Ini Dia Hal Yang Bikin Kamu Menjadi Orang Yang Menyenangkan

Menjadi Orang Yang Menyenangkan Orang Lain

Menjadi orang yang menyenangkan adalah keinginan semua orang, baik tua maupun muda. Tapi tidak semua orang bisa mendapatkan itu. Menjadi orang yang menyenangkan bagi orang lain ternyata tidak semudah membalik telapak tangan. Beberapa orang secara natural bisa mendapatkannya dengan mudah, tapi sebagian besar lainnya harus bersusah payah, bahkan sama sekali tidak bisa menjadi orang yang bisa menyenangkan orang lain. Mengapa demikian ? sebagian mungkin karena tidak mengetahui hal yang bikin jadi orang yang membuat orang yang menyenangkan, sebagian lagi mungkin karena tidak mau atau tidak mampu melakukan hal yang bikin menjadi orang yang menyenangkan. Lalu apa saja hal yang bisa membuat orang menjadi orang yang menyenangkan ? baca deh artikel berikut :

Menjadi Orang Yang Menyenangkan

Kayaknya gak akan ada orang yang mau dimusuhi atau dibenci oleh orang lain. Kenapa ? karena orang dengan pribadi menyenangkan orang lain akan lebih disukai sehingga mereka cenderung mendapat lebih banyak keuntungan dari hal itu. Misalnya, orang yang menyenangkan orang lain akan didahulukan dalam setiap kesempatan baik itu untuk urusan pekerjaan, bisnis maupun sosial. Keuntungan lainnya, sebagai orang yang menyenangkan, kita akan diperlakukan lebih baik dibanding orang lain.

Banyak kesempatan yang diperoleh orang yang menyenangkan karena gak bisa dipungkiri, secara alaminya, orang selalu memberi kesempatan pada orang yang mereka sukai dibanding orang dikenal secara biasa saja. Nah, bisfreners, gimana sih caranya buat jadi orang yang menyenangkan ? Pada dasarnya ada 11 hal yang perlu diketahui untuk jadi orang yang menyenangkan, apa saja itu ?

Jadilah orang yang jujur

Bersikap jujur untu menjadi orang yang menyenangkan
Bisa dipercaya (@https://www.pinterest.com/pin/527202700105803345/)

Orang yang jujur biasanya selalu disukai orang lain dan bisa menyenangkan orang lain. Kalau dimintai pendapat, jawablah dengan jujur apa adanya. Tidak perlu pura-pura menyukai satu hal hanya untuk bikin orang lain senang. Bila disampaikan dengan baik, orang lain pasti akan menerima jawaban atau penilaian yang diberikan. Jawaban dan penilaian yang jujur akan membuat orang lain senang meminta pendapat kamu. Jadilah diri kamu sendiri, tidak perlu meniru orang lain. Karena pada dasarnya setiap orang itu unik.

Bisa menjaga kepercayaan juga merupakan cermin dari sikap jujur. Hal ini termasuk bisa menyimpan rahasia teman yang dipercayakan kepada kamu. Hal ini penting dalam sebuah hubungan. Kamu tidak akan pernah menjadi orang yang menyenangkan orang lain jika kamu tidak bisa bikin orang percaya. [Baca juga : cara meyakinkan orang kamu tidak bohong.]

Punya rasa ingin tahu pada orang lain

Menjadi orang yang menyenangkan dengan mengajar dan minta diajarkan
Mengajarkan (@http://www.craftsy.com/blog/2015/01/how-to-teach-a-friend-to-knit/)

Sikap rasa ingin tahu bukan berarti KEPO. Yang dimaksud disini adalah kamu senang mencari tahu kelebihan orang lain dan tidak segan belajar dari mereka. Misalnya ada teman kamu yang rajin sekali menabung. Kamu tidak segan bertanya pada mereka apa sih tips agar bisa mengelola keuangan dengan baik. Setelah bertanya, kamu juga harus mendengarkan saran-saran dari orang itu dengan antusias dan bersemangat agar orang senang berbagi ilmu dengan kamu. Begitu juga sebaliknya. Kamu juga tidak segan membantu dan berbagi pada orang lain. Misalnya kamu orang yang fit dan bugar karena rajin olahraga. Kamu tidak pelit info ketika orang lain bertanya olahraga apa yang cocok bagi mereka.

Menjadi pendengar yang baik buat teman bikin kamu menjadi orang yang menyenangkan orang lain

Menjadi pendengar yang baik bikin kamu menjadi orang yang menyenangkan
Mendengarkan (@https://www.pinterest.com/pin/39476934208974793/)

Setiap orang pasti punya masalah, ketika teman kamu teman curhat atau sekedar ingin ngobrol, dengarkanlah mereka dengan baik. Jangan kamu sibuk mainin gadget atau chat dengan orang lain. Hormatilah lawan bicara kamu. Karena ketika seseorang curhat, sering kali mereka bukan berharap akan mendapatkan solusi bagi masalah mereka, tapi lebih untuk mencurahkan perasaan mereka dan menyenangkan hati mereka. [Baca juga : cara melupakan mantan.]

Bersikap rendah hati itu perlu, karena orang sombong tidak akan bisa menyenangkan orang

sombong tidak bisa menyenangkan orang
Sombong (@https://www.pinterest.com/pin/225039312603426830/)

Kamu harus ingat, tidak ada seorang pun yang menyukai orang yang sombong. Kalau kamu berprestasi, jangan lantas merasa diri paling hebat, lalu melupakan orang lain. Jangan lupakan jasa orang lain yang ada di sekitarmu. Sekecil apapun, mungkin mereka punya peran dalam prestasi kamu. Bahkan tidak ada salahnya kamu memuji orang lain ketika seorang teman atau atasan memuji kamu. Misalnya ketika teman kamu memuji kamu karena kamu jadi juara lomba lari, maka kamu akan lebih menyenangkan orang jika membalas pujiannya dengan “Aku bisa begini karena kamu selalu mendukung aku lho”. [Baca juga : tanda untuk mengakhiri hubungan.]

