Tips Lengkap Cara Mencegah Insomnia Atau Susah Tidur

insomnia susah tidur

Tidur cukup serta berkualitas sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Kalau kita cukup tidur tentu kita akan lebih mudah berkonsentrasi, tidak moody, rileks dan tidak mudah lelah. Kita pun jadi lebih produktif di siang hari. Sementara kurang tidur akan bikin kita sulit konsentrasi. Sayangnya, banyak banget orang yang punya masalah dengan waktu tidur atau bahkan mengalami insomnia alias susah tidur. Kalau itu terjadi maka ada baiknya kamu baca cara mencegah insomnia atau mencegah susah tidur berikut.

Cara Mencegah Insomnia Atau Susah Tidur

Kalau kamu adalah salah satu orang yang mengalami masalah susah tidur kamu bisa mencoba beberapa cara mencegah insomnia berikut ini :

Berhenti menggunakan alat elektronik 30 menit sebelum tidur

TV, radio, telepon maupun gadget lainnya merangsang syaraf audio visual di otak. mematikan semua alat tersebut setengah jam sebelum tidur akan mencegah insomnia serta membuat otak kamu lebih rileks sehingga mudah tidur.

Minum secangkir teh herbal bikin kamu mudah tidur

Secangkir teh chamomile atau teh herbal lainnya memiliki kandungan zat yang dapat membuat kamu rileks serta dapat membuat kita tidur nyenyak.

Olahraga teratur di siang hari untuk mencegah insomnia

Dengan berolahraga metabolisme tubuh jadi seimbang sehingga tidur lebih cepat juga lebih berkualitas. Akan tetapi pastikan juga untuk menghindari aktifitas berlebihan menjelang waktu tidur jika kamu memiliki masalah susah tidur atau insomnia karena aktifitas fisik berlebihan dapat memicu aktifitas semua syaraf.

Buatlah jadwal tidur teratur untuk mencegah susah tidur

Orang yang bekerja tergantung shift biasanya punya masalah dengan insomia. Demikian pula para night owl, alias orang yang terbiasa bekerja atau usaha sampingan pada malam hari. Hal ini karena waktu tidur mereka berubah-ubah sehingga otak tidak terprogram untuk tidur. Nah, untuk mencegah insomnia bagi orang seperti ini, usahakan tidur secara teratur pada waktu yang sama setiap hari sehingga tubuh terbiasa.

Ganti kasur setidaknya setahun sekali agar tidak susah tidur

Orang biasanya tidur di tempat serta posisi sama sehingga kasurnya jadi makin kempes dari hari ke hari. Balik kasurmu setiap beberapa bulan sekali. Jika memungkinkan gantilah kasur setidaknya setahun sekali untuk kesehatan serta mencegah insomnia. Menggunakan kasur yang sama bertahun-tahun membuat tidurmu kurang nyenyak serta postur tubuh memburuk.

Pakai sprei dan sarung bantal yang bersih juga nyaman

Sprei serta bantal tipis juga kusut membuat tidurmu tidak nyaman. Kalau memungkinkan gunakan sprei dari bahan linen untuk mencegah insomnia. Gantilah secara teraatur sebelum terlalu kotor juga bau.

Pendingin ruangan bisa mencegah insomnia

Kalau kamar terlalu kering serta panas sebaiknya gunakan pelembab ruangan. Tidur di tempat terlalu kering sangat tidak nyaman. Pendingin ruangan sangat membantu membuatmu tidur lebih lelap serta berkualitas.

Mengkonsumsi cukup cairan setiap hari

Dengan asupan cairan tercukupi bagi tubuh di siang hari, kamu jadi tidak mudah terbangun karena kehausan pada malam hari.

Kenakan pakaian longgar serta nyaman

Jangan gunakan pakaian ketat saat tidur karena akan membuatmu sulit bernafas saat tidur sehingga mengalami parasomnia. Sebaiknya kenakan saja kaos serta celana longgar agar lebih nyaman.

Tulislah jurnal sebelum tidur

Kalau jam tidur kamu sering mundur gara-gara kamu mikirin banyak hal, coba deh tulis jurnal. Tulis pada sebuah buku ide yang tiba-tiba muncul supaya kamu tidak lupa esok harinya. Tulis juga setiap masalah untuk dicari jalan keluarnya, jangan lupa menulis rencana bila tiba-tiba ingat. Dengan menulisnya, tidak perlu khawatir lagi, juga bisa tidur lebih cepat.

Ibadah atau meditasi bisa menjadi cara mencegah susah tidur

Melakukan ibadah seperti sholat, berdoa atau meditasi bisa menjadi cara mencegah insomnia yang baik supaya tubuh menjadi rileks serta berada dalam kondisi siap untuk tidur.

Matikan lampu kamar

Kegelapan akan memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya tidur. Ruangan gelap juga membuat tidur lebih berkualitas karena tubuh akan mengeluarkan lebih banyak melatonin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi kalau ingin mencegah insomnia biasakan tidur dalam kamar gelap.

Jangan konsumsi kafein pada sore hari

Biasanya orang sering ngopi sore hari atau sepulang kerja. Sebaiknya hindari ini kalau kita termasuk penderia insomnia alias orang susah tidur. Terlalu banyak kafein akan membuat susah tidur. Minum jus atau air putih sangat dianjurkan bagi penderita insomnia agar mudah tidur.

Jangan makan terlalu dekat dengan jam tidur

Saat tubuh sibuk mencerna makanan, pasti kita akan sulit untuk tidur karena syaraf otak sedang konsentrasi pada pencernaan. Dan perlu diketahui bahwa tidur dalam keadaan terlalu kenyang akan membuat orang mengalami gangguan tidur akibat produksi gas dalam lambung.

Hindari konsumsi banyak cairan satu atau dua jam sebelum tidur

Penuhi kebutuhan cairan pada siang hari saat banyak kegiatan akan mencegah insomnia. Akan tetapi satu atau dua jam menjelang tidur, sebaiknya tidak perlu terlalu banyak minum karena akan membuat orang sering terbangun untuk ke kamar kecil.

Hindari bertengkar sebelum tidur

Kalau ada masalah dengan orang lain sebaiknya selesaikan sebelum tidur. Perasaan sedih, rasa marah, serta cemas akan membuat orang sulit tidur dan tidak nyenyak.

Gunakan kamar hanya untuk tidur

Sebaiknya hindari kebiasaan mengerjakan tugas, membaca atau kegiatan lain dalam kamar. Jadikan kamar tidur hanya untuk tidur, sehingga ketika masuk ke dalamnya, pikiranmu otomatis hanya berpikir tentang tidur, bukan hal lain.

Jangan letakkan jam dekat tempat tidur

Kalau bermasalah dengan tidur, jauhi jam terutama weker dari tempat tidur. Dengan ada jam di dekat tempat tidur akan membuat kita terus berpikir sedang terburu-buru. Akibatnya orang akan susah untuk tidur.

Berhentilah merokok

Kalau kamu perokok, sebaiknya berhenti sekarang juga. Tubuh akan menarik nikotin dari rokok saat kita sedang tidur. Akibatnya tubuhmu sulit untuk beradaptasi dengan waktu tidur.

Periksa konsumsi obat-obatan

Ada obat-obatan yang mengandung zat membuat kita sulit tidur. Obat-obatan ini merangsang otak untuk bekerja. Kalau sedang harus mengkonsumsi obat tertentu, tanyakan pada doktermu apakah terkandung zat yang membuat susah tidur. Jika iya mungkin lebih baik kamu minta obat lain sebagai pengganti.(zz)

Dibagikan

Ziezie

Penulis :

Artikel terkait