, dan DNA dari waktu ke waktu, sehingga menimbulkan berbagai penyakit. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi goji dapat membantu menurunnya kondisi medis yang berkaitan dengan radikal bebas. Antioksidan dalam goji berry / wolfberry juga dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

beli goji berry pemutih kulit dan wajah di kaskus jakarta

Perlindungan Kardiovaskular : Radikal bebas juga dapat menyerang jantung, sama seperti organ lainnya. Ketika otot-otot jantung yang diserang, hasilnya bisa menyebabkan jantung melemah. Meskipun hal ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang, masih diperlukan tindakan pencegahan. Goji dapat bertindak sebagai pelindung, karena mengandung bahan kimia anti-oksidan yang dapat melindungi jantung dari serangan radikal bebas. Penelitian terbaru mencatat menurunnya radikal bebas secara signifikan dalam jantung dengan konsumsi ekstrak goji berry.

Kesehatan Tubuh : Manfaat kesehatan wolfberry / goji berry juga mencakup kesejahteraan umum dan tubuh yang sehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi goji berry meningkatkan dan memperbaiki fungsi pencernaan, mengurangi stres dan kelelahan. Hal ini juga meningkatkan neurologis dan kinerja psikologis juga.

Anti Kanker : Wolfberry tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan. Penyelidikan ilmiah pada ekstrak buah goji berry mengungkapkan berbagai sifat anti-kanker. Mereka diuji pada sel kanker manusia. Apoptosis, atau kematian mendadak sel, diamati untuk sel-sel kanker ketika goji berry ekstrak diberikan, dan wolfberry menunjukkan pengaruh besar atas perkembangan sel kanker.

Melindungi Kerusakan Sel Dan Syaraf Otak : Radikal bebas dapat menyerang neuron atau sel otak. Sel-sel otak yang rusak dapat mengembangkan penyakit neurodegenerative. Penyakit neurodegenerative ini dapat secara efektif dilawan dengan mengkonsumsi wolfberry. hasil penelitian menunjukan, ekstrak goji berry memberikan hasil perbaikan aktivitas syaraf otak yang signifikan.

Melindungi Kerusakan Hati : Hati adalah salah satu organ yang paling tangguh dalam tubuh kita dan dapat melindungi tubuh dari kerusakan kimia, radikal bebas, dan fisik. Namun, siklus kerusakan – perbaikan yang dilakukan oleh hati pada akhirnya dapat mengakibatkan kerusakan hati itu sendiri. Goji berry, di sisi lain, telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan Cina untuk mengobati penyakit hati. Ekstrak goji berry menunjukkan sifat perlindungan terhadap hati dari radikal bebas.

petani wolfberry sedang menjemur goji berryPerlindungan Kulit : Radiasi ultraviolet adalah salah satu ancaman yang kita hadapi sebagai akibat dari menipisnya lapisan ozon di beberapa bagian dunia. Paparan kulit terhadap radiasi UV dapat menyebabkan kerusakan kulit dan kanker kulit dalam kasus yang ekstrim. Kita dapat mengurangi risiko ini dengan mengkonsumsi goji berry. Penelitian telah menunjukkan bahwa goji berry secara signifikan mengurangi peradangan kulit.

Mempengaruhi Warna Kulit : Konsumsi wolfberry secara signifikan bisa mempengaruhi pigmen yang menentukan warna kulit sehingga banyak produk pemutih kulit dan wajah menggunakan wolfberry sebagai bahan dasarnya. Secara teratur mengkosumsi goji menyebabkan warna kulit menjadi lebih putih dan cerah. Sampai saat ini masih dilakukan penelitian pengaruh perubahan warna kulit dan DNA sebagai pengaruh dari konsumsi goji berry secara turun temurun.

Meningkatkan Kualitas Tidur : Pada pengobatan Cina tradisional, salah satu penggunaan goji berry adalah untuk menginduksi tidur serta mengurangi stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa goji berry, ketika diberikan kepada subyek manusia, meningkatkan kualitas tidur mereka secara signifikan tanpa efek samping.

Jual goji berry pemutih kulit kaskus jakartaMeningkatkan Semen dan Kualitas Sperma : Goji berry / wolfberry telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sebagai afrodisiak yang ringan. Studi ilmiah tentang sifat afrodisiak goji berry menyimpulkan bahwa hal itu dapat mengurangi kerusakan testis juga memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif oleh hidrogen peroksida, yang dapat menurunkan jumlah semen serta kualitas sperma.

Meningkatkan Penglihatan : Wolfberry, karena sifat antioksidannya, juga membantu dalam meningkatkan penglihatan. Antioksidan melindungi mata dari radikal bebas yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan, katarak, serta gangguan mata lainnya yang terkait dengan usia.

Dibagikan

Penulis :

You may also like