Apa Yang Harus Dilakukan Bila Merasa Kesepian

merasa kesepian

Gaya modern membuat semakin banyak orang, dengan atau tanpa disadari, merasa kesepian. Perasaan ini pada sebagian orang dirasakan sangat besar sehingga mempengaruhi jiwa raganya. Bahkan tak sedikit orang bolak-balik berobat kedokter akibat penyakit yang sebenarnya disebabkan oleh rasa sepi dalam hatinya.

Tags : Kumpulan status gambar kata motivasi inspiratif mutiara bijak sedih cinta misteri inspirasi kisah manfaat cara peluang usaha wirausaha waralaba bisnis budidaya kesehatan bisnis. Ikan hias burung herbal alami alternatif. Smartphone ponsel asus nokia motorolla huawei vivo lenovo lg vaio.

Apa yang harus dilakukan bila merasa kesepian kalau terjadi pada diri kita

  1. Jangan terus menerus menyerang diri sendiri dengan pikiran negatif merasa kesepian. Perasaan akan terefleksi oleh wajah serta anggota tubuh lainnya. Terus menerus berpikir merasa kesepian akan membuat wajah terlihat murung serta tubuh sakit-sakitan.
  2. Cobalah untuk mencari alasan mengapa merasa kesepian. Apakah karena kehilangan tujuan ?. Karena baru saja putus hubungan ?. Merasa tak memiliki arah karir yang jelas ? atau hal lainnya. Segala pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya dapat dijawab oleh diri sendiri. Setelah menemukan penyebab anda merasa kesepian, baru bisa ditentukan bagaimana cara mengatasinya.
  3. Tanyakan pada diri sendiri seberapa besar perasaan ingin dicintai atau dihargai. Sebagian besar orang merasa kesepian akibat putus cinta, patah hati atau merasa tidak dihargai teman. Dengan mempertanyakan seberapa besar perasaan ingin dicintai atau dihargai, anda akan mengetahui seberapa tinggi standar rasa cinta juga penghargaan diharapkan. Apakah terlalu tinggi sehingga orang lain tidak mencapainya ? atau kita merupakan orang tidak menyenangkan ? renungkan lalu perbaiki jika memang dibutuhkan.
  4. Jangan melarikan diri dengan menjadi sibuk pada hanya satu atau dua kegiatan sepanjang waktu. Merasa kesepian membuat sebagian orang kemudian menutupi luka pada hati paling dalam dengan cara melakukan satu kesibukan sepanjang waktu. Padahal itu hanyalah pelarian sesaat. Lakukan beragam kegiatan untuk menghabiskan waktu adalah hal paling tepat agar pikiran positif selalu muncul sehingga otak tidak merasa hanya dibenani satu pemikiran.
  5. Bersikap normal seperti biasa sekalipun merasa kesepian. Bersikap biasa, melakukan kegiatan rutin sebagaimana biasa meski dalam kesepian akan membuat orang lebih cepat kembali bangkit dari rasa kesepian. Menambah sedikit kegiatan yang bersifat sosial serta memperbaiki hubungan dengan teman lama atau kerabat yang sempat renggang atau terputus merupakan tambahan kegiatan paling tepat.
  6. Dengarkan kata hati anda. Sesungguhnya kita sendirilah yang mengetahui kelebihan juga kekurangan diri kita sendiri. Rasa kesepian bisa disebabkan oleh keduanya. Merasa kurang dihormati atas kelebihan atau bisa juga karena merasa diremehkan atas kekurangan.  Seperti apa yang anda alami ? putuskan untuk melakukan hal terbaik.
  7. Membangun diri serta lebih fokus pada perawatan diri sambil bersosialisasi. Kasihanilah diri sendiri yang tersakiti akibat jiwa pemiliknya merasa kesepian. Lakukan perawatan tubuh, berlatih pada tempat kebugaran sambil bersosialisasi perlahan-lahan membangun hubungan pada lingkungan baru dimana anda tidak dikenal.
  8. Jangan pernah merasa kesepian karena Tuhan selalu bersama anda. Ikuti kegiatan-kegiatan rohani keagamaan jika mungkin selama ini terabaikan. Membangun persahabatan dilingkungan keagamaan merupakan cara paling religius untuk menghilangkan perasaan kesepian (Baca juga kata kata bijak kesendirian).

Selamat mencoba. Baca juga artikel kami mengenai cara move on melupakan mantan pacar.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

You may also like