Membuat Kopi Dingin Cold Brew Coffee Sendiri

menyaring kopi dingin cold brew

Artikel ini berisi bagaimana cara membuat cold brew coffee, cara membuat kopi dingin cold brew secara sederhana dengan peralatan seadanya dirumah.

Cara Membuat Kopi Dingin Cold Brew

Terinspirasi oleh percakapan dengan seorang teman di Bandung beberapa waktu lalu, kali ini kami ingin berbagi tips dan trik mengenai cara membuat kopi dingin cold brew coffee sendiri dengan cara sederhana sebagaimana awal terciptanya minuman ini dan tentu saja memberi pengalaman baru yang menyenangkan bagi pengunjung situs bisfren tercinta.

Cold brew coffee, seperti namanya, merupakan minuman kopi yang disajikan dalam keadaan dingin ditambah batu es. Tetapi berbeda dengan saudaranya yang disebut es kopi, seperti yang sudah kita kenal, kopi dingin cold brew coffee adalah benar-benar kopi yang tidak pernah disentuh oleh air panas.

Rasa kopi dingin cold brew ini sangat unik, berbeda dengan kopi biasa yang diseduh air panas meski menggunakan bahan yang, katakan, sama. Dengan biji kopi yang persis sama, bisa dihasilkan cita rasa berbeda dan kadar kandungan nutrisi yang juga berbeda. Dan semua perbedaan tersebut semata-mata hanya karena suhu. Jika es kopi dan kopi panas dibuat dengan cara diseduh air panas lebih dahulu, sementara kopi dingin cold brew coffee dibuat tanpa air panas. Apa saja perbedaannya ?

Tingkat keasaman lebih rendah : Karena tidak tersentuh oleh air mendidih, kadar keasaman menjadi rendah sehingga menciptakan kopi yang lebih ramah bagi lambung. Demikian pula halnya, pendinginan yang cepat dari kopi panas (baik menggunakan es atau tidak)menghasilkan rasa kopi menjadi sedikit pahit. Kadar keasaman kopi dingin cold brew lebih rendah berarti secara alami rasanya menjadi lebih manis.

Air larut sempurna : Bila anda pernah memberikan es pada kopi panas  ? Maka anda akan merasakan sesuatu yang disebut kopi diencerkan. Ya, es yang berubah menjadi air tidak begitu saja tercampur dengan sempurna pada larutan kopi sebelumnya sehingga terjadi berbedaan rasa. Berbeda dengan kopi dingin cold brew, dia sudah dingin atau berada pada suhu ruang sejak dibuat, bahkan penambahan es atau air tidak akan banyak berpengaruh kepadanya.

Secangkir kopi panas lebih berkafein : Karena kafein lebih mudah larut dan terekstrak pada suhu lebih tinggi, sehingga bisa dikatakan kopi dingin cold brew coffee mengandung kafein lebih rendah. Tendangan kafein tidak terlalu terasa pada kopi dingin cold brew. Dia akan membawa anda secara perlahan dan memberikan efek rileks dan santai yang berbeda dengan kopi panas.

Dengan kopi dingin cold brew coffee kita dapat mengambil semua manfaat kopi bagi kesehatan tanpa harus takut akan kelebihan kafein dan gangguan lambung.

Mengapa perlu cara membuat kopi dingin cold brew coffee sendiri ?

Tidak dapat disangkal bahwa segelas kopi dingin cold brew lebih mahal dibanding dengan kita membeli secangkir kopi panas. Bahkan kopi dingin cold brew buatan lokal berukuran 500ml dijual dengan harga 80 – 200rb rupiah. Sehingga adalah bijaksana untuk mengetahui cara membuat sendiri kopi dingin cold brew bila kita ingin dapat menikmatinya setiap saat tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Alat dan Bahan Yang Perlu Disiapkan Untuk Membuat Sendiri Kopi Dingin Cold Brew

Pada artikel ini kami menyajikan cara membuat kopi dingin cold brew dengan kadar kafein sangat rendah untuk pemula yaitu menggunakan perbandingan 1 : 10. Bila sudah menguasai cara pembuatannya, anda bisa menentukan sendiri rasio atau perbandingan kopi dengan air untuk menghasilkan cita rasa sesuai selera.

Untuk membuat kopi dingin cold brew bahan yang perlu disiapkan adalah :

  • 100 gram Kopi. Kita bisa menggunakan kopi bubuk maupun kopi yang digiling agak kasar. Jenis kopi menentukan rasa yang dihasilkan.
  • 1 liter air putih yang sudah dimasak dan didinginkan (jumlah air bisa menentukan perbedaan rasa)

Alat yang perlu disiapkan :

  • Blender ukuran 1 liter atau bisa menggunakan wadah gelas atau plastik bila anda ingin mengaduk dengan tangan secara manual (rasa yang dihasilkan bisa berbeda dari cara pengadukan)
  • Wadah penampung yang cukup untuk 1 liter air
  • Beberapa lembar kain halus untuk saringan

bubuk atau biji kopi untuk membuat kopi dingin cold brew sendiriCara membuat :

  • Masukan kopi dan air kedalam wadah atau blender. Aduk selama 5 – 15 menit dengan cepat agar seluruh kopi larut didalam air (sekali lagi kecepatan dan waktu pengadukan bisa menentukan perbedaan rasa).

menuang air untuk membuat kopi dingin cold brew

  • Bila sudah tercampur, simpan larutan kedalam wadah selama 12 – 24 jam pada suhu ruang atau dalam lemari pendingin. Kami menganjurkan untuk membiarkannya pada suhu ruang selama paling sedikit 4 jam pada suhu ruang sebelum diendapkan pada lemari pendingin selama 10 – 20 jam untuk mendapat rasa yang nikmat.
  • Selama proses pengendapan larutan jangan sampai terguncang atau diaduk.
  • Setelah dirasakan cukup, lakukan penyaringan dengan menggunakan kain ke wadah lain atau botol yang sudah disiapkan.

menyaring kopi dingin cold brew

  • Kopi dingin cold brew siap dinikmati dengan cara diminum langsung, dicampur dengan susu atau gula., dicampur es krim, dan lain-lain sesuai selera.

menyajikan cold brew coffeeKopi dingin cold brew coffee buatan sendiri bisa tahan hingga 2 minggu di dalam lemari pendingin. Jadi bila anda peminum kopi berat, bisa membuat hingga beberapa liter dalam satu kali proses untuk bisa langsung dinikmati setiap hari.

Demikian cara membuat kopi dingin cold brew coffee, selamat mencoba.

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait