Membuat Pakan Lele Usia Diatas 30 Hari Menggunakan Tepung Ikan Murah Meriah

membuat pakan lele menggunakan tepung ikan murah meriah

Sobat Bisfreners, budidaya lele semakin menarik untuk dijadikan peluang usaha sampingan maupun bisnis utama. Akan tetapi kemampuan membuat pakan lele dibutuhkan untuk mengurangi ketergantungan pada pakan pabrik. Meskipun penggunaan pakan pabrik masih terjangkau, membuat pakan lele sendiri akan memberi keuntungan lebih besar karena bisa mengurangi biaya perawatan ikan lele.

Membuat Pakan Lele Menggunakan Tepung Ikan Murah Meriah

Lele merupakan hewan budidaya pemakan nyaris segalanya. Apapun yang dapat dimakan, akan dimakannya. Jadi bisa dikatakan membuat pakan lele untuk budidaya ikan tidak terlalu membutuhkan resep serta keahlian khusus.

Akan tetapi untuk menghasilkan ikan berkualitas dan sehat dibutuhkan nutrisi seimbang guna mencukupi kebutuhan nutrisi pada ikan. Jadi dalam hal pembuatan pakan ikan lele harus diketahui juga sumber-sumber nutrisi penting apa saja bagi ikan lele.

Bahan sumber pakan utama untuk mencukupi nutrisi lele adalah kotoran ternak. Ini bisa berasal dari kotoran sapi, kambing, maupun ayam. Selain mengandung nilai gizi tinggi bagi lele, kotoran ternak bisa menghasilkan pertumbuhan mikro plankton berlimpah untuk ikan lele. Oleh karena itu, untuk membuat pakan lele bahan utama ini harus dipastikan tersedia.
Bahan lain tak kalah penting untuk membuat pakan lele adalah ampas tahu atau bungkil kedelai. Sebagaimana diketahui, kedelai mengandung protein nabati sangat tinggi dan bagus untuk membuat ukuran tubuh budidaya lele  menjadi besar dan sehat.

Bahan utama membuat pakan lele lainnya adalah tepung sayuran atau sisa-sisa sayuran dari pasar yang sudah dihaluskan.  Dengan sayuran sebagai salah satu bahan pakan lele, maka kebutuhan nutrisi dan vitamin pakan lele buatan sendiri akan membuat lebih seimbang.
Baiklah, setelah mengetahui bahan-bahan utama untuk membuat pakan lele sendiri mari kita bahas komposisi serta cara pembuatannya.

Komposisi bahan untuk membuat pakan ikan lele

Resep pakan lele berikut ditujukan bagi lele berusia 30 hari sampai panen. Untuk lele berusia kurang dari 30 hari tidak cocok menggunakan resep ini.  Bahan yang harus disiapkan untuk membuat pakan lele berusia 30 hari atau lebih ini adalah sebagai berikut :

  • Kotoran ternak 35%
  • Ampas tahu 15% bisa juga menggunakan kacang kedelai dengan perbandingan 5%. Jika menggunakan kedelai, rebus dahulu hingga empuk. Air dan kedelainya semua digunakan. Ampas tahu ini harus digunakan dalam keadaan basah sebagai perekat
  • Tepung ikan atau kepala udang 10%
  • Katul/dedak halus 20%.
  • Terasi rebus 5% – 10% (penggunaan terasi bisa ditingkatkan untuk mengurangi tepung ikan). Kedua bahan, tepun ikan serta terasi dibutuhkan untuk membuat aroma pakan disukai ikan.
  • Tepung sisa sayuran pasar 5%.
  • Bulu ayam kering untuk membuat pakan mengapung 5%.
  • Gula pasir secukupnya untuk penyedap rasa sekaligus membuat fermentasi lebih cepat.
  • Bisa ditambahkan vitamin atau obat ikan hanya jika diperlukan.
  • Bisa dicampurkan tepung semut rang-rang atau belatung 5%

Cara membuat pakan apung sendiri

Apabila bahan-bahan diatas sudah tersedia, campurkan semua bahan ditambah sedikit air lalu aduk hingga rata. Pastikan seluruh bahan tercampur sempurna sehingga membuat adonan terasa lengket. Penambahan air jangan terlalu banyak karena akan membuat adonan menjadi terlalu cair dan susah dibentuk atau dicetak.

Sebelum dicetak dan dikeringkan, bBiarkan bahan selama 24 jam agar terjadi proses fermentasi sempurna. Proses ini dibutuhkan untuk mengurai bakteri yang dibutuhkan oleh ikan. Bila sudah melalui tahap fermentasi, adonan bisa langsung diberikan pada ikan budidaya atau dicetak lalu dikeringkan supaya bisa digunakan lebih lama. Pastikan untuk mengeringkan bahan pada hari yang sama agar proses fermentasi tidak berlanjut karena bisa membuat racun berbahaya bagi ikan lele.

Pakan lele apung
Pakan lele apung buatan sendiri

Proses penjemuran pakan ikan buatan sendiri bervariasi tergantung cuaca. Semakin kering semakin baik dan awet. Membuat pakan lele sendiri lebih mudah dan murah bukan ?

Save

Save

Save

Save

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait