Cara Meyakinkan Orang Kamu Tidak Bohong, Bahwa Kamu Jujur

Jujur dan cara meyakinkan orang kamu tidak bohong

Sebal rasanya kalau sudah jujur, mengatakan kejujuran, tapi tetap dianggap bohong atau berbohong, berkata kebohongan, gak dipercaya. Mulutnya sih nggak ngomong begitu tapi tatapannya sama jawabannya cuma “oooh” itu bikin kesal. Apalagi habis gitu dia pakai nyanyi lagunya hitnya Mytha Lestari, “Kamu berbohong akupun percaya, kamu lukai aku tak peduli…. aku cuma punya hati”. Nah sobat, kalau itu terjadi tahu dulu jurusnya cara meyakinkan orang kamu tidak bohong supaya kalau ketemu kondisi seperti itu kita bisa bernyanyi dalam hati “Aku berbohong kamu kok percaya” he he he. Ok sobat ? yuk kita simak resep cara meyakinkan.

Meyakinkan orang kamu tidak bohong

Bagaimanapun kerasnya usaha mengatakan kepada mereka bahwa kamu jujur, tetap saja keputusan itu ada di tangan mereka. Usaha meyakinkan ketulusan hati hanya dipandang sebelah mata dan semakin keras berusaha meyakinkan justru semakin dia susah percaya. Dituduh melakukan sesuatu padahal tidak kita lakukan misalnya, bisa membuat frustasi hingga pada akhirnya bisa menyebabkan marah.

Cara meyakinkan orang gak bohong membutuhkan keahlian. Tetapi beberapa orang dikaruniai bakat juga penampilan untuk membuat mereka dipercaya sekalipun bohong. Mereka adalah “muka malaikat” tapi ada dibilang juga “muka iblis“, cowok maupun cewek, bisa membuat orang lain, apalagi pasangannya, selalu percaya pada mereka. Bahkan saat bohong sekalipun, mereka tetap saja meyakinkan. Celakanya, karena selalu dipercaya, sebagian dari mereka justru menjadi sering bohong juga menipu untuk keuntungan sendiri. Sementara kalau gak punya bakat meyakinkan itu tetap saja tidak dipercaya meskipun berkata jujur serta tidak bohong.

Manusia dengan sifat tempramental serta memiliki nada bicara terkesan bersungut, akan lebih sulit dipercaya sehingga diperlukan cara berkata jujur, meyakinkan tidak bohong, atau mungkin cara berbohong supaya hubungan tetap terjaga. Baca : cara move on melupakan mantan tersayang paling religius.

Ok sobat, apa saja jurus cara meyakinkan kita jujur tidak bohong itu ? berikut adalah ulasan tentang itu, pastinya sudah dikonfirmasi oleh para ahli berbohong :).

Harus tetap tenang saat ditanya atau dituduh sesuatu hal bila bisa membangkitkan amarah atau sifat defensif untuk meyakinkan orang kamu tidak bohong

Terlalu berapi-api atau bersemangat menjawab pertanyaan, menyangkal atau menjawab tuduhan, justru akan membuat mereka jadi yakin pada tuduhannya atau kecurigaannya itu benar.

Biasakan untuk menarik nafas dalam terlebih dahulu serta menenangkan diri sebelum menjawab pertanyaan apapun dalam setiap kesempatan akan membuat jawaban memiliki nada menenangkan. Hal ini bisa membuat ragu akan kebenaran tuduhan atau kecurigaannya. Baca : cara move on dengan sugesti untuk melupakan mantan tersayang.

Kalau sudah tenang, berikan penjelasan dengan kata-kata meyakinkan agar meyakinkan kamu jujur

Jangan beri jawaban meragukan, sepotong-sepotong apalagi bertolak belakang dengan ucapan sebelumnya atau menyimpang dari kebiasaan. Meskipun pada akhirnya kita tetap tidak bisa memaksa mereka untuk percaya, tapi kita bisa menggoyahkan kepercayaan dan keyakinan mereka sehingga pada akhirnya menganggap bahwa kita jujur serta bisa dipercaya. Baca : cerita hidup remaja singkat terjebak diantara dua pilihan.

Jangan menunduk atau membungkuk, berdiri atau duduklah dengan sikap biasa, wajar, tatap matanya tanpa ekspresi kemarahan adalah cara meyakinkan orang kamu tidak bohong

Banyak kalangan berpendapat bahwa seseorang sedang berkata bohong akan menunduk, tidak berani menatap mata lawan bicaranya. Jadi jangan lakukan itu, sekalipun jujur atau bohong, bersikaplah wajar, tatap matanya dengan ekspresi biasa tanpa kemarahan atau kekesalan. Semakin memberi tatapan penuh kemarahan, semakin sulit meyakinkan mereka bahwa kita jujur tidak bohong. Baca : mata buta karena diabetes.

Sebagian ahli berpendapat, menatap lawan bicara dengan ekspresi bertanya atau tidak mengerti maksud pembicaraan, cukup efektif untuk membuat mereka percaya bahwa kita jujur.

Menebar senyum berlebihan tidak akan bisa meyakinkan kamu tidak bohong

Mengumbar senyum pada saat dituduh sesuatu tidak akan membuat mereka menjadi percaya bahwa kamu jujur melainkan sebaliknya bisa membuat orang semakin yakin atas tuduhannya.

Kembalikan pertanyaannya dengan meminta dia menjelaskan bukti serta alasan adalah cara membalik keadaan untuk meyakinkan orang kamu jujur tidak bohong

Ketika seorang menuduh sesuatu kepada anda, mengembalikan tuduhan dengan meminta dia menjelaskan bukti serta argumentasinya akan membuat dia gugup jika dia tidak memiliki dasar tuduhan kuat. Hal ini akan membuat kita menjadi lebih percaya diri untuk menyampaikan sanggahan atas tuduhannya. Baca juga : bukti dia serius.

Memberikan bukti kebenaran anda adalah cara terbaik meyakinkan kejujuran serta tidak bohong

Cara terbaik untuk membuktikan bahwa kita jujur adalah menawarkan padanya untuk melihat langsung bukti bertentangan dengan tuduhan. Ketika dicurigai malam mingguan dengan pacar baru, berikan dia bukti berupa foto kegiatan saat itu sehingga secara langsung membantah tuduhannya.

Menggunakan bukti sosial juga merupakan cara terbaik untuk meyakinkan kamu jujur

Bukti sosial adalah memanfaatkan pendapat orang lain untuk mempengaruhi keputusan atau perilaku seseorang. Kita bisa menggunakan teman atau siapapun untuk mendukung cerita jujur kamu. Apabila pemberi pembenaran lebih dewasa atau lebih tua, biasanya pacar akan bisa menerima. Baca : cerita cinta sedih singkat pelindung hatiku.

Berhati-hatilah dengan sumpah dan janji, salah-salah bukan meyakinkan mereka tidak bohong malah dia semakin yakin sedang dibohongi

Bersumpah dan berjanji tidak bohong bisa menjadi bumerang buat pengucapnya. Kejujuran adalah hal utama, ketika jujur, tak perlu mengucapkan sumpah atau janji untuk membuat dia percaya. Bahkan ketika sudah jujur dan dia tetap tak percaya, hindari mengucap sumpah dan janji karena masih banyak cara untuk membuktikan bahwa kita benar, jujur dan pendapat dia salah.

Mengatakan apa adanya, tidak berbelit-belit dan tetap teguh pada pendirian itu bisa menggoyahkan keyakinan bahwa kamu bohong

Gunakan kalimat langsung sederhana untuk menjawab pertanyaan. Penelitian para ahli mengatakan bahwa seorang sedang berbohong cenderung menggunakan kalimat berbelit-belit dibanding seorang berkata jujur. Bahkan ketika berkata jujur, mengatakan sebenarnya, penggunaan kalimat kompleks dan kalimat tak langsung bisa membuat mereka menganggap kita sedang bohong. Jadi ingat, gunakan kalimat langsung sederhana untuk meyakinkan dia kamu berkata jujur, tidak bohong. Baca juga : hidup nggak cukup cuma cinta.

Jangan pernah mengulang pertanyaan yang diajukan sebelum kamu menjawab pertanyaan jika kamu ingin meyakinkan kamu jujur

Mengulang pertanyaan sebelum dijawab, menurut penelitian, adalah kecenderungan yang biasa dilakukan oleh mereka yang suka berbohong. “Kemana semalam ?”. “Aku ? Kemana ? aku nggak kemana-mana, di rumah saja”. Itu adalah pengulangan pertanyaan sebelum dijawab. Ingat, menjawab pertanyaan dengan tenang, menggunakan kalimat langsung yang sederhana lebih bisa meyakinkan kita berkata jujur. Baca juga : hubungan cinta rahasia.

Jangan terlalu sering menghindar tatapan mata orang yang bertanya dan jangan melihat kekanan atas saat memikirkan jawaban

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berbohong sedapat mungkin menghindari tatapan mata. Jadi jangan terlalu sering melakukannya tetapi juga jangan terus menerus menatap matanya. Kamu juga harus menghindari untuk melihat ke arah kanan atas sebelum menjawab karena penelitian menunjukan bahwa orang sedang bohong sering menatap atau melirik ke arah kanan atas untuk mengarang jawaban. Baca juga : tanda untuk mengakhiri hubungan.

Perhatikan bahasa tubuh. Setiap gerakan anggota tubuh bisa memberitakan kebohongan yang sedang diucapkan. Dibutuhkan ketenangan dan sikap wajar untuk meyakinkan orang kamu tidak bohong

Meskipun jujur tidak berbohong dan mengatakan kebenaran, orang bisa menilai kita bohong jika tubuh terlihat canggung dan melakukan aktifitas tidak biasa. Walaupun seorang ahli bisa membedakan antara gugup tapi jujur dengan gugup karena bohong, orang yang mencurigai kita belum tentu bisa membedakan hal itu. Jadi dalam kondisi apapun kita harus bersikap tenang dan wajar untuk meyakinkan orang kamu tidak bohong. [Baca juga mengapa harus menyerah kalah jika sudah sejauh ini ?.]

Demikianlah sobat bisfreners, sedikit tentang bagaimana meyakinkan orang kita jujur tidak bohong sehingga kita bisa berbohong dan tetap dipercaya, oooops maaf, bukan seperti itu maksudnya, tetaplah jujur serta mendapat kepercayaan lebih dari orang. “Aku berbohong, kamu pun percaya”.(BJ)

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait