Tips Rahasia Mencapai Impian Ala Warren Buffet

mencapai impian warren buffet mencapai mimpi

Kamu mungkin kenal Warren Buffet, seorang pengusaha sukses, investor terbesar di dunia. Ia mencapai impian alias menggapai mimpi itu tentu bukan hanya dalam satu atau dua hari saja. Butuh puluhan tahun baginya untuk mencapai impian menjadi salah satu orang paling berpengaruh di dunia. Semua penuh perjuangan dan kerja keras untuk mencapai mimpi mimpi itu.

Mencapai Impian

Demikian juga dengan kita. Kalau ingin membuat blog, misalnya, atau mulai berlatih piano,  mengurangi berat badan, bebas dari hutang, serta hal-hal lain menjadi mimpi. Tidak ada salahnya kita meniru apa yang dilakukan Warren Buffet untuk mencapai impian.

Rahasianya hanya satu : menyadari bahwa kita tidak bisa melakukan semua dalam satu waktu mencapai semua mimpi. Kita harus menentukan beberapa prioritas terpenting, kemudian berusaha keras mencapai itu. Jika sudah berhasil, barulah kita membuat mimpi mimpi baru lalu berusaha mencapai nya.

Buatlah daftar impian

Daftar impian cita cita keinginan harapan
Daftar Impian (@MindFlight)

Suatu hari Warren Buffet bertanya pada pilot pesawat terbang pribadinya, “apa saja impian dalam hidup ini ?”. Si pilot menjawab kalau dirinya punya banyak sekali mimpi. Akan tetapi setiap kali dia berusaha mewujudkan satu mimpi, ia juga ingin meraih mimpi lain. Akibatnya ia jadi kehilangan fokus sehingga akhirnya kewalahan. Ujung-ujungnya, dia menyerah.

Mendengar ini, Warren Buffet pun menyuruh si pilot untuk membuat daftar berisi 25 hal ingin dia lakukan. Nah, dari sini, langkah pertama untuk sukses mencapai impian atau menggapai mimpi adalah menulis daftar mimpi.

Pilih 5 prioritas impian

Memilih prioritas mimpi
Memilih prioritas (@Mavenly.co)

Setelah si pilot menuliskan daftar mimpi nya, Warren Buffet menyuruhnya untuk melingkari 5 impian paling diinginkan si pilot, atau menurutnya paling penting. Si pilot pun mengerti lalu berkata, aku mengerti. Aku akan fokus untuk menggapai 5 mimpi ini. Kelima mimpi inilah akan menjadi prioritas.

Nah, begitu juga dengan kita, Pilih 5 impian paling penting juga paling diinginkan untuk diraih lalu tandai mereka dengan tinta merah. Ingatlah untuk fokus mencapai 5 mimpi prioritas ini.

Apakah dapat promosi di kantor, mengurangi berat badan, menambah peenghasilan, apapun itu, pastikan mencapai lima impian ini adalah hal-hal paling penting dan sangat berarti serta bisa dilakukan saat ini.

Untuk menggapai mimpi, tinggalkan hal-hal bukan prioritas

tinggalkan lepaskan yang tidak perlu
Lepas bukan prioritas (@Petracoach)

Warren Buffet kemudian bertanya lagi pada si pilot, “apa yang akan dilakukan dengan impian-impian bukan prioritas ?” Si pilot mejawab,”aku akan mengerjakannya pada waktu luang”. Warren Buffet menjawab, “salah !!. Hal-hal bukan prioritas sebaiknya ditinggalkan karena semua itu hanya akan mengalihkan perhatian. Apapun itu, abaikan mereka hingga impian prioritasmu tercapai.”

Masuk akal kan? Karena kita memang tidak akan pernah bisa melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan. Melakukan hal tidak penting hanya akan mengurangi waktu kita dalam mengerjakan prioritas menggapai impian. Jadi sekarang, lupakan dulu impian diluar 5 prioritas tadi. Jangan sentuh-sentuh mereka sampai 5 impian tercapai.

Pahami bahwa tanpa prioritas menjadi tidak produktif

Fokus mencapai prioritas mimpi
Fokus

Sekarang pilih, menyelesaikan atau mencapai 5 pekerjaan hingga selesai, atau mengerjakan 20 hal tapi hanya sebagian ? Mendingan jadi ahli dalam 2 pekerjaan, atau cuma rata-rata dalam 20 pekerjaan ? Dengan membuat prioritas, kita bisa fokus untuk mencapai hal paling penting. Hal ini sangat penting terutama jika mimpi itu adalah sebuah usaha sampingan atau peluang usaha.

Jadikan prioritas sebagai kebiasaan

Menjadi kebiasaan
Obat

Setelah mengetahui prioritas, selanjutnya adalah bagaimana terus melakukannya. Jadikan prioritasmu itu sebagai kebiasaan. Misalnya punya prioritas untuk berolahraga teratur setiap hari, karena sangat suka makan dan profesi pekerjaan lebih banyak duduk daripada bergerak, pasti sering diserang rasa malas untuk berolahraga sehingga niat ini sering tidak terlaksana.

Supaya olahraga teratur menjadi kebiasaan, kita harus berusaha lebih keras. Misalnya menempel kertas ‘post it‘ di – pintu lemari es, meja rias, akuarium ikan hias, dan lain-lain,  dengan tulisan : ” ke gym jam 6 pagi”. Meletakkan pakaian olahraga di depan pintu kamar tidur, atau cara-cara lainnya membuat kamu jadi terbiasa berolahraga.

Tingkatkan 1% setiap hari

Tingkatkan hasil setiap hari
Sukses (@KingOfCv.co.nz)

Pasti sulit sekali berkembang langsung 50% setiap hari. Bahkan 10% pun sulit. Tapi meningkat 1% tentu gak terlalu sulit dong. Jogging lebih lama 1% dari biasanya, menulis 1% lebih panjang dari biasanya. Rasanya tidak akan terlalu sulit ya ?

Menulis dan memilih prioritas bukanlah hal terlalu sulit. Tapi terpenting dan tersulit justru bagaimana kita bisa konsisten menjalankannya. Idealnya kalau kita melakukan setiap hari, maka hasil pun meningkat setiap hari. Oleh karena itu, pasang target 1% saja setiap hari. Dengan menambah latihan sedikit demi sedikit, kita gak akan merasa cepat lelah sehingga akhirnya menyerah. Jangan lupakan juga untuk melakukan segala kegiatan secara teratur, tinggi semangat tapi tetap cukup istirahat agar tidak sulit tidur apalagi sampai terkena insomnia(am)

Save

Dibagikan

Akira Maharani

Penulis :

You may also like