Quotes Kata Bijak Jangan Membanggakan Perbuatan Buruk Masa Lalu @ Motivasi

Quotes motivasi bijak bangga pada keburukan masa lalu

Quotes kata bijak motivasi hidup tentang orang suka membanggakan perbuatan buruknya di masa lalu bahkan membiarkan orang lain melakukan kesalahan, karena merasa dirinya juga pernah berbuat kesalahan. Motivasi berupa kata bijak dalam bentuk quotes agar tidak membanggakan kejahatan atau kejelekan berikut juga tersedia dalam gambar status BBM atau Whatsapp untuk  dijadikan foto profil secara bebas untuk senantiasa mengingatkan diri sendiri maupun orang lain.

Kata Bijak Jangan Membanggakan Perbuatan Buruk Masa Lalu

Artikel ini kami tulis setelah secara tidak sengaja mendengar sebuah obrolan beberapa orang berusia sekitar 40 an pada sebuah rumah makan. Sepertinya mereka adalah teman-teman sekolah semasa remaja, masing-masing mungkin pada masa lalu pernah melakukan perbuatan jelek (menurut norma Agama atau sosial), tapi kemudian berubah menjadi “manusia baik” dan tercukupi hidupnya secara ekonomi bila dilihat dari penampilan serta cara bicaranya.

Kami yang sedang minum kopi sambil mencari inspirasi sambil mengetik namun lebih banyak melamun pada meja sebelah sempat terperanjat ketika salah seorang dari mereka sepertinya berusaha mengingatkan mungkin tepatnya meluruskan sesuatu tindakan atau pendapat temannya dengan sudut pandangnya sesuai norma agama. Bukan kalimatnya yang menarik perhatian kami melainkan jawaban temannya untuk mengkonter teman pemberi nasihat dengan cara menyindir secara halus dengan cerita keburukan masa lalu yang pernah dilakukan bersama-sama.

Mengapa hal tersebut menjadi menarik bagi kami ? Mengingat, membangga-banggakan ataupun menceritakan perbuatan jelek masa lalu bukanlah hal dibenarkan secara psikologi sosial apalagi dalam norma Agama. Orang boleh “mengingat” keburukan masa lalu untuk bertobat dan menyesalinya. Bukan untuk menceritakan, membanggakan apalagi melakukan pembenaran atas perbuatan atau pendapat menyimpang lain yang sedang dilakukannya.

Kesalahan masa lalu bukan untuk dibanggakan, tapi untuk disesali dan diperbaiki

Gambar status quotes kata bijak kesalahan masa lalu bukan untuk dibanggakan tapi untuk disesali dan diperbaiki
Motivasi Perbuatan Buruk Masa Lalu

Kerugian bangga pada perbuatan jelek masa lalu dalam hubungan sosial

Dalam hubungan sosial, membanggakan perbuatan jahat pernah dilakukan pada masa lalu bisa membangun citra negatif terhadap diri kita dalam pandangan orang lain. Meskipun hal tersebut tidak mutlak terjadi pada saat dia mengatakannya, atau mungkin tepatnya tergantung keburukan atau kesalahan pernah dilakukannya, keburukan pada masa lalu dapat membuat catatan khusus dalam ingatan orang ketika sesuatu hampir bersamaan terjadi dalam hubungan diantara mereka.

Gak usah banggain mantan. Sehebat apapun dia tetap saja MANTAN

gambar status quotes kata mutiara gak usah banggain mantan
Motivasi gak usah bangga pada mantan

Maksud lo nyesel dulu ninggalin dia ? kaciaaan deh lo

gambar kata bijak menyesal ninggalin putusin mantan pacar
Nyesal mutusin mantan pacar

Lo bisa jadi hebat, jadi sukses bukan karena mantan

quotes gambar status kata bijak yang bikin sukses bukan mantan
Bukan mantan yang bikin sukses tapi pasanganmu sekarang

Sebagai contoh, dengan selalu membangga-banggakan bagaimana dirinya selalu bisa lolos dari jeratan hukum meski melakukan pelanggaran atau kejahatan, pendengarnya mungkin akan menarik kesimpulan harus berhati-hati pada orang ini.  Bila seseorang lelaki, misalnya, selalu membangga-banggakan kemampuannya memikat dan mempermainkan para mantan pacar, ketika hal tersebut sampai pada wanita yang sangat dicintainya bukan mustahil akan membuat wanita tersebut menjadi lebih hati-hati juga tidak percaya terhadapnya.

Membanggakan kejahatan masa lalu bisa mempengaruhi mental anak bila mengetahuinya

Selalu mengingat, menceritakan apalagi membangga-banggakan keburukan masa lalu dapat berdampak negatif pada mental anak. Seorang anak merupakan peniru terbaik. Mereka juga mampu mengingat dengan baik sepotong cerita tentang orangtuanya yang didengar secara sengaja maupun tidak disengaja. Bila cerita keburukan masa lalu orang tuanya terdengar oleh mereka sangat mungkin hal tersebut dapat mempengaruhi kejiwaannya. Entah hal tersebut membuatnya menjadi rendah diri atau membuatnya berani melakukan hal lebih buruk akibat merasa orang tuanya juga pernah melakukan hal sama.

Membanggakan perbuatan buruk masa lalu dalam norma agama

Membanggakan keburukan masa lalu dalam norma Agama, khususnya Islam, sangat dilarang oleh Rosul SAW dan diancam sebagai perbuatan dosa atas perbuatannya tersebut bahkan menanggung dosa orang yang terpengaruh akibat ceritanya. Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadits shohih diriwayatkan oleh Buchori dan Muslim. Bunyinya sebagai berikut “Setiap umatku akan mendapat ampunan dari Allah Azza Wa Jalla (jika bertobat) kecuali Al Mujaahiriin. Yaitu semisal seorang laki-laki melakukan perbuatan maksiat pada malam hari lalu Allah menutupi aibnya hingga shubuh namun dia sendiri menceritakan kepada orang-orang tentang perbuatannya …. dst.“.

Al-Mujaahiriin adalah orang yang telah Allah SWT tutup aib (perbuatan buruk)-nya tetapi dia sendiri selalu mengingat-ingat bahkan membangga-banggakannya dihadapan orang lain.  Termasuk dalam kelompok ini adalah orang-orang yang pernah melakukan perbuatan maksiat, perbuatan buruk secara sembunyi-sembunyi pada masa lalu, tidak ada orang lain mengetahui akan tetapi dirinya sendiri sengaja menceritakan kepada orang lain. Entah untuk maksud diantaranya : 1) membanggakan dirinya, 2) mengenang bukan menyesali,  3) membiarkan orang lain melakukan perbuatan maksiat karena merasa dirinya juga pernah melakukan dosa, 4) membiarkan orang lain meninggalkan perintah Allah, 5) mempengaruhi orang untuk melakukan perbuatan buruk atau maksiat, 6) mempengaruhi orang untuk meninggalkan perintah Allah, 7) membuat pembenaran atas perbuatan maksiatnya berikutnya (pada masa akan datang).

Menurut Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin Rohimahullah,  Al-Mujaahiriin tidak termasuk orang yang menceritakan keburukannya dengan maksud untuk mencegah orang lain agar tidak melakukannya atau memberi contoh pada orang akibat dari keburukan pernah dilakukannya.

Sobat Bisfreners, bila anda beragama Islam, perbuatan membangga-banggakan perbuatan buruk bukan saja tidak diampuni tobatnya melainkan juga mendapat ancaman menanggung dosa atas perbuatannya ditambah dosa orang lain yang terpengaruh atas cerita – cerita disampaikannya sebagaimana dalam hadits Rosul SAW riwayat Muslim.

Barangsiapa yang menunjukkan dalam Islam sebuah jalan keburukan (menjadi contoh buruk) maka baginya dosa perbuatannya tersebut dan dosa orang-orang yang mengikuti perbuatannya setelahnya tanpa dikurangi sedikit pun

Jadi sobat Bisfreners, setelah mengetahui hal tersebut janganlah kita menceritakan apalagi berbangga hati pada keburukan pernah diperbuat. Allah SWT sudah berbaik hati menutupi aib tersebut dari wajah kita namun kita sendiri membukanya. Jangan pula karena merasa kita kerap melakukan dosa kemudian kita membiarkan apalagi mempengaruhi orang untuk melakukan hal sama seperti perbuatan kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait