Pakan Yang Baik Untuk Kelinci

Jual pakan yang baik untuk kelinci kaskus olx Jakarta

Memilih pakan kelinci. Buat sobat Bisfreners pecinta hewan peliharaan dan para wirausaha budidaya kelinci, kali ini tim budidaya Bisfren menghadirkan artikel tentang memilih pakan yang baik untuk kelinci peliharaan sobat, agar hewan peliharaan lucu menggemaskan senantiasa sehat wal afiat.

Memilih pakan yang baik untuk kelinci

Pakan merupakan hal paling penting bagi kelangsungan hidup hewan peliharaan dan juga menentukan kualitas dari hewan itu sendiri. Pakan yang sesuai dengan habibat darimana hewan berasal, serta gizi serta nutrisi yang cukup, sangat menentukan dapat atau tidaknya hewan tumbuh sebagaimana layaknya dia di alam bebas.

Tergantung tempat dimana nenek moyangnya berasal, di alam liar kelinci mengkonsumsi berbagai jenis tumbuh-tumbuhan, rumput, sayuran, buah, biji-bijian, kulit kayu, serta ranting lunak yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar mereka. Berbeda dengan hewan lucu menggemaskan hasil budidaya, mereka lebih sering diberi makan pelet, sayur dan buah-buah sesuai dengan kehendak peternak atau pemiliknya.

Pemberian makanan atau pakan kelinci tidak sebagaimana di habitatnya bukan berarti hewan menjadi lebih buruk dari semestinya, pada kenyataannya pengaturan pakan yang baik oleh peternak justru memberikan hasil lebih baik sesuai keinginan peternaknya. Kelinci pedaging di alam liar, belum tentu dapat memiliki berat yang sama dengan kelinci pedaging hasil budidaya. Akan tetapi dari segi kemampuan untuk bertahan hidup di alam bebas, harus diakui bahwa kelinci liar lebih tangguh dan kuat dibanding hewan hasil budidaya.

Nah sobat, untuk kebutuhan mencukupi kebutuhan pakan tersebut serta semaksimal mungkin memberikan nutrisi dan gizi yang mirip dengan kondisi mereka di alam liar tersebut, maka kita harus pintar-pintar memilih pakan yang baik untuk kelinci. Terutama bagi wirausaha budidaya, memilih pakan harus disesuaikan dengan anggaran serta harga jual karena kalau selalu menggunakan pakan mahal, pada akhirnya akan memberikan kerugian karena terlalu banyak beban pengeluaran untuk memberi makan ternak.

Jenis makanan kelinci yang baik

jual pakan kelinci super kaskus olx jakarta
Kelinci makan sayuran (@ animalstime.com)

Sebagaimana pada manusia dan mahluk hidup lainnya, kelinci mempunyai batasan toleransi terhadap makanan. Sebagai contoh, manusia asli Indonesia yang lahir dan di Indonesia tentu membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan makanan-makanan Eropa atau Timur Tengah. Bahkan penduduk Jawa, misalnya, harus menyesuaikan lidah dan pencernaan mereka terhadap makanan dari Sulawesi. Padahal pada hewan, tingkat kemampuan beradaptasi tersebut tidak setinggi manusia dan tingkat toleransi pencernaannya terhadap makanan juga terbatas.

Jadi untuk kelinci jenis Angora yang notabene merupakan ras asing, yang secara genetis berbeda dengan ras lokal, tidak begitu saja bisa diberikan pakan seperti kelinci lokal. Lidah dan pencernaan mereka harus disesuaikan terutama bagi hewan yang langsung di datangkan dari negeri asalnya. Berbeda dengan kelinci ras Angora yang sudah dibudidaya di Indonesia, selain makanan aslinya, mereka pasti sudah dikenalkan dengan makanan-makanan Indonesia oleh peternaknya.

Khasiat jual daun seledri bagi kelinci
Kelinci makan daun seledri (@ riseandshinerabbitry.com)

Untuk memudahkan para pecinta hewan kelinci, cara terbaik dan termudah adalah mempelajari panduan yang diberikan oleh sesama pecinta hewan yang sudah lebih dahulu memelihara ternak impor sebagaimana yang kami sarikan berikut :

Jerami dan pelet

jual pelet pakan kelinci terbaik olx kaskus jakarta
Pesta pelet (@ petwebsite.co.uk)

Di Indonesia, kita lebih mengenal kelinci sebagai pemakan wortel. Padahal makanan kelinci bukan hanya wortel. Makanan pokok kelinci peliharaan yang harus diberikan setiap hari adalah jerami dalam bentuk utuh maupun setelah diolah menjadi pelet. Mengapa jerami ? Jerami mengandung banyak protein, vitamin dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh hewan lucu menggemaskan. Selain itu jerami dalam bentuk aslinya (belum jadi pelet) membantu kesehatan gigi kelinci, karena jerami saat dikunyah sekaligus bisa menguatkan dan membersihkan gigi-gigi kelinci. Sementara dalam bentuk pelet maupun aslinya, jerami mengandung serat tinggi guna membantu kesehatan pencernaan hewan ternak.

Akan tetapi dalam memilih jerami dan pelet sebagai pakan utama hewan lucu menggemaskan kesayangan sobat, hindari penggunaan jerami atau pelet yang mengandung Alfalfa. Meskipun sekali-kali boleh diberikan, Alfalfa mengandung protein dan kalori sangat tinggi yang bisa merusak gigi binatang peliharaan lucu menggemaskan kesayangan sobat, apabila terus menerus diberikan.

Buah, sayur dan kacang-kacangan segar

Buah dan sayuran segar ibarat cemilan bagi kelinci. Akan tetapi meski sekedar cemilan sayur dan buah sangat penting bagi mereka selain makanan pokok diatas. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis sayuran, buah dan kacang-kacangan lokal cocok untuk kelinci terutama kelinci impor. Meski dibudidaya di Indonesia, perlu diingat juga bahwa peternak memiliki kebiasaan masing-masing dalam memberi makanan mereka sejak kecil. Pemilihan pakan oleh peternak umumnya disesuaikan dengan ketersediaan pakan paling murah untuk menghemat biaya.

Cara paling baik untuk mengetahui apakah sejenis sayuran tertentu cocok dan disukai oleh kelinci kesayangan sobat adalah dengan mencobanya satu persatu. Akan tetapi sekali lagi, melihat panduan dan bertanya langsung pada penjualnya merupakan cara paling efektif.

Makanan segar berupa sayur, kacang-kacangan dan buah dapat diberikan kepada hewan kesayangan anda setiap hari. Makanan segar ini berupa 75% sayur-sayuran hijau dan sisanya berupa kacang-kacangan, buah, dan kecambah.

Saat pertama memberikan makanan segar atau mengganti jenis makanan segar, peternak harus memperhatikan kotoran yang dikeluarkan oleh hewan menggemaskan ini. Jika kotorannya menjadi cair sesaat atau sehari setelah mengkonsumsi makanan segar jenis baru, maka makanan tersebut tidak cocok untuk pencernaannya.

Perhatian : Untuk anak kelinci impor seperti kelinci Angora, jangan diberikan sayuran segar hingga berumur lebih dari +/- 3 bulan

Setelah menemukan jenis makanan yang cocok, pastikan untuk tidak mengganti-ganti menunya terlalu sering. Perubahan menu terus menerus bisa membuat hewan menjadi stress. Makanan segar berupa sayur dan buah-buahan sebaiknya juga didiamkan dulu beberapa saat sebelum diberikan agar kadar air dan getahnya menjadi berkurang.

makan terbaik kelinci angora nederland dwarf
Alhamdulillah… banyaknya rejeki hari ini (@ winterbournerabbits.co.uk)

Untuk memudahkan sobat dalam memilih makanan segar buat kelinci, berbagai perkumpulan pecinta binatang lucu menggemaskan ini merekomendasikan sayuran berdaun : Bayam, Sawi Hijau, Daun Lobak, Daun Wortel, Selada Air, Pok Choy, Seledri dan Daun Mint. Untuk  sayuran tidak berdaun, yang bisa diberikan adalah : Wortel, Brokoli, Kubis, Paprika, dan Labu Kuning. Sementara untuk buah-buahan bisa diberikan : Apel, Pir, Mangga, Pepaya, Nanas, Pisang, dan Melon.

Demikian sedikit tentang tips memilih pakan yang baik untuk kelinci, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian. Salam sukses.

Dibagikan

Penulis :

You may also like