Usaha Bisnis Sampingan Mau Dibikin Sukses

Sukses Mengelola Usaha Sampingan

Bifren – Sahabat Usaha Muda. Punya bisnis sampingan sambil menjalankan pekerjaan atau penghasilan utama memang semakin diminati. Selain untuk mendapat penghasilan tambahan, mengelola bisnis usaha sampingan merupakah sarana belajar secara langsung untuk mempersiapkan diri saat kita kehilangan penghasilan utama, apapun profesi pekerjaan anda.

Sukses Mengelola Usaha Bisnis Sampingan

Akan tetapi karena dikelola secara sambilan, bisnis sampingan jarang yang bisa bertahan lama. Bahkan bisnis sampingan yang sifatnya berjualan online banyak yang hanya bertahan 1 – 3 bulan saja. Mengapa demikian ? beberapa pakar bisnis mengatakan hal ini disebabkan karena 1) harapan mencapai impian terlalu tinggi dalam waktu cepat 2) ketergantungan pada pekerjaan atau penghasilan utama 3) tergoda untuk mencoba bisnis usaha lainnya.

Nah, buat bisfreners, pengusaha muda, yang memang serius menjalankan bisnis usaha sampingan, berikut adalah tips alias kiat untuk menjadikan bisnis maju, sukses dan kemudian pada akhirnya bisa menjadi penghasilan utama.

Walaupun hanya bisnis usaha sampingan, harus semangat dan serius secara konsisten sejak awal

semangat dan serius menjalankan usaha sampingan
Berlari (@HealthyCentralFlorida)

Kalau mau usaha sampingan berhasil dan sukses mengantarkan anda menjadi seorang enterprenuer, harus dilakukan dengan serius dan semangat sepanjang menjalankannya.

Ingat, kegagalan utama sebagian besar pelaku usaha bisnis sampingan adalah hilangnya semangat. Bisnis semula dibangun dengan penuh semangat tiba-tiba surut karena berbagai alasan. Cita-cita semula menggebu-gebu tiba-tiba kandas karena tidak ada lagi keinginan kuat. Akibatnya banyak peluang usaha terabaikan.

Penyebab kegagalan kedua adalah kurangnya keseriusan dalam mengelola usaha sampingan. Ketika semangat tinggi tidak diikuti dengan keseriusan memadai, akan terjadi ketidak-seimbangan penyebab bisnis sampingan rapuh.

Jadi kalau ingin bisnis sampingan kamu maju atau setidaknya stabil dan bertahan, dua hal tersebut harus dijaga.

Jangan berhayal terlalu tinggi, tetapkan target harus dicapai secara bertahap dan atur strategi untuk mencapai target usaha sampingan sedang dirintis

tentukan rencana, strategi dan target bisnis usaha sampingan
Goal (@PittburghUniversity)

Sering sekali terjadi seorang pelaku bisnis sampingan memulai usahanya akibat melihat atau mendengar cerita sukses orang lain, baik itu teman, kerabat, atau orang lain yang menginspirasinya. Dan sering kali pelaku usaha sampingan memulai usahanya dengan menduplikasi bisnis orang yang menginspirasi atau mempengaruhinya.

Akibat yang terjadi adalah, pelaku bisnis sampingan ini berhayal atau tepatnya menginginkan hal yang sama terjadi pada dirinya tanpa melihat lagi bagaimana orang sukses yang menginspirasinya tersebut jatuh bangun saat memulai dan menjalankan usahanya.

Kalau ingin bisnis sampingan menjadi besar, kita harus memiliki target harus dicapai dalam tahapan-tahapan aturan strategis. Jadi meskipun ini hanyalah usaha sampingan, strategi jangka pendek dan strategi jangka panjang harus disiapkan dan dijalankan dengan serius.

Tanpa perencanaan dan strategi, bisnis akan berjalan tanpa arah sehingga bisa menyebabkan patah semangat atau membuat pelaku tergoda untuk mencoba usaha sampingan lain dan mengabaikan begitu saja bisnis yang sudah dirintis dan menghabiskan modal. [baca juga :  strategi cara mengajukan pinjaman modal ke bank]

Sediakan waktu untuk mengurus bisnis sampingan secara khusus diluar pekerjaan utama

luangkan waktu untuk mengurus bisnis sampingan secara khusus diluar pekerjaan utama
Sibuk di akhir pekan (@ThemeDiabeast)

Bisnis ini memang hanya bisnis sampingan, akan tetapi dia juga membutuhkan waktu untuk terlibat meskipun itu tidak boleh mengganggu pekerjaan utama.

Orang yang sukses mengubah bisnis sampingan menjadi bisnis utama, memperjuangkannya dengan mengorbankan waktu yang seharusnya bisa menjadi saat dia beristirahat atau rekreasi. Misalnya pada malam hari usai melakukan pekerjaan utama dan pada hari Sabtu dan Minggu.

Beberapa orang yang merasa usaha sampingannya sudah menunjukan sedikit hasil berani mendelegasikan sebagian tugasnya pada bisnis sampingan kepada pegawai yang bisa dipercaya.

Meskipun pemilik tidak bisa menikmati penuh hasil bisnis sampingannya karena harus terpotong untuk membayar gaji, dia bisa membuat usaha sampingan tetap berjalan dan semakin besar hingga saatnya dia terlibat penuh didalamnya.

Jangan mudah terpengaruh oleh orang dan tergiur untuk mencoba bisnis lain

Jangan mudah terpengaruh ajakan usaha sampingan lain
Hasilkan Uang (@HortonPark)

Kalau mau sukses, tidak boleh mudah terpengaruh dan tergiur bujukan orang untuk mencoba bisnis lain. Perlu diingat bahwa untuk memulai dan mengembangkan bisnis sampingan baru akan membutuhkan modal, waktu dan tenaga yang baru.

Apabila bisnis sampingan sudah menunjukan hasil walau sedikit, kemudian beralih pada bisnis sampingan lain dalam bayangan lebih menjanjikan, mungkin kita akan kehilangan segala jerih payah apa yang sudah diupayakan.

Hal paling baik adalah mengkombinasikan usaha sampingan dengan usaha lain sejenis. Misalnya jika punya usaha menjual produk kecantikan merek A, ketika penjualan produk merek A sudah sulit ditingkatkan lagi,  bisa disiasati dengan mengkombinasikan penjualan dengan menjual produk merek B tanpa melepas begitu saja produk A yang sudah memiliki pelanggan.

Atau jika ingin menjaga produk kecantikan merek A karena sudah melekat pada bisnis sampingan, kita bisa menjual produk merek lain sebagai pendukung. Misalnya, jika menjual produk kecantikan, bisa ditambahkan produk kesehatan, obat pelangsing atau asesoris, baju dan hijab.

Hal itu akan membuat usaha sampingan memiliki produk lebih beragam dan bisa masuk pada komunitas pasar lebih luas dibanding memulai usaha baru yang 100% tidak berhubungan dengan usaha sudah dirintis.

Bersikap luwes dan berbaur dengan berbagai komunitas

berbaur dengan komunitas bisnis sampingan super hero
Komunitas super hero (@LiftedGreek)

Ketika menjalankan usaha sampingan, kita tidak berlaku seperti pekerja hanya melaksanakan tugas dari atasan. Untuk melancarkan usaha, harus bersikap luwes, membuka pertemanan baru dan berbaur dalam komunitas serta menjadi orang yang menyenangkan.

Coba perhatikan, beberapa teman yang menjalankan usaha sampingan, bisa jadi orang paling rajin datang ke reuni atau malah secara langsung atau tidak langsung menjadi provokator reuni sekolah untuk mengembangkan usahanya.

Kamu juga harus aktif membangun jaringan dengan mengikuti berbagai komunitas online lebih luas. Banyak cara dilakukan orang untuk membuat diri dan usahanya menjadi dikenal di dunia online. Semua cara mereka bisa dipelajari dan ditiru.

Saat bisnis sampingan menunjukan kemajuan, tetaplah fokus dan pertimbangkan untuk menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama

Sukses usaha bisnis sampingan
Bisnis sampingan rahasia (@MaseTV)

Ketika segala jerih payah dilakukan selama ini menunjukan hasil memuaskan serta setiap tahapan target terlampaui, ini saatnya untuk mulai mempertimbangkan menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama atau tetap menjadi usaha sampingan.

Jika dia menjadi sumber penghasilan utama, maka kamu akan kehilangan penghasilan rutin. Tetapi memiliki peluang untuk mengembangkannya menjadi lebih besar lagi dengan mencurahkan waktu dan tenaga lebih besar. [Baca juga : pesugihan penarik rezeki]

Akan tetapi jika dia tetap menjadi usaha sampingan, kamu tidak kehilangan sumber penghasilan utama saat ini namun tetap bisa menerima penghasilan dari usaha sampingan yang dijalankan.

Keputusan itu ada pada kamu, naluri bisnis yang sudah tertanam sejak kamu memulai usaha sampingan akan membantu kamu untuk memutuskan.

Jika hasil belum seperti diharapkan, tetap semangat, lakukan evaluasi untuk kembali berjuang dan bersabar

Mengevaluasi setiap kendala dan peluang pada bisnis usaha sampingan
Evaluasi kendala dan peluang (@TheAmericanGenius)

Ketika usaha sampingan yang dijalankan belum menunjukkan hasil sebagaimana yang diharapkan, semangat tidak boleh luntur. Segera lakukan evaluasi atas segala hal yang menyebabkan target bisnis tidak bisa tercapai dengan baik.

Dari evaluasi akan didapatkan hal-hal penyebab kendala serta hal-hal menguntungkan lagi mendukung usaha. Berangkat dari hasi evaluasi, dapat ditemukan solusi lalu kembali berjuang untuk mencapai target diharapkan. [Baca juga : Cara Berkebun Emas.]

Dibutuhkan kesabaran untuk tetap menjaga semangat. Ingatlah selalu bahwa orang-orang sukses juga pernah mengalami jatuh-bangun dalam hidupnya.

Demikian sedikit yang bisa kami sampaikan kepada bisfreners, sahabat pengusaha muda sekalian. Selamat berjuang menjemput harapan dan cita-cita. Kamu pasti sukses !! (fr)


Terima kasih telah membaca artikel kami. Apabila artikel ini bermanfaat, berikan jempol dan bantu bagikan melalui facebook, twitter, google+ dan pinterest kamu dengan mengklik ikon bagikan dibawah artikel ini.

Save

Save

Save

Save

Dibagikan

Penulis :

You may also like