Aktif Dan Mencintai Organisasi

mencintai organisasi

Alhamdulillah peninggalan dari pewaris alumni yang dulu masih dijalankan oleh adik-adik di sekolah. Saya masih ingat sekali awal pertama kali mengadakan “gebyar ekstra-kulikuler” dimana kita menjadi pelaksana dalam perlombaan esktra-kulikuler tingkat Jabodetabek. Sekolah saya memiliki banyak organisasi ekstra-kulikuler dan saat masih di jabat oleh kepala sekolah dahulu, kita difasilitasi dan didukung penuh oleh sekolah dalam berprestasi di bidang non akademik.

Mengenang Masa Putih Abu-Abu “Aktif Dan Mencintai Organisasi”

Bagi kita sekolah sudah seperti rumah kedua. Kita menemukan kenyamanan, kekeluargaan yang erat, kebersamaan, kepedulian dan melebihi hal lainnya di lingkup organisasi.  Bahkan kita lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah hingga sore hari atau malam daripada main diluaran sana.

Saya selalu senang melibatkan diri saya pada suatu organisasi. Saat masa SMP saya sudah terjun ke dunia OSIS. Di SMP selain melibatkan diri di OSIS, juga 2 ekstrakulikuler yang saya jalani yaitu Rohis dan Paskibra. Semua memiliki ceritanya masing-masing yang tidak bisa dilupa.

Rasanya jika mengingat masa-masa itu, yang nampak adalah hal bahagia saja. Segala kesedihan, kesusahan, dukanya, letihnya, semua itu hilang dengan canda, tawa, kebahagiaan yang tidak akan bisa saya dapatkan dua kali. Sekalipun saya melibatkan diri pada organisasi lainnya, saya tidak akan menemukan orang-orang seperti mereka, yang persis dengan mereka, tidak akan betul-betul sama dengan mereka yang saya kenal.

Dari organisasi saya mendapatkan banyak hal, pembelajaran yang tidak bisa kita dapatkan dalam akademik. Dalam berorganisasi kita harus berpikir kritis, membangun visi dan misi yang akan dijalankan pada masa bakti/kepengurusan kita.

Berorganisasi melatih kita untuk bertanggung jawab, mandiri, cerdas, berprestasi, bersosialisasi, team work, serta kreativitas. Melunakkan ego pada diri untuk bersikap peduli pada kawan sendiri, merasa satu tubuh, saling melengkapi, memahami, menjaga, merangkul, mengajak, membuat mereka nyaman dengan kita, kompak, rasa kekeluargaan, kasih sayang, kerukunan, dan lainnya.

Organisasi membuat kita tumbuh, bergerak aktif, menjadi siswa yang istimewa karena dikenal oleh guru-guru, menjadi kepercayaan teman-teman kelas kita, dan melatih kita untuk menjadi pemimpin, memimpin orang banyak. Menyatukan keanekaragaman pikiran menjadi satu tujuan yang sama.

Bagi saya organisasi adalah kumpulan orang-orang sukses, orang-orang yang memiliki banyak mimpi, semangat juang yang tinggi. Bahkan kita bisa membuktikan bahwa selain bisa berprestasi dalam akademik, kita juga bisa berprestasi dalam non akademik. Dari sana awal mula seseorang mengasah kehebatan dirinya, menemukan jati dirinya.

Dan waktu akan terus berjalan, masa kan berganti begitupun dengan pengurus organisasi. Semua akan tergantikan, tapi bukan berarti kita yang dahulu pernah menjadi bagian didalamnya untuk meninggalkan, tidak memperdulikannya lagi. Dan menurut saya kekeluargaan yang tercipta dalam organisasi tidak akan pernah terputus. Akan selalu terjalin dari waktu ke waktu, meski banyak wajah-wajah baru yang tidak dikenal, suasana yang berbeda, kepenggurusan yang tidak lagi sama. Namun dari merekalah estafet itu akan terus berjalan, berkembang, dilestarikan, dan semakin melejitnya prestasi.

Hari ini, adik-adiklah yang sedang menjalankan amanah tersebut. Rasa bangga pada mereka yang dengan gigihnya berjuang agar bisa memberikan kontribusi pada organisasinya dengan sebaik-baiknya, mengharumkan nama sekolah, dan menjadi wadah untuk kawan-kawannya dalam mengukir prestasi. Kelak segala letih, perjuangan kalian, tenaga, waktu yang telah dikorbankan akan menjadi buah manis yang akan kalian cicipi nanti setelah kelulusan. Sekecil apapun benih kebaikan yang kallian tanam, pasti akan kalian tuai hasilnya. Karena dari organisasilah menjadikan kita lebih baik dari sebelumnya.

Tetap semangat, teruslah berjuang, cintailah organisasimu !

Masa abu-abu, 22 Januari 2017
Siti Aisyah

Dibagikan

Aisya Zaira

Penulis :

Artikel terkait