Kalau berjanji jangan ngaret, orang yang selalu ‘on time’ akan menyenangkan orang lain

Kalau berjanji selalu tepat waktu untuk menjadi orang yang menyenangkan
Waktu (@https://pixabay.com/en/time-watch-field-nature-natural-839884/)

Kalau punya janji buat ketemu, datanglah tepat waktu. Usahakan beberapa menit lebih awal dari waktu yang dijanjikan. Jangan biarkan orang lain menunggu kamu. Hargailah waktu orang lain. Kalau memang kamu terlambat atau berhalangan karena suatu hal yang tidak terduga, beri mereka kabar sebelumnya agar mereka tidak menunggu.

Orang yang selalu terlambat atau tidak tepat waktu biasanya menganggap remeh orang lain atau keperluannya tidak penting. Kalau kamu tidak ingin teman kamu mengganggap kamu meremehkan mereka, biasakanlah tepat waktu. [Baca juga : Tanda terjebak hubungan tidak jelas tanpa masa depan]

Jangan suka menuduh apalagi menghakimi orang

Jangan suka menuduh teman
Menuduh (@https://pixabay.com/en/denounce-show-man-finger-gesture-277073/)

Kamu harus memahami bahwa setiap orang berbeda. Jangan mengkritik pilihan orang lain meskipun itu berbeda dengan pilihanmu. Hargai apapun pilihan dan keputusan mereka. Sekalipun keputusan itu berkepentingan dengan kamu, berilah dia saran atau pertimbangan dengan cara yang baik. Setiap orang ingin memberi yang terbaik, bisa jadi apa yang dipilih itu sudah didasarkan pertimbangan yang lama. [Baca juga : Cara agar hubungan romantis sebelum dibilang tidak bisa romantis]

Kalau mau menyenangkan orang lain, bersikaplah suka menolong

suka tolong menolong
Tolong menolong (@https://pixabay.com/en/photos/tough/)

Bantulah orang di sekitarmu yang sedang butuh pertolongan. Hargai perasaan mereka dengan tidak menyakitinya. Dengan menjadi orang yang penolong, orang lain akan senang berada di dekatmu karena mereka yakin, kamu orang yang bisa diandalkan.

Murah senyum dan berpikir positif adalah yang hal penting untuk menjadi orang yang menyenangkan

murah senyum adalah hal penting untuk menyenangkan orang
Murah senyum (@https://pixabay.com/en/girl-nature-smile-beauty-girl-1351694/)

Senyum itu ibadah, jika bertemu orang lain jangan tunjukkan wajah muram dan cemberut. Tersenyumlah pada mereka, siapa tahu mereka sedang bersedih, dan senyummu dapat mengurangi kesedihan mereka. Mungkin juga mereka datang ingin memberi kabar baik tapi karena sikap kamu tidak bersahabat mereka jadi membatalkannya. Salah satu cara agar mudah tersenyum adalah dengan berpikir positif. Kamu juga bisa menularkan pikiran positif ini pada orang lain. [Baca juga : curahan hati suami selingkuh]

Kalau mau menjadi orang yang menyenangkan, kamu harus punya sikap empati

Bersikap peduli dan empati
Peduli (@https://pixabay.com/en/photos/help/?cat=people)

Pahami dan rasakan penderitaan orang lain. Kasihanilah orang yang sedang mengalami kesusahan. Tempatkan dirimu pada posisi mereka agar kamu mengerti kesedihan mereka. Bantulah mereka dan jangan sakiti mereka dengan sikapmu. Jika seorang temanmu adalah orang tidak mampu, jangan pamer kekayaan di hadapan mereka, karena itu akan membuat mereka bersedih.

Jangan suka cari perhatian

Jangan suka mencari perhatian
Mencari perhatian (@http://variety.com/2016/tv/reviews/man-seeking-woman-season-2-review-jay-baruchel-fxx-simon-rich-1201668551/)

Masih banyak yang lebih segalanya dari kamu. Lebih baik fokus pada pengembangan diri daripada kamu narsis dan caper. Cari ilmu dan mengukir prestasi. Dengan sendirinya kamu akan jadi pusat perhatian. [Kamu wajib baca : Yang bikin orang gak asik ditemenin.]

Terima orang lain apa adanya, jangan meremehkan

menerima apa adanya, semua manusia berbeda beda
Kebersamaan (@https://www.onlinevents.co.uk/event/working-with-children-and-young-persons-conference/children-and-young-peoples-conference-pic/)

Jangan memandang seseorang hanya dari penampilan luar atau kekayaannya saja. Jangan meremehkan orang tetapi ucapkan terima kasih kalau diremehkan orang. Tidak perlu pilih-pilih teman. Dengan begitu kamu akan disukai dan temanmu semakin banyak. [Sebaiknya baca juga : Mengapa harus menyerah ?]

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan hal yang bikin kamu jadi orang yang menyenangkan. Jadi mulaui dicoba deh meski mungkin agak sulit buat kamu. Lama kelamaan pasti bisa.

Save

Save

Dibagikan

Ziezie

Penulis :

Artikel terkait

1 Comment

  1. Menjadi orang menyenangkan adalah idaman setiap orang. Maaf, gak tau kenapa ini mudah bagi saya, tapi belum tentu mudah bagi orang lain.