Mata Kering / Dry Eyes

penyebab dan bahaya mata kering

Apa Itu Mata Kering ? apa gejala dan penyebab nya ? bagaimana mencegah serta obat apa yang bisa mengatasi nya ? berikut adalah artikel yang kami kutip dari berbagai sumber.

Mata Kering atau Dry Eyes

Permukaan mata kita dilapisi oleh tiga lapiran air mata yaitu lapisan lipid, akuos dan musin. Ketiganya membentuk lapisan  air mata yang stabil diantara kedipan mata. Adapun lapisan-lapisan tersebut adalah :

Lapisan Minyak / Lipid

Lapisan luar ini diproduksi oleh kelenjar Meiboom yang terdapat pada tepi kelopak mata. Lapisan ini akan mengurangi penguapan lapisan di bawahnya. Apabila lapisan ini terganggu atau tidak baik, maka penguapan lapisan akuos akan bertambah cepat. Masalah ini sering terjadi pada orang-orang yang mengalami peradangan di tepi kelopak mata, acne dan beberapa kelainan kulit lain.

Lapisan Air / Akuos

Lapisan yang berada ditengah ini merupakan lapisan paling tebal dan diproduksi oleh kelenjar air mata. Tugasnya adalah untuk membersihkan mata dari kotoran dan membersihkan dari benda iritan (bisa menyebabkan iritasi) untuk mata.

Lapisan Musin

Lapisan paling dalam ini bertugas menempelkan kedua lapisan diatasnya merata dipermukaan mata.

Ketiga lapisan air mata yang stabil ini membuat mata terasa nyaman dan penglihatan jelas. Ketidak stabilan lapisan ini akan membuat bercak kering di permukaan mata yang menyebabkan sensasi rasa kering, terasa seperti berpasir, penglihatan kabur.

Penyebab Mata Kering

penyebab mata kering
Lapisan mata (@EyeClinicCofaustin)

Kualitas air mata yang kurang adalah penyebab utama mata kering. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah yang terjadi pada satu atau lebih lapisan diatas yang menyebabkan terjadinya ketidak-seimbangan sehingga mebuat bercak kering di permukaan mata.

Berkurangnya produksi air mata akibat ketidak seimbangan lapisan merupakan keadaan yang sangat sering terjadi terutama pada usia lebih dari 40 tahun.

Selain itu fungsi kelopak mata yang berkurang bisa menyebabkan sensasi mata kering. Dengan kelopak yang mengedipkan mata setiap 12 detik pada kondisi normal, kelopak mata akan meratakan lapisan tipis airmata ke permukaan mata kita.

Gejala Mata Kering Dan Keluhan Mata Kering

Gejada dan keluhan mata kering biasanya dirasakan oleh kedua mata antara lain :

  • Sensasi rasa panas, kering dan gatal pada mata
  • Adanya kotoran mata
  • Meningkatnya rasa iritasi mata terhadap angin dan asap
  • Mata lelah setelah membaca dalam waktu tidak terlalu lama
  • Tidak tahan terhadap cahaya
  • Kesulitan mengenakan lensa kontak
  • Mata berair
  • Penglihatan kadang buram terutama setelah digunakan untuk waktu lama diakhir hari kerja

Keluhan pada mata bisa menyebabkan orang mengalami sakit kepala migrain yang hebat. Jadi Bila anda mengalami salah satu atau lebih gejala diatas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter mata.

Obat Penyebab Mata Kering

obat penyebab mata kering
Obat (@NetDoctor)
  • Ada beberapa macam obat yang menyebabkan berkurangnya lapisan air mata
  • Diuretika, yang umumnya digunakan untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi.
  • Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitors juga untuk mengobati tekanan darah tinggi
  • Antihistamines and decongestants
  • Obat tidur
  • Obat-obatan KB
  • Beberapa anti depresan
  • Obat kuat dan obat yang mengandung steroid
  • Obat pelangsing tertentu. Baca : resep pelangsing herbal super cepat yang aman.
  • Lain-lain

Penyebab lain mata kering

Kosmetik penyebab mata kering dan katarak
Masalah akibat kosmetik (@tabandMD)

Resiko mata kering akan semakin bertambah pada kondisi lingkungan yang kering, matahari terik, angin dan ketinggian tertentu. Berada pada ruangan berpendingin udara dengan suhu yang rendah juga bisa menyebabkan mata kering.

Demikian pula pada orang yang bekerja dengan konsentrasi tinggi seperti bekerja di depan komputer, menyetir atau membaca biasanya memiliki jumlah kedipan mata yang kurang. Dengan jumlah kedipan yang kurang,  penguapan air mata menjadi lebih banyak sehingga mata menjadi kering. Baca : Buta warna dan kaitannya dengan mata kering.

Mata kering bisa berbahaya, terutama jika usia sudah melebihi 40 tahun dan bekerja pada kondisi yang menyebabkan mata kering atau mengkonsumsi obat penyebab mata kering, menjadwalkan kunjungan ke dokter mata secara berkala adalah hal yang paling bijaksana. Hal ini untuk mencegah atau menunda terjadinya penyakit Aged Related Macula Degeneration pada mata (AMD) atau penyakit menurunnya fungsi makula akibat usia.

Meski masih diperdebatkan, kosmetik tertentu, seperti pemutih dan pelembab, juga diyakini bisa menyebabkan terjadinya mata kering dan memicu penyakit mata lainnya seperti katarak. Oleh karena itu untuk pencegahan sebaiknya hindari penggunaan kosmetik dekat pada mata.

Orang yang rutin mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar lebih dari 4 cangkir sehari juga memiliki resiko tinggi untuk mengalami mata kering dan glaukoma. Jadi bagi peminum kopi sebaiknya berhati-hati dan memberi perhatian ekstra pada kesehatan matanya.

Orang dengan penyakit gula atau diabetes yang mengalami mata kering memiliki resiko terkena penyakit diabetes retinopati yang bisa menyebabkan kebutaan.

Mencegah Mata Kering

Bila pekerjaan anda membutuhkan konsentrasi tinggi yang melibatkan mata anda, biasakan untuk berhenti sejak setiap beberapa 15 – 30 menit untuk selama 1 – 2 menit untuk memberi waktu istirahat kepada mata dan membiarkannya mengembalikan kelembaban mata secara alamiah.

Tidak mengkonsumsi sembarang obat terutama yang bersifat penenang atau pereda nyeri juga merupakan tindakan yang bisa mencegah terjadinya mata kering.

Selalu memenuhi kebutuhan nutrisi mata merupakan cara paling tepat untuk menjaga kesehatan mata dan kesehatan tubuh secara umum. Mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin A serta yang bekerja pada sistem syaraf mata sangat dianjurkan bagi orang yang ingin menjaga kesehatan matanya. Buah blueberry, goji berry, ginkgo biloba, lidah buaya, tomat, nanas dan wortel diyakini memiliki manfaat bagi mata.

Obat Mata Kering

obat tetes untuk mata kering
Obat tetes (@ccbnational)

Pada kasus yang masih normal, biasanya dengan meneteskan penyegar mata atau membasuh muka dengan air sudah cukup untuk mengembalikan kelembaban mata. Akan tetapi pada keadaan dimana mata sudah sedemikian kering biasanya dokter memberikan obat tetes berupa air mata buatan. Baca : Amblyopia atau mata jereng bisa disembuhkan.

Mata kering bisa disebabkan atau memicu kondisi penyakit mata lainnya. Oleh karena itu, lakukan konsultasi secara berkala setidaknya 1 tahun sekali untuk mencegah berkembangnya penyakit yang berbahaya.

Apakah Mata Kering Bisa Menyebabkan Katarak Dan Glaukoma  ?

Mata kering adalah salah satu awal dari munculnya penyakit mata. Jika dibiarkan, lensa mata yang kering bisa saja menjadi keruh (baca : katarak) atau meningkatkan tekanan bola mata (baca: glaukoma). Baca : perbedaan katarak dan glaukoma. Jadi  sebaiknya jangan biarkan mata mengalami sensasi mata kering terus menerus dalam waktu yang lama.

Obat Herbal Untuk Mata Kering

Jangan gunakan sembarang obat. Apabila mata anda terasa kering atau mengalami gejala sebagaimana tersebut diatas, berkonsultasi dengan dokter adalah hal yang paling bijaksana. Akan tetap bila anda ingin menggunakan cara herbal, kami tidak merekomendasikan OBAT TETES MATA HERBAL apapun untuk mengatasi keluhan anda.

Konsultasi ke dokter dan mengkonsumsi buah dan sayuran serta suplemen yang mengandung buah dan sayuran lebih baik dibanding menggunakan obat tetes mata herbal mengingat mata adalah organ penting yang sangat sensitif dan asset utama untuk menikmati hidup.

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait