Mencoba Untuk Mengerti Untuk Menjaga Hubungan

cobalah untuk mengerti untuk menjaga hubungan

Dalam banyak kejadian, kita tak selalu bisa meminta orang untuk mengerti bagaimana keadaan kita atau bagaimana pendapat kita. Terkadang kita harus mengalah, mencoba untuk mengerti pendapat atau tindakan orang lain dengan mengabaikan suasana hati kita sendiri.

Mencoba untuk mengerti

Begitulah adanya hidup. Masing-masing seringkali mengutamakan ego, kepentingannya atau pendapatnya sendiri tanpa merasa perlu mencoba untuk mengerti keadaan orang lain. Ketika sebuah hal dianggap lebih menguntungkan atau menyenangkan bagi dirinya, maka itulah yang akan diambilnya. Akan tetapi apabila sesuatu hal dianggap merugikan atau tidak menyenangkan bagi dirinya maka dengan berbagai cara dia akan menyangkal atau menghindar jika hal tersebut dianggap berpotensi merugikan, tidak menyenangkan hatinya  meskipun sebenarnya sama-sama menguntungkan baik baginya sendiri maupun pihak lain.

Baiklah sobat Bisfreners, sekarang anda sudah mengetahui bahwa hal tersebut merupakan naluri terendah seorang manusia dalam menjalani hubungan. Hal itu bisa dilakukan oleh teman kita, sahabat kita, orang tua, pacar, kekasih, bahkan pasangan (suami/istri) dan bahkan oleh anak anda sendiri jika sudah memilikinya. Semua akan berprilaku sama. Akan tetapi bagaimana cara memperlihatkannya atau menunjukkannya berbeda-beda. Ada yang secara halus ada pula secara frontal memperlihatkan sikap berhadap-hadapan dengan kita bila (biasanya) hal tersebut berkaitan dengan pendapat atau ideologi.

Dalam hubungan dengan teman, pacar, pasangan setelah anda mengetahui hal ini, ada baiknya kita mulai mengembangkan sikap mengalah pada saat terjadi perbedaan pendapat atau saat seseorang kita peduli berkehendak untuk melakukan sesuatu. Meskipun anda merasa pendapat anda benar, tetapi dia juga merasa pendapatnya benar. Mungkin pendapat anda merupakan pendapat terbaik menurut pikiran anda. Akan tetapi bisa jadi pendapatnya justru merupakan hal terbaik bagi dirinya atau hidupnya.

Cobalah mengerti dan menghindari perdebatan

Dengan membiarkan kita terlibat perdebatan panjang mempertahankan argumentasi masing-masing bukan saja bisa merusak suasana akan tetapi mampu membuat hubungan diantara kalian akan menjadi renggang. Adakalanya sikap selalu mengalah bisa membalik keadaan pada kejadian-kejadian berikutnya. Ketika mengalah lalu ternyata pendapat anda terbukti benar mungkin dia akan diam saja, disinilah saatnya kita menggoyahkan pendapatnya secara halus bukan secara langsung. Satu kali mungkin dirinya belum berubah, tetap keras pada pendapatnya, tetapi ketika kita selalu mampu membuktikan dirinya salah tanpa menuduh atau menyalahkan, maka perlahan tapi pasti dia tidak akan meragukan anda lagi.

Cobalah mengerti, begitu kira-kira seperti judul sebuah lagu pernah populer. Ketika manusia bisa saling mencoba untuk mengerti, menggunakan hati serta akal dibanding ego dan emosi, tentunya tidak akan pernah ada perselisihan. Segalanya akan menjadi lebih nyaman, tentram, dan indah.

Dibagikan

Penulis :

You may also like