Menulis Cerita Pendek

rahasia sukses menulis cerita pendek

Setiap cerita pendek harus memiliki awal, tengah, dan akhir. Rahasia penulis untuk berhasil menulis cerita pendek yang diterbitkan adalah menambahkan sesuatu yang istimewa sebagai  campuran cerita sehingga mampu menangkap perhatian penerbit dan pembaca.

Menulis Cerita Pendek

Meski tidak ada aturan baku tentang menulis cerita pendek, akan tetapi semua penulis cerita pendek sukses mengatakan bahwa, menulis cerita pendek bukan sekedar membutuhkan nalar melainkan juga membutuhkan teknik dan strategi berbeda dengan cara menulis novel.

Apa saja rahasia sukses menulis cerita pendek yang bisa menuntun anda menjadi penulis cerita pendek handal ? berikut rahasianya :

Mengidentifikasi dan fokus pada inti cerita.

Jelajahi seluruh motivasi, menentukan apa yang ingin diceritakan, kemudian menempel pesan inti yang akan disampaikan. Patut dicatat – meskipun cerita pendek yang bagus dan diminati berisi 3000 kata atau kurang, ada penerbit majalah atau koran tertentu membatasi panjang cerita hanya bisa berisi 1000 kata, bahkan di Indonesia berkembang cerita pendek yang benar-benar pendek, disebut cerpen mini, dimana penerbit membatasi cerita pendek berisi 300 – 600 kata – sehingga seorang penulis harus membuat hitungan kalimat. Mengurangi plot-plot  gangguan. Sehingga cerita pendek yang dibuat tidak kelebihan beban, terlalu banyak konflik yang menggantung, atau membuat akhir cerita menjadi tidak kuat. Dengan identifikasi inti cerita, penulis yang baik menjadi mampu untuk fokus pada cerita yang akan disampaikan meski jumlah kata dibatasi.

cerita pendekMelihat Hal Berbeda.

Lakukan eksperimen dengan cerita pendek anda. Sesuatu tak terduga dan unik dapat menjadi hal paling menarik, menambahkan suatu kejadian, tempat maupun tokoh bisa membuat cerita jadi berbeda meski harus tetap fokus pada inti cerita. Hanya saja dalam hal ini penulis harus berhati-hati agar tidak terjebak membangun karakter lain yang tidak penting.

Menceritakan alur cerita melalui karakter yang tidak sentral adalah kesalahan umum yang dibuat oleh penulis baru sehingga seringkali memberi hasil cerita yang membingungkan dan berbelit-belit, atau gagal memberi penekanan klimaks yang kuat.

Ketertarikan cerita yang berlawanan.

Ketertarikan yang berlawanan, bukan hanya tentang membangun karakter antagonis bisa membuat cerita anda menjadi menarik bagi pembaca dan editor akan tetapi bisa berupa melakukan pendekatan penyampaian inti cerita dari arah yang tidak biasa. Pengaturan karakter, dialog dan kejadian yang bersentuhan tidak langsung dengan karakter tokoh,  maupun berlawanan dengan inti cerita selalu mampu membuat klimaks yang tidak terduga oleh pembaca.

Namun, sekali lagi, yang tetap perlu diperhatikan dalam hal ini adalah menjaga alur cerita tidak berpindah dari inti cerita yang ingin disampaikan.

Ciptakan judul cerita singkat yang kuat.

Hal ini bisa menjadi salah satu yang paling sulit – tapi merupakan salah satu hal paling penting – dari menulis cerita. Bagaimana cara menemukan inspirasi untuk judul yang kuat dan menarik ? Mencari teman untuk membaca cerita kita,  memperhatikan setiap kata, frasa, kutipan dari teks mungkin bisa memberikan tekanan sempurna. Pilihlah beberapa kemungkinan judul lalu tentukan satu yang menurut anda kuat dan bisa menarik perhatian pembaca dan penerbit.

Apakah semakin pendek semakin baik ?.

Menulis dengan batasan jumlah kata bisa menjadi hal sangat mengikat, menganggu pengembangan cerita, tetapi itu tidak membuat seorang penulis cerita pendek kekurangan cara untuk membuat cerita pendek yang baik.

Buatlah tulisan yang panjang sebanyak tangan bisa menulis, biarkan ide dan imaginasi mengalir. Lalu sunting dengan hati-hati untuk menjadikannya sebuah cerita pendek yang baik sesuai kebutuhan penerbit. Bila penerbit menentukan batas kata adalah 3500 maka buatlah dia menjadi antara 3000 – 3400. Terlalu pendek atau melebihi batas yang ditetapkan akan membuat cerita anda tidak akan dimuat. Klik untuk membaca contoh cerita pendek.

penulis cerita pendekPenutup

Jangan mudah puas dan jangan mudah putus asa. Gunakan tips-tips sederhana untuk memoles karya tulis dan menilai potensi kekurangan cerita pendek yang dibuat. Setiap langkah yang anda lakukan adalah awal besar untuk kesuksesan masa depan anda !. Klik untuk membaca kumpulan cerita sedih pendek. Pastikan untuk mengirim cerita pendek ke Bisfren untuk menguji kemampuan serta keberanian.

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